Hal Penting yang Harus Dicermati Sebelum Memilih Jasa Kontraktor

Hal Penting yang Harus Dicermati Sebelum Memilih Jasa Kontraktor | Foto artikel Arsitag

Ilustrasi oleh pch.vector, via freepik.com

Rumah adalah tempat bernaung yang akan Anda tinggali dalam waktu lama bersama seluruh anggota keluarga. Tidak heran, jika semua orang menginginkan hasil terbaik untuk rumahnya. Mendesain hingga mengatur budget akan menjadi saat-saat penting yang menyenangkan sekaligus memusingkan. Sebelum memutuskan untuk membangun rumah, hal paling pertama yang Anda pikirkan adalah bagaimana caranya menemukan jasa kontraktor rumah yang terpercaya.

Saat ini, menemukan kontraktor nakal jauh lebih mudah daripada menemukan jasa kontraktor murah dengan kualitas jempolan. Untuk itu, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih jasa kontraktor. Apa saja? Simak uraian berikut ini!

Pahami Apa yang Anda Inginkan
Ilustrasi via greatpros.com

Ilustrasi via greatpros.com
 

Sebagai klien, Andalah yang akan mengendalikan segala proses dalam pembangunan rumah. Sebelum menemui salah satu kontraktor untuk jasa renovasi rumah, cobalah habiskan waktu untuk berpikir mengenai misi apa yang Anda inginkan untuk rumah Anda. Kemudian, perhitungkan berapa uang yang rela Anda habiskan untuk itu. Jika Anda masih belum menemukannya, coba gunakan tenaga konsultan desainer untuk membantu mengarahkan Anda.

Bandingkan Harga dari Satu Kontraktor dengan Kontraktor Lain
Ilustrasi via eluniversal.com

Ilustrasi via eluniversal.com
 

Meski ini bukan hal sulit, banyak orang yang terlalu malas mencari tahu lebih banyak penawaran harga dari kontraktor. Sebelum memutuskan jasa mana yang akan Anda pakai, setidaknya pilihlah tiga kontraktor. Lebih banyak akan lebih baik lagi. Dengan membandingkan antara satu kontraktor dengan kontraktor lainnya, Anda akan mendapatkan perspektif lebih luas. Mungkin juga ada salah satu dari mereka yang akan memberikan diskon menarik untuk Anda.
 

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Desain Rumah yang Mulai Banyak Dicari Orang
 

Lakukan Pemeriksaan Kinerja
Ilustrasi via cobouw.nl

Ilustrasi via cobouw.nl
 

Walaupun ada satu nama kontraktor yang Anda dapatkan dari teman dekat atau keluarga yang sudah pernah mereka gunakan sebelumnya, tetap lakukan pengecekan terlebih dahulu. Cari informasi mengenai data dan latar belakang perusahaan dan pastikan mereka memiliki izin. Bagaimana dengan karyawannya? Apakah tidak pernah bermasalah dengan proyek yang mereka tangani sebelumnya? Anda juga bisa mencari tahu proyek apa saja yang sudah mereka kerjakan sebelumnya. Supaya Anda mendapatkan gambaran dan semakin yakin dengan hasil kerja kontraktor rumah terpercaya.

Periksa Portfolio dan Etika Kerja Calon Kontraktor
Portfolio kontraktor Samitrayasa, via arsitag.com

Portfolio kontraktor Samitrayasa, via arsitag.com
 

Memiliki ratusan proyek bagus dengan hasil kerja memuaskan ternyata tidak sepenuhnya menjadi alasan Anda menjatuhkan pilihan. Bagaimana etos kerja serta bagaimana cara mereka melayani dan memperlakukan Anda adalah hal yang tak kalah penting.

Bagaimana dengan komunikasi? Apakah mereka sering mengambil keputusan sendiri atau terlalu lambat dalam bekerja? Apakah mereka hanya menggunakan material berkualitas atau justru pernah mencurangi klien sebelumnya? Semua itu bisa Anda ketahui dari portofolio mereka sebelumnya. Jangan sampai Anda terjebak menyewa kontraktor yang tak sepemikiran dengan Anda.
 

Baca juga: 12 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Renovasi Rumah
 

Pahami Betul Kontrak yang Ditawarkan
Pahami kontrak antara Anda dengan kontraktor, ilustrasi via sebringdesignbuild.com

Pahami kontrak antara Anda dengan kontraktor, ilustrasi via sebringdesignbuild.com
 

Sebelum pembangunan dimulai, pastikan kontraktor memberikan kontrak kerja yang jelas dengan Anda. Hal-hal mendasar seperti budgeting dan berapa lama waktu yang akan mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan juga harus tertulis dengan jelas. Cermati pula layanan apa saja yang mereka sertakan, dan layanan mana yang dikenakan biaya tambahan. Ini demi menghindari munculnya masalah di masa depan.

Teliti semenjak awal tentunya bertujuan menghindari kerugian. Memilih kontraktor rumah terpercaya akan membantu mepermudah kelancaran proses pembangunan. Manfaatkan platform yang berisi rekomendasi portofolio berbagai jasa kontraktor yang akan memudahkan proses pertimbangan. Baik pertimbangan harga, layanan, maupun desain.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."