Inspirasi Desain Dapur Island Minimalis yang Super Kece

Inspirasi Desain Dapur Island Minimalis yang Super Kece | Foto artikel Arsitag

Desain kitchen island karya R Architecture, via unsplash.com

Ingin menambah ruang penyimpanan sekaligus tempat untuk menyiapkan makanan di dapur mungil Anda? Salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah dengan menambahkan desain dapur island minimalis. Tak hanya fungsional, dapur island atau kitchen island juga bisa membuat tampilan dapur terlihat lebih mewah dan modern.

Kitchen island atau meja island dapur, bisa digunakan untuk meletakkan bahan-bahan yang akan dimasak, menyiapkan bahan masakan, atau bahkan menjadi meja makan untuk Anda. Tak heran jika island kerap dilengkapi dengan beberapa kursi di sekitarnya.

Nah, bagi Anda yang ingin menerapkan desain dapur island minimalis ke dalam rumah, berikut adalah beberapa contoh yang bisa jadi inspirasi Anda.

Dapur Island dengan Banyak Ruang Penyimpanan
Meja island dengan banyak sekat penyimpanan, dapur karya Studio Air Putih, via arsitag.com

Meja island dengan banyak sekat penyimpanan, dapur karya Studio Air Putih, via arsitag.com
 

Punya banyak peralatan dapur atau bahan makanan, tetapi sudah tidak ada tempat untuk penyimpanan? Nah, gunakan saja island Anda sebagai tempat penyimpanan tambahan. Desain meja dapur seperti ini memiliki base kabinet dengan banyak ruang penyimpanan di bagian bawahnya. Anda bisa memanfaatkan kabinet untuk menyimpan bahan makanan, cemilan, peralatan memasak, peralatan makan, serta kebutuhan lainnya. Cara ini pun akan mempermudah proses mencari peralatan sebelum dan selama memasak.

Dapur Island yang Menyatu dengan Meja Makan
Island sekaligus area makan, karya Studio Denny Setiawan, via arsitag.com

Island sekaligus area makan, karya Studio Denny Setiawan, via arsitag.com
 

Untuk ruang dapur mungil, Anda tentu harus ekstra kreatif dalam memilih furnitur yang digunakan pada dapur. Meja island multifungsi yang satu ini bisa jadi pilihan cerdas untuk Anda. Bayangkan saja, dalam satu meja Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari menyiapkan masakan, menghidangkan masakan, hingga menyantap hasil masakan Anda dari meja yang sama. Tentunya, Anda pun tidak perlu repot lagi harus bolak-balik saat menghidangkan makanan.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Dapur Bentuk U yang Cantik untuk Rumah Anda
 

Dapur Island Kayu untuk Tampilan Natural
Meja island dari kayu natural, project karya Inspiratio, via arsitag.com

Meja island dari kayu natural, project karya Inspiratio, via arsitag.com
 

Bagi Anda yang ingin membuat dapur tampil lebih natural, penggunaan elemen kayu unfinished seperti ini akan menjadikan dapur Anda terlihat lebih alami. Warnanya yang natural juga akan membuat serat kayu dapat terekspos dengan baik. Untuk melengkapinya, tambahkan kursi rotan yang akan memperkuat kesan back to nature yang ingin dihadirkan.

Dapur Island Marmer yang Mewah
Meja island marmer yang mewah, foto oleh Zac Gudakov, via unsplash.com

Meja island marmer yang mewah, foto oleh Zac Gudakov, via unsplash.com
 

Penamabahan island berperan penting untuk menggabungkan beberapa fungsi ke dalam satu ruang, yaitu tempat menyiapkan makanan dan tempat makan. Agar mudah untuk merawat dan membersihkannya, Anda harus memilih material solid surface pada tabletop. Salah satu material paling favorit untuk island adalah marmer. Tak hanya tampilannya yang mewah, marmer juga terkenal kuat dan kokoh sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lama. Anda pun bisa secara langsung menyiapkan bahan masakan di atasnya.
 

Baca juga: 6 Tips Meng-Upgrade Dapur Rumah untuk Anda yang Mulai Sering Masak di Rumah
 

Dapur Island Monokrom
Island dengan warna monokrom, karya R Architecture, via unsplash.com

Island dengan warna monokrom, karya R Architecture, via unsplash.com
 

Rumah Anda didominasi oleh warna monokrom seperti putih, hitam, dan abu-abu? Desain island berwarna monokrom seperti contoh ini bisa Anda terapkan. Dengan meja marmer berwarna serba putih, meja dapur minimalis ini terlihat sederhana namun elegan. Tampak senada dengan keseluruhan ruang dapur yang juga didominasi oleh warna putih yang bersanding dengan beberapa fitur berwarna hitam. Walaupun berukuran agak besar, island ini tetap terlihat minimalis dan cerah, sehingga membuat dapur terlihat lebih lapang.

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi desain dapur island minimalis yang bisa Anda terapkan. Kira-kira, desain mana yang paling sesuai untuk dapur Anda? Sebelum memilih, perhatikan juga keseluruhan desain dan ukuran dapur agar dapur tetap nyaman digunakan.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.