Inspirasi Rak Dinding Serbaguna yang Sekaligus Mempercantik Ruangan

Inspirasi Rak Dinding Serbaguna yang Sekaligus Mempercantik Ruangan | Foto artikel Arsitag
Rak dinding serba guna di rumah karya Miveworks, via arsitag.com
 

Tren minimalis dan rumah kecil belakangan semakin populer salah satunya dipengaruhi gagasan Marie Kondo. Segala hal yang berbau simpel, mulai dari desain rak dinding hingga berbagai perabotan menjadi idola banyak orang. Terlalu banyak pernak-pernik yang tidak teratur dianggap sebagai momok mengerikan yang membuat rumah jadi tampak berantakan.

Semakin lama Anda tinggal di rumah, secara tidak sadar Anda mengumpulkan semakin banyak benda-benda. Entah itu hasil lukisan si kecil di sekolah, hadiah mainan, hingga koleksi buku. Ini adalah hal yang tak terhindarkan. Karena itu, satu-satunya cara untuk membuat interior rumah tetap teratur adalah dengan menemukan rak dinding minimalis terbaik. Simak beberapa ide menarik berikut ini!

Rak Dinding Moduler yang Fleksibel
Rak dinding modular karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Rak dinding modular karya HelloEmbryo, via arsitag.com
 

Rak dinding modular minimalis ini adalah ide cerdas yang diterapkan oleh HelloEmbryo dalam salah satu proyek mereka. Dengan fitur lubang-lubang di dinding, ambalan rak bisa dipindah-pindah sesuai selera. Jumlahnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu, tidak perlu membeli banyak ambalan sekaligus dari awal. Jumlah ambalan bisa ditambahkan seiring bertambahnya barang atau pajangan yang hendak ditaruh di dekorasi rak dinding ini. Sungguh fleksibel dan menarik, bukan?

Rak Built-In Bisa Jadi Pilihan
Rak dinding built-in yang serbaguna karya Inspiratio, via arsitag.com

Rak dinding built-in yang serbaguna karya Inspiratio, via arsitag.com
 

Rak built-in yang menempel ke dinding bakal menjadi titik fokus desain ruangan sekaligus tempat untuk menyimpan berbagai karya seni dan buku kesukaan Anda. Mengelompokkan item berdasarkan warna dan fungsi memungkinkan Anda untuk menjaga semua koleksi Anda tetap terorganisasi dan menarik secara visual. Ide rak buku bawaan dari arsitek Inspiratio ini adalah contoh perpaduan bentuk dan fungsi yang sempurna.

Baca juga: 8 Inspirasi Cantik untuk Rumah Minimalis yang Lebih Rapi dan Terorganisir
 

Pilih Warna yang Konsisten dengan Dekorasi Ruangan
Rak dinding dengan palet warna senada karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Rak dinding dengan palet warna senada karya HelloEmbryo, via arsitag.com
 

Rak dinding serbaguna akan sangat efektif dalam desain ruangan mungil. Cobalah mendesain rak buku yang dikombinasikan dengan kotak dan keranjang dekoratif. Desainnya memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengatur pernak-pernik kecil seperti pena, tatakan gelas, korek api, botol pajangan, bingkai lukisan, dan masik banyak lagi. HelloEmbryo menggabungkan ide rak ruang tamu ini dengan menjaga palet warna cokelat yang hangat sesuai dengan nuansa seisi ruangan.

Rak Dinding di Ruangan Terbatas
Rak dinding di ceruk ruangan, kamar tidur karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Rak dinding di ceruk ruangan, kamar tidur karya HelloEmbryo, via arsitag.com
 

Untuk ruang kecil yang mungkin tidak memiliki ruang yang cukup untuk built-in atau rak buku yang lebih besar, Anda bisa mempelajari desain rak dinding di kamar tidur karya HelloEmbryo ini. Desainer menggunakan rak bergaya industiral dengan rangka besi dan ambalan kayu di ceruk ruangan, memanfaatkan ruang di kiri dan kanan jendela. Rak ini bisa sekaligus berfungsi sebagai lemari baju terbuka dan menaruh berbagai pernak pernik lainnya. Bentuknya yang simpel akan membuat kamar tidur Anda semakin terlihat chic.

Rak Gantung yang Memenuhi Dinding
Rak gantung di seluruh permukaan dinding karya Dakara Project, via arsitag.com

Rak gantung di seluruh permukaan dinding karya Dakara Project, via arsitag.com
 

Jika Anda butuh banyak tempat penyimpanan ekstra di ruang terbatas, gunakan ide rak apung yang berjajar di dinding. Desain Dakara Project ini misalnya, mereka memanfaatkan dinding sepenuhnya untuk menyimpan aneka barang dekoratif, buku-buku, dan tanaman hias di sebuah ruang kerja. Untuk tujuan minimalis, Anda bisa membiarkan permukaan lain tetap bersih dan kosong agar ruangan tidak tampak terlalu penuh dan berantakan.

Baca juga: Ide Desain Tempat Penyimpanan untuk Anak-anak yang Super Lucu dan Cantik
 

Kombinasikan Tempat Penyimpanan Terbuka dan Tersembunyi
Gabungan rak penyimpanan terbuka dan tersembunyi karya Studio Piu, via arsitag.com

Gabungan rak penyimpanan terbuka dan tersembunyi karya Studio Piu, via arsitag.com
 

Ide rak ruang tamu built-in karya Studio Piu ini menggabungkan penyimpanan terbuka dan tersembunyi. Ide ini memungkinkan banyak ruang untuk menampilkan karya seni, tanaman, dan buku favorit Anda. Sementara, desain lemari tertutup menawarkan ruang untuk menyembunyikan barang-barang yang tidak sedap dipandang, seperti barang elektronik, kabel, atau barang yang jarang digunakan yang jika tidak disimpan akan menumpuk debu.

Desain rak dinding multifungsi merupakan solusi ketika Anda tak punya lagi ruang horizontal untuk menaruh barang. Tak ada lagi area dead space yang mubazir karena telah bermanfaat menjadi penyimpanan vertikal yang hemat tempat. Jangan lupa, sesuaikan dengan tema dan konsep ruangan secara keseluruhan agar terlihat rapi dan enak dipandang. Selamat mencoba!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."



Promo Brand
NEW