Desain Meja Kompor Minimalis yang Simpel dan Elegan untuk Dapur Anda

meja kompor minimalis

Bagi sebagian keluarga, dapur tak hanya sebagai tempat untuk menyiapkan makanan. Lebih dari itu, dapur menjadi tempat berkumpul keluarga mulai dari bermain, mengerjakan tugas sekolah, atau sekadar duduk-duduk santai sambil menyantap cemilan.

Nah, agar dapur nyaman, salah satu sudut yang perlu diperhatikan adalah meja kompor sebagai bagian terpenting dari kitchen set Anda. Jika Anda suka dengan desain minimalis, beberapa inspirasi meja kompor minimalis ini bisa jadi referensi untuk membuat meja kompor yang rapi, bersih dan nyaman dipandang.

Meja Kompor Minimalis dari Marmer Berbentuk L

Meja kompor marmer berbentuk L di Show Unit Graha Natura Lilac, Surabaya, karya PT. Desain Kreasi Cemerlang, via Arsitag.com

Pada inspirasi ini, meja dapur dirancang berbentuk huruf L. Salah satu ujung meja dibuat dengan sudut-sudut yang melengkung. Adapun permukaan meja kompor menggunakan material marmer warna putih dengan urat-urat warna abu-abu. Warna, urat, dan tekstur marmer yang unik menjadi aksen yang indah untuk dapur. Meja kompor marmer ini dipadukan dengan kitchen set warna biru yang kontras sehingga keindahan meja kompor semakin menonjol.

Desain Meja Kompor di Tengah Dapur

Meja kompor di tengah dapur di Olive House Project, karya Vindo Design, via Arsitag.com

Kitchen island atau meja dapur yang berada di tengah dapur biasanya dimanfaatkan untuk menyiapkan bahan-bahan masakan atau bisa juga sebagai meja makan. Namun, pada inspirasi ini, meja di tengah dapur difungsikan sebagai area memasak dengan meletakkan kompor di salah satu sisinya.

Penempatan kompor di meja dapur seperti ini bertujuan menyiasati area countertop yang tak begitu luas. Meja kompor yang berada di meja island dapur tentu saja menawarkan keleluasaan saat memasak. Sedangkan, area countertop dapat dimanfaatkan dengan maksimal sebagai area cuci piring saja.

Baca juga: Ide Kitchen Set Super Cantik untuk Inspirasi Renovasi Dapur Idaman Anda

Meja Kompor Minimalis di Dapur Single Line

Dapur single line minimalis di Compact 1 Bedroom, karya Fiano, via Arsitag.com

Hunian-hunian mungil dengan luas dapur yang terbatas sangat ideal menggunakan desain dapur single line. Seperti pada inspirasi ini, kitchen set berada di satu garis lurus. Untuk menyiasati ruang yang terbatas, countertop dimanfaatkan sebagai meja kompor dan sebagian lagi untuk meletakkan sink untuk cuci piring.

Meskipun berukuran kecil, desain meja kompor ini terlihat rapi berkat pemilihan ukuran dan model kompor serta sink yang tepat. Untuk kompor, dipilih kompor tungku tunggal yang tidak memakan banyak tempat. Sedangkan untuk sink, dipilih sink model bulat yang berukuran kecil. Secara keseluruhan, sudut meja kompor ini begitu simpel, rapi, sekaligus elegan.

Desain Meja Kompor Minimalis dengan Butcher Block

Desain meja kompor minimalis menggunakan butcher block, karya HelloEmbryo, via Arsitag.com

Suka dengan warna natural kayu dan teksturnya yang alami? Untuk Anda yang menyukai keindahan material kayu, butcher block bisa jadi pilihan untuk meja kompor. Meja kompor jenis ini dibuat dari blok laminating kayu atau bisa juga dengan perekatan paralel. Butcher blok seperti pada inspirasi ini, mudah dipasang dan mudah pula dibersihkan. Butcher blok juga dikenal sebagai lapisan talenan yang kuat untuk pemotongan bahan makanan. Jangan lupa, dipadukan dengan kitchen set bernuansa yang sama agar dapur semakin cantik!

Meja Kompor Hitam yang Elegan

Meja kompor hitam nan elegan di dapur One Azure 1 bedroom show unit, karya HelloEmbryo, via Arsitag.com

Tak harus memilih material granit atau marmer, meja kompor minimalis yang simpel dan elegan juga bisa dihasilkan dari penggunaan keramik. Anda bisa memilih keramik bentuk kotak yang klasik atau keramik segi enam yang trendi.

Untuk warna, sebaiknya pilih warna gelap seperti abu-abu atau hitam. Warna hitam akan membantu menyamarkan noda yang tumpah. Jika dipadukan dengan kitchen set putih atau abu-abu, meja kompor warna hitam akan tampak elegan seperti pada inspirasi ini.

Baca juga: Inspirasi Desain Dapur Bentuk U yang Cantik untuk Rumah 

Meja Kompor Minimalis dengan Latar Belakang Keramik Sarang Lebah

Meja kompor mungil dengan keramik dinding motif sarang lebah, foto oleh Hakim Santoso, via Pexels.com

Pada inspirasi ini, dapur single line memiliki meja kompor yang berukuran mungil. Kompor tungku tunggal diletakkan di bagian tepi meja, sedangkan sink untuk cuci piring ditempatkan di sisi lainnya. Tersisa bagian tengah yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan barang-barang dapur.

Untuk meja kompor dipilih warna krem yang senada dengan lower cabinet dari material kayu. Sedangkan, di latar belakang meja kompor ditambahkan backsplash keramik putih bermotif sarang lebah. Sentuhan keramik dinding bermotif sarang lebah ini membuat meja kompor yang mungil tampak elegan.

Nah, setiap bagian dapur punya andil menciptakan suasana dapur yang nyaman. Tak terkecuali meja kompor. Semoga inspirasi meja kompor minimalis ini bisa menjadi referensi Anda untuk merancang meja kompor di dapur idaman!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram