8 Inspirasi Cantik untuk Rumah Minimalis yang Lebih Rapi dan Terorganisir

8 Inspirasi Cantik untuk Rumah Minimalis yang Lebih Rapi dan Terorganisir | Foto artikel Arsitag

Desain rumah minimalis Madrasah House karya Miveworks dan Andpartners Studio, via arsitag.com
 

Bukan rahasia lagi kalau rumah sederhana yang rapi dan bersih adalah idaman semua orang. Selain bisa mengurangi stres, keadaan rumah yang terorganisir akan memberikan kesan teratur di antara banyaknya kesibukan harian yang membuat pikiran jadi berantakan. Namun, pertanyaannya adalah: adakah orang yang mau terus-terusan merapikan seisi rumah setiap saat? Jawabannya tentu saja tidak ada.

Untuk menjaganya tetap teratur, ada beberapa tips menata rumah mungil agar nyaman yang bisa Anda coba terapkan. Mengutip tips Marie Kondo, sosok di balik serial Neflix Tidying Up, membagikan beberapa triknya dalam merapikan rumah berikut ini!

Rapikan Koleksi Anda
Merapikan semua koleksi Anda, via homestolove.com.au

Merapikan semua koleksi Anda, via homestolove.com.au
 

Banyak orang sadar bahwa salah satu penyebab kenapa rumah tampak berantakan adalah koleksi yang mereka punya seperti tumpukan buku, sepatu, ataupun pakaian. Jika ini sumbernya, tipsnya adalah rapikan semua koleksi Anda di satu tempat khusus. Simak contoh rak buku pada desain di atas!

Manfaatkan Sudut Ruangan
Menyulap sudut kamar menjadi meja baca, via homestolove.com.au

Menyulap sudut kamar menjadi meja baca, via homestolove.com.au
 

Tips rumah rapi selanjutnya dapat dipraktikkan di kamar mungil Anda. Jika tidak punya ruang lebih untuk membuat meja baca atau meja kerja, maksimalkan sudut ruangan. Kamar tidur ini adalah contoh bagaimana salah satu sisinya bisa disulap menjadi tempat yang super cozy untuk menghabiskan waktu membaca buku kesukaan. Sudut-sudut lain di ruangan juga bisa Anda manfaatkan untuk meja telepon, rak penyimpanan, dan dekorasi bermanfaat lainnya.

Baca juga: Inspirasi Desain Unik Rumah Tropis dengan Material Mudah Didapatvia Liputan6.com
 

Susun Objek Berdasarkan Warna
Menyusun objek berdasarkan warna untuk kesan lebih rapi, via homestolove.com.au

Menyusun objek berdasarkan warna untuk kesan lebih rapi, via homestolove.com.au
 

Punya rak tempat memajang yang selalu tampak berantakan? Coba atur semua barang-barang di atasnya berdasarkan warna senada. Cara menata rumah seperti ini dipercaya ampuh membuat tampilan ruangan Anda tampak lebih rapi secara keseluruhan.

Baca juga: Inspirasi Dekor Rumah Minimalis

Sembunyikan Ruang Laundry Anda
Ruang laundry yang bisa dibuka dan ditutup, via homestolove.com.au

Ruang laundry yang bisa dibuka dan ditutup, via homestolove.com.au
 

Ruangan laundry atau lebih dikenal dengan sebutan utility room kerap dipenuhi dengan beragam barang-barang. Bukan hanya pakaian kotor dan sabun cuci, perlengkapan bersih-bersih kerap memberikan kesan tak enak dipandang. Coba Anda perhatikan contoh desain ruang laundry ini. Sebuah pintu kayu lipat bermanfaat menutupi tampilan kurang menyenangkan di dalamnya.

Baca juga: Ingin Punya Ruang Laundry yang Rapi dan Bersih? Yuk Simak Tips Renovasinya di Sini 
 

Susun Segalanya dengan Teratur
Jaga semua tetap rapi, via homestolove.com.au

Jaga semua tetap rapi, via homestolove.com.au
 

Cara menata rumah kecil biar rapi yang berikutnya mungkin sudah terlalu sering Anda dengar. Akan tetapi, tidak ada yang bisa menampik keampuhannya. Jika Anda tidak suka dengan ide menutupi barang-barang agar tidak kelihatan berantakan, silakan pelajari desain di atas. Rak dapur ini terlihat rapi karena semua komponennya ditata dengan cermat. Semua terorganisir, mulai dari bentuk dan ukuran toples, bahan makanan di dalamnya, hingga urutannya pun dibuat beraturan. Dapur menjadi enak dipandang, bukan?

Ganti Pernak-pernik Anda dengan yang Lebih Simpel
Ganti perabotan dan pernak-pernik dengan yang lebih simpel, via homestolove.com.au

Ganti perabotan dan pernak-pernik dengan yang lebih simpel, via homestolove.com.au
 

Membiarkan beragam dokumen berserakan di meja kerja Anda di rumah kerap menjadi pemicu ruangan terlihat berantakan. Ganti lemari arsip Anda dengan rak yang lebih ramping dan kecil. Susun semua dokumen dalam file-file berdasarkan kategorinya. Percayalah, semua akan lebih mudah jika Anda tahu di mana segalanya berada.

Rapikan Lorong Masuk Menuju Rumah
Hiasi selasar dengan rak dan barang koleksi Anda, via homestolove.com.au

Hiasi selasar dengan rak dan barang koleksi Anda, via homestolove.com.au
 

Lorong di dekat pintu masuk atau entryways kerap menjadi sumber tumpukan sepatu, tas, hingga jaket. Coba tata lorong rumah Anda dengan memasang rak cantik berbahan kayu dan dipasang mengambang dari lantai. Letakkan aneka koleksi kesukaan Anda untuk memberikan kesan hangat.

Susun Isi Lemari Pakaian Berdasarkan Kategori
Menata wardrobe sesuai dengan kategori tertentu, via homestolove.com.au

Menata wardrobe sesuai dengan kategori tertentu, via homestolove.com.au
 

Sering kesulitan menemukan apa yang Anda cari? Menatanya dengan urutan atau kategori tertentu akan sangat membantu. Hal yang sama berlaku untuk koleksi pakaian Anda. Simak contohnya lewat inspirasi di atas. Deretan tas tertata rapi di rak paling atas. Pakaian yang digantung pun disusun sesuai warna dan jenisnya. Sementara, sepatu berjejer rapi di rak paling bawah.

Coba praktikkan 8 tips mudah di atas untuk menjaga rumah minimalis Anda tetap tertata rapi. Tidak ada hari yang paling pas untuk memulai membereskan rumah. Setelah mengetahui tips menata rumah agar selalu rapi, Anda dapat mencobanya sekarang juga. Jangan ragu untuk membuang barang atau pernak-pernik tak terpakai yang sudah berbulan-bulan tak pernah Anda sentuh. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai hari ini!

Baca juga:  Jasa pembuatan desain rumah minimalis

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."