21 Inspirasi Desain Home Office Idaman untuk Work From Home Ternyaman

21 Inspirasi Desain Home Office Idaman untuk Work From Home Ternyaman | Foto artikel Arsitag

Home office karya Dform, via arsitag.com

Masih harus work from home? Pandemi memang masih belum berakhir dan kita masih harus melakukan sebagai besar aktivitas di dalam rumah, termasuk bekerja dari rumah. Untuk itu, menciptakan home office atau ruang kerja di rumah yang nyaman dan menarik menjadi cara efektif bagi Anda agar tetap bisa produktif dan positif selama bekerja. Nah, bagi Anda yang sudah mulai merasa bosan dengan tampilan ruang kerja dan ingin membuatnya menjadi lebih menarik, ada beberapa ide home office idaman yang bisa Anda tiru. Apa saja? Simak terus ya!

1. Home office minimalis serba putih
Home office karya Dform, via arsitag.com

Home office karya Dform, via arsitag.com
 

Hal paling penting dalam ruang kerja adalah ruangan yang nyaman dan bisa membuat Anda fokus bekerja. Bagi Anda yang tidak mempunyai ruangan lebih di rumah untuk membuat ruang kerja, desain ruang kerja yang berada di kamar tidur ini bisa ditiru, lho. Letakkan saja meja kerja minimalis menghadap jendela yang dapat memberikan cahaya maksimal saat Anda bekerja. Warnanya yang serba putih pun tak hanya membuat ruangan terkesan lebih kalem, tetapi juga terasa lebih luas.

Estimasi harga: Rp. 15-25 juta*
 

2. Home officebuilt-in minimalis Skandinavian
Home office karya Fiano, via arsitag.com

Home office karya Fiano, via arsitag.com
 

Buatlah desain ruang kerja yang kekinian dengan menggunakan desain ruang kerja Skandinavian yang sederhana, namun selalu berhasil membuat ruangan terlihat lebih menarik. Dengan menggunakan furnitur built-in seperti yang satu ini, Anda sudah bisa mendapatkan ruang kerja minimalis di salah satu sudut ruangan. Gunakan dinding dan rak kayu untuk menambah kesan alami pada ruang kerja. Lengkapi dengan kursi rotan minimalis dan bantal kursi untuk menambah kesan Skandinavian yang nyaman pada meja kerja.

Estimasi harga: Rp. 25-40 juta*
 

3. Home office dengan meja kaca super keren
Home office karya Samitrayasa, via arsitag.com

Home office karya Samitrayasa, via arsitag.com
 

Ingin tampilan yang modern? Desain meja kerja kaca seperti yang satu ini bisa jadi ide yang tepat untuk Anda. Desainnya yang sleek dan minimalis juga membuat tampilan ruangan terlihat luas. Lengkapi dengan kursi berbahan kulit cokelat untuk menambah kesan elegan dan profesional pada meja kerja.

Estimasi harga: Rp 15-25 juta*
 

4. Home office mungil apartemen kompak
Home office karya HelloEmbryo,  via arsitag.com

Home office karya HelloEmbryo,  via arsitag.com
 

Untuk ruang apartemen dengan luas terbatas, Anda tidak perlu membuat ruang khusus untuk ruang kerja. Salah satu siasatnya adalah dengan memilih sudut ruangan sebagai area kerja tanpa gangguan seperti yang satu ini. Rak dinding didesain secara custom agar bisa memaksimalkan seluruh kebutuhan penghuninya. Walaupun mungil, meja kerja ini cukup nyaman digunakan dengan pencahayaan tersembunyi yang kece.

Estimasi harga: Rp. 15-25 juta*
 

5. Home office klasik kontemporer
Home office karya Michael Liaw Studio,  via arsitag.com

Home office karya Michael Liaw Studio,  via arsitag.com
 

Butuh ruang privat di rumah untuk ruang kerja Anda? Kenapa tidak! Buat ruang kerja spesial yang bisa menampung seluruh kebutuhan Anda. Mulai dari meja kerja, hingga sofa nyaman yang bisa digunakan untuk membaca buku atau menikmati minuman. Seperti ruang kerja dengan desain klasik kontemporer ini yang menghadirkan kesan mewah. Tak hanya ruang kerja, ruangan ini juga menjadi tempat untuk menyimpan berbagai koleksi minuman dari pemiliknya. Pintu kaca digunakan agar ruangan tetap terasa luas. Ditambah dengan wallpaper pepohonan, Anda pun dijamin betah bekerja seharian.

Estimasi harga: Rp. 150-300 juta*
 

6. Home Office meja gantung modern minimalis
Home office karya Rakta Studio, via arsitag.com

Home office karya Rakta Studio, via arsitag.com
 

Penggunaan meja gantung panjang seperti ini bisa menjadi solusi paling cerdas untuk menghemat ruang di dalam rumah Anda. Meja yang seperti melayang ini dilengkapi dengan banyak laci penyimpanan yang cukup untuk menyimpan berbagai keperluan pekerjaan. Bentuknya yang memanjang juga memberikan banyak ruang untuk meletakkan komputer, laptop, printer, dan beberapa dekorasi yang bisa mempercantik tampilan meja kerja.

Estimasi harga: Rp. 45-75 juta*
 

7. Home office studio
Home office karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Home office karya HelloEmbryo, via arsitag.com
 

Bagi Anda pekerja kreatif yang membutuhkan studio sendiri di rumah untuk bekerja, desain yang satu ini patut dicoba. Penggunaan sekat kaca digunakan untuk memisahkan ruang kerja studio dengan ruang lainnya di rumah, namun tetap membuat rumah terasa luas. Lengkapi ruang kerja dengan rak dinding terbuka yang bisa menampung banyak barang. Tak lupa, jendela berukuran besar yang memungkinkan cahaya matahari untuk bisa masuk ke dalam ruangan secara maksimal.

Estimasi harga: Rp. 75-150 juta*
 

8. Home office dengan view maksimal
Home office karya Envirotec, via arsitag.com

Home office karya Envirotec, via arsitag.com
 

Bekerja seharian di rumah rentan membuat Anda cepat jenuh dan kehilangan konsentrasi. Menempatkan meja kerja di dekat jendela dengan view yang luas akan membantu pikiran tetap segar dan fokus. Melihat pemandangan di luar bisa menjadi cara untuk refreshing sejenak dari pekerjaan. Selain itu, cahaya matahari yang masuk juga akan menjaga Anda tetap fokus saat bekerja.

Estimasi harga: Rp. 35-55 juta*

 

Baca juga: Rumah Sekaligus Kantor Urban Modern
 

9. Home office bentuk L dengan rak pajangan
Home office karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Home office karya HelloEmbryo, via arsitag.com
 

Demi menghadirkan ruang kerja yang nyaman di rumah, Anda tidak perlu membuat ruangan khusus, lho. Salah satu cara untuk menciptakannya adalah dengan memilih sudut ruangan sebagai area bekerja seperti ini. Gunakan meja kerja berbentuk L yang dapat memanfaatkan seluruh sisa ruang yang ada secara maksimal. Penambahan rak pajangan di dinding pun menambah kenyamanan serta karakter dari ruang kerja. Dijamin, Anda akan lebih semangat bekerja selama di rumah.

Estimasi harga: Rp. 25-45 juta*
 

10. Home office minimalis dengan kursi rotan
Home office karya Vindo Design, via arsitag.com

Home office karya Vindo Design, via arsitag.com
 

Kehadiran elemen natural seperti kayu dan rotan bisa mengurangi tingkat stres Anda, lho. Hadirkan elemen ini ke dalam ruang kerja agar Anda tidak mudah bosan dan stres. Gunakan perabot seperti rak kayu yang dikombinasikan dengan kursi rotan agar ruangan terasa lebih hangat.

Estimasi harga: Rp. 10-20 juta rupiah*
 

11. Home officemid-century modern
Home office karya HelloEmbryo via arsitag.com

Home office karya HelloEmbryo via arsitag.com
 

Bosan bekerja di ruangan dengan desain yang formal? Anda bisa memberikan sentuhan eksentrik dengan desain ruang kerja bergaya mid-century modern. Ruang kerja ini menggunakan material ekspos pada dinding dan lantai, yaitu dinding bata dan lantai beton. Kombinasikan dengan furnitur meja kerja kayu dengan kaki besi yang membuat desain ruangan lebih hangat. Tambahkan kursi santai di tengah ruangan dengan desain menarik yang dapat menjadi focal point ruangan.

Estimasi harga: Rp. 75-125 juta*
 

12. Home office mungil di ruang keluarga
Home office karya MIV Architects, via arsitag.com

Home office karya MIV Architects, via arsitag.com
 

Hal terpenting dalam membuat ruang kerja tentu saja adalah lokasi. Cara terbaik memilih lokasi adalah menyesuaikannnya dengan kebutuhan personal. Namun, Anda tak harus membuat ruangan khusus untuk ruang kerja. Ada banyak ruang yang bisa Anda sulap menjadi ruang kerja nyaman. Salah satu ruang kosong yang bisa dimanfaatkan adalah ruang keluarga. Letakkan meja minimalis di sudut ruangan. Gunakan furnitur yang serasi dengan ruang keluarga agar tetap terlihat menyatu.

Estimasi harga: Rp. 25-45 juta*
 

13. Home office dengan pegboard serbaguna
Home office karya Sarasa Studio, via arsitag.com

Home office karya Sarasa Studio, via arsitag.com
 

Tidak punya banyak ruang penyimpanan untuk ruang kerja Anda? Anda bisa menggunakan dinding pegboard sebagai tempat penyimpanan yang multifungsi seperti pada meja kerja di kos kekinian ini. Dinding pegboard bisa digunakan untuk menggantung berbagai notes, atau dekorasi dinding lainnya. Dinding pegboard ini juga mendorong penghuni kamar untuk lebih leluasa mengekspresikan ide atau menampilkan kreasi mereka. Kombinasi meja kayu minimalis dengan kaki-kaki hitam pun membuat kamar tidur terkesan lebih lapang.

Estimasi harga: Rp. 10-20 juta*
 

14. Home office cantik dengan standing lamp
Home office karya VIVERE, via arsitag.com

Home office karya VIVERE, via arsitag.com
 

Ruang kerja biasanya identik dengan lampu meja. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi dengan pemilihan lampu dekoratif di ruang kerja. Anda bisa menggunakan standing lamp dengan desain yang unik sesuai dengan selera Anda untuk mendekorasi sekaligus menyinari meja kerja Anda seperti contoh di atas.

Estimasi harga: Rp. 25-40 juta*
 

15. Home office depan jendela dengan rak gantung unik
Home office karya Miveworks, via arsitag.com

Home office karya Miveworks, via arsitag.com
 

Sama seperti di kantor, saat bekerja di rumah tentu Anda tetap membutuhkan area penyimpanan yang cukup untuk menjaga ruangan tetap rapi. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan rak gantung yang stylish, unik, sekaligus fungsional seperti yang satu ini. Letakkan buku, peralatan bekerja Anda, hingga tanaman hias mungil yang akan menambah keasrian ruang kerja.

Estimasi harga: Rp. 15-25 juta*
 

16. Home office lesehan super cozy
Home office karya Gohte Architects, via arsitag.com

Home office karya Gohte Architects, via arsitag.com
 

Merasa lebih nyaman saat bekerja di lantai? Tak ada salahnya untuk membuat ruang kerja lesehan di rumah. Agar lebih nyaman, gunakan lantai kayu dan tambahkan kursi duduk dengan bantalan yang empuk, hingga selimut. Ruang kerja lesehan akan membuat pemandangan Anda menjadi lebih luas, lho. Selain itu, desainnya yang tidak terlalu formal memberikan kesan nyaman dan santai saat bekerja di rumah.

Estimasi harga: Rp. 90-140 juta rupiah*
 

17. Home office dengan meja kayu rustic
Home office karya Erwin Kusuma, via arsitag.com

Home office karya Erwin Kusuma, via arsitag.com
 

Inspirasi berikutnya cocok untuk Anda penyuka tema rustic sebagai pilihan desain ruang kerja di rumah. Penggunaan furnitur seperti meja kayu akan membuat suasana menjadi lebih natural. Terlebih lagi, jika Anda menggunakan meja kayu dengan bentuk yang masih mempertahankan lengkungan aslinya seperti yang satu ini. Ukurannya yang cukup panjang pun sangat fungsional untuk menampung seluruh kebutuhan pekerjaan Anda. Tambahkan lampu dan tanaman agar ruang kerja tidak terkesan kaku.

Estimasi harga: Rp. 60-90 juta rupiah*
 


18. Home office sederhana dengan ambalan
Home office karya Stupaliving, via arsitag.com

Home office karya Stupaliving, via arsitag.com
 

Perlu Anda ketahui, hanging cabinet atau rak ambalan bisa memberikan kesan luas dan tidak banyak properti yang menyita tempat. Rak seperti ini biasanya berfungsi untuk menyimpan buku, alat tulis kantor, atau sekadar dekorasi ruangan sederhana. Rak ambalan ini juga bisa meningkatkan nilai estetika jika ditata dengan baik, lho. Ruang kerja minimalis pun terlihat sederhana, namun tetap estetik dengan perabotan terbatas.

Estimasi harga: Rp. 5-10 juta rupiah*

 

Baca juga: Inspirasi Kreasi Ruang Kerja Terbuka untuk Work from Outdoor
 

19. Home office dengan window seat
Home office karya Miveworks, via arsitag.com

Home office karya Miveworks, via arsitag.com
 

Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan konsentrasi saat bekerja. Untuk itu, sebaiknya pilihlah ruang kerja di rumah dengan pencahayaan natural. Seperti ruang kerja ini yang terlihat super nyaman dengan penambahan windows seat yang dilengkapi dengan bantal dan selimut.

Sofa di samping jendela dapat dimanfaatkan sebagai tempat bekerja alternatif saat Anda merasa lelah dan bosan duduk di depan meja seharian, lho. Agar ruangan tetap nyaman dan cahaya tidak terlalu terang, gunakan tirai atau blind untuk mengurangi sinar matahari yang masuk.

Estimasi harga: Rp. 25-65 juta rupiah*
 

20. Home office sekaligus perpustakaan pribadi
Home office karya Inspiratio, via arsitag.com

Home office karya Inspiratio, via arsitag.com
 

Bagi Anda yang hobi membaca buku dan memiliki banyak koleksi buku, tidak ada salahnya bila Anda meletakkan rak buku di area ruang kerja, sehingga sekaligus menjadi perpustakaan pribadi. Rak buku yang didesain secara custom ini memanfaatkan seluruh dinding ruangan dengan maksimal. Pengaturan buku pun diperhatikan dengan baik, sehingga tetap terlihat rapi dan artistik. Anda pun bisa meletakkan beberapa pajangan, foto, atau bahkan piagam yang berhasil Anda raih selama bekerja.

Estimasi harga: Rp. 65-95 juta rupiah*
 

21. Home office kaca di pekarangan rumah
Home office karya Studio RTM, via arsitag.com

Home office karya Studio RTM, via arsitag.com
 

Tahukah Anda, penerangan yang cukup terang saat bekerja akan membantu meningkatkan daya konsentrasi dan membantu Anda lebih fokus? Untuk itu, pastikan ruang kerja mendapatkan cahaya yang terang dari cahaya natural demi produktivitas tertinggi. Salah satu ide yang menarik adalah dengan membuat ruang kerja di pekarangan rumah dengan pintu kaca seperti yang satu ini. Pemandangan dan suasana taman yang sejuk akan membuat Anda jauh dari stres.

Estimasi harga: Rp. 140-175 juta rupiah*


*Disclaimer: Estimasi harga ini hanya berdasarkan observasi visual semata yang bisa saja berbeda dengan harga aktual di lapangan yang disebabkan oleh perbedaan spesifikasi dan merek tiap-tiap item, serta perbedaan biaya jasa konstruksi/pemasangan yang dikenakan oleh tiap-tiap kontraktor/vendor. Sebagai contoh, lantai vynil sintetis akan terlihat sama seperti lantai parket kayu asli di foto, akan tetapi harganya bisa berbeda jauh. Demikian juga, furnitur bermerek (branded item) akan memiliki harga berkali-kali lipat dibandingkan barang sejenis yang mirip ketika difoto. Selain itu, kontraktor/vendor yang dapat menjamin kerapian pemasangan biasanya akan mengenakan tarif yang lebih mahal. Estimasi harga ini diperkirakan oleh kontraktor profesional Samitrayasa. Bila Anda ingin mendapatkan harga yang terperinci, Anda dapat menghubungi kontraktor untuk meminta rincian Rencana Anggaran Belanja (RAB) sesuai desain yang Anda inginkan. Disarankan Anda menghubungi dua atau tiga kontraktor berbeda untuk mendapatkan penawaran harga yang bisa Anda bandingkan. Anda dapat mencari banyak pilihan kontraktor di sini.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.