6 Tips Meng-Upgrade Dapur Rumah untuk Anda yang Mulai Sering Masak di Rumah

6 Tips Meng-Upgrade Dapur Rumah untuk Anda yang Mulai Sering Masak di Rumah | Foto artikel Arsitag
Desain dapur rumah cantik, via unsplash.com
 

Punya hobi memasak di rumah selama masa pandemi? Di masa pandemi seperti saat ini, kita seolah dipaksa untuk lebih sering memasak makanan yang sehat dan higienis di rumah. Agar Anda lebih semangat dalam memasak, sangatlah penting untuk memikirkan desain dapur yang cantik dan nyaman. Apalagi, jika Anda sudah sangat lama tidak melakukan upgrade atau menyegarkan kembali tampilan dapur.

Nah, untuk membuat tampilan dapur lebih cantik dan menarik tidak perlu mengeluarkan budget yang mahal, lho. Dengan ide cerdas berikut ini, Anda sudah bisa mendapatkan tampilan dapur yang berbeda dan tentunya membuat Anda semakin semangat memasak masakan yang nikmat untuk keluarga.

Perbarui pencahayaan Anda
Pencahayaan dapur dengan lampu bambu unik, via unsplash

Pencahayaan dapur dengan lampu bambu unik, via unsplash
 

Penyegaran kecil hanya dengan mengganti lighting di dapur sangat ampuh mengubah tampilan dan nuansa seluruh ruangan, lho. Carilah model lampu modern yang bisa menjadi focal point pada ruangan. Tips dapur cantik menggunakan lampu meja makan atau lampu gantung akan memberikan aksen elegan di tengah-tengah dapur. Selain pencahayaan buatan, perhatikan pula pencahayaan alami untuk dapur. Pencahayaan alami yang baik akan membuat ruangan dapur menjadi lebih segar, tampak luas, bebas kuman, dan tidak lembap.

Gunakan rak terbuka
Rak terbuka yang bisa sekaligus menjadi rak pajangan, via unsplash

Rak terbuka yang bisa sekaligus menjadi rak pajangan, via unsplash
 

Dapur terlihat sempit? Mungkin inilah saatnya untuk mengganti rak dapur Anda dengan rak terbuka atau yang kerap disebut sebagai open shelving. Model rak dapur terbuka bakal membantu meringankan aktivitas saat di dapur dengan menciptakan tambahan ruang. Rak terbuka juga menjadi cara yang cerdas untuk memajang berbagai koleksi Anda seperti buku memasak, piring saji, dan bumbu segar. Rak terbuka akan memudahkan Anda dalam mencari berbagai perlengkapan memasak karena bisa dengan mudah terlihat. Namun, Anda harus berhati-hati saat menatanya karena model dan tampilan barang di rak harus terlihat rapi dan senada.

Baca juga: 5 Inspirasi Dapur Bergaya Eklektik Campuran Semua Gaya Desainvia Cantik.tempo.co
 

Tambahkan backsplash
Backsplash dapur motif sarang lebah, via unsplash

Backsplash dapur motif sarang lebah, via unsplash
 

Menambahkan elemen backsplash pada dapur akan mengubah dan meningkatkan ciri khas dari dapur Anda. Dapur akan terlihat lebih modern dan mewah hanya dengan menambahkan ubin keramik berpola atau bahkan sekadar wallpaper minimalis. Untuk dapur mungil, Anda juga bisa menggunakan backsplash dari material kaca agar dapur terlihat lebih luas. Jangan lupa, rajin-rajinlah membersihkan backsplash Anda agar dapur tidak terlihat kotor.

Ganti perangkat dapur
Keran dapur bercat warna emas, via unsplash

Keran dapur bercat warna emas, via unsplash
 

Mengganti wadah mencuci piring atau keran pada dapur akan berdampak besar pada tampilan dapur. Pilih desain yang lebih modern dan berbeda seperti memilih warna hitam, emas, logam, atau baja yang tahan karat. Tampilan dapur pun akan terlihat lebih modern.

Perbarui warna lemari penyimpanan
Lemari dapur dengan warna biru yang elegan, via unsplash

Lemari dapur dengan warna biru yang elegan, via unsplash
 

Anda memiliki lemari penyimpanan yang sangat bagus tetapi sudah bosan dengan warnanya atau tampilan yang sudah usang? Tanpa perlu renovasi dapur keseluruhan, cobalah untuk mengecat kabinet dengan warna baru daripada membeli yang baru. Anda bisa memilih warna putih klasik, abu-abu muda yang lembut, atau warna lain sesuai kesukaan Anda. Tampilan dapur pun akan terlihat lebih segar dari sebelumnya. Cobalah dan rasakan bedanya!

Baca juga: Tips Mendesain Rumah yang Mudah Dibersihkan
 

Dekorasi yang elegan
Dekorasi dapur cantik, via unsplah

Dekorasi dapur cantik, via unsplah
 

Ide dekorasi dapur berikutnya sangatlah simpel dan bisa Anda lakukan sendiri. Tak perlu melakukan dekorasi besar-besaran, buatlah tampilan dapur terlihat lebih segar hanya dengan menambahkan beberapa dekorasi elegan. Berikan sentuhan dekoratif dari karya seni, lampu meja, cermin antik, ataupun nampan bumbu dapur. Tata sedemikian rupa untuk membuat tampilannya lebih rapi dan elegan.

Mudah bukan? Anda pun bisa melakukan upgrade dapur sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan budget yang besar. Desain dapur yang cantik, sehat, dan indah adalah awal dari makanan yang sehat untuk keluarga tercinta.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.