Kawasan Pusat Pemerintahan

Kawasan Pusat Pemerintahan | Foto artikel Arsitag

Kawasan pusat pemerintahan adalah kawasan tempat berlangsungnya kegiatan politik dan administratif, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan segala hal mengenai politik dan pemerintahan di suatu daerah. Kawasan pemerintahan juga dapat berfungsi sebagai kawasan pusat kota yang kuat dan konsisten. Kawasan pusat pemerintahan tersebut selain berfungsi sebagai pusat dari struktur ruang kota (the core, center), dapat juga dipahami sebagai pusat kegiatan dari suatu kota (the downtown).

Istana Merdeka, DKI Jakarta (Sumber: id.wikipedia.org)Istana Merdeka, DKI Jakarta (Sumber: id.wikipedia.org)

Kawasan pemerintahan juga berfungsi sebagai sarana dalam pengelolaan sumber daya daerah dan penyediaan sumber penghidupan bagi penduduk yang ada di bagian wilayahnya. Perancangan kawasan pemerintahan dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi yang dilayani (masyarakat) dan dari sisi yang melayani (pemerintah).

Keberadaan pusat pemerintahan dan perkembangannya selalu diiringi dengan perkembangan kota sebagai pusat perdagangan (CBD). Bahkan pada beberapa kasus, pusat pemerintahan merupakan bagian dari pusat perdagangan.

Monas, DKI Jakarta (Sumber: dronestagr.am)Monas, DKI Jakarta (Sumber: dronestagr.am)

Penentuan Lokasi Kawasan Pusat Pemerintahan

  1. Tempatnya harus bisa memudahkan pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini berhubungan dengan fasilitas pemerintahan yang tepat, yang diperuntukkan untuk masyarakat.
  2. Harus berada tidak jauh dari jaringan jalan dan pusat pelayanan lainnya.
  3. Bangunan pemerintahan harus berhubungan dan tidak terpisah sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien.
  4. Lokasi pusat pemerintahan harus murah secara ekonomis (kepemilikan lahan harus diperhatikan)
Kantor Gubernur Jambi (Sumber: jambikota.go.id)Kantor Gubernur Jambi (Sumber: jambikota.go.id)

Pusat pemerintahan (masyarakat) merupakan lokasi perkantoran untuk semua kepentingan-kepentingan khusus (lobi) yang memiliki peran dalam mempengaruhi keinginan perorangan maupun kelompok (swasta), anggota legislatif, dan kantor pemerintah.

Kota sebagai pusat administrasi pemerintahan juga akan mempengaruhi perkembangan bentuk fisik kota. Beberapa bentuk tata ruang yang monumental, menggambarkan simbol kepentingan pemerintahan, yaitu dengan adanya mall, bangunan-bangunan umum lainnya yang diatur dengan menarik, atau bangunan yang secara khusus dirancang untuk tujuan kota tersebut.

Brasilia, pusat pemerintahan Negara Brazil. (Sumber: worldpopulationreview.com)Brasilia, pusat pemerintahan Negara Brazil. (Sumber: worldpopulationreview.com)

Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Jakarta Pusat adalah salah satu kota administrasi di pusat Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jakarta Pusat merupakan pusat dari pemerintahan provinsi dan juga nasional. Selain menjadi pusat pemerintahan, Jakarta Pusat juga berfungsi sebagai pusat kegiatan bisnis, perdagangan dan jasa serta kawasan utama dari pengembangan infrastruktur.

Gedung DPR/MPR (Sumber: diyaspradana.blogspot.co.id)Gedung DPR/MPR (Sumber: diyaspradana.blogspot.co.id)

Banyak lahan di wilayah Jakarta Pusat yang digunakan untuk keperluan pemerintahan, perdagangan, dan sektor-sektor jasa. Kegiatan pemerintahan yang berlangsung di wilayah Jakarta Pusat ini menyebabkan tingginya intensitas kegiatan yang terjadi di wilayah ini. Jakarta Pusat sendiri memiliki luas 48,17 km2, dengan kondisi topografi yang relatif datar dan secara administratif dibagi menjadi 8 Kecamatan, 44 Kelurahan, 394 RW dan 4662 RT.

Di Jakarta Pusat, atau tepatnya di wilayah Monas (Monumen Nasional) terdapat istana negara, balaikota DKI Jakarta, gedung DPRD, beberapa keduataan besar, kantor-kantor kementerian, museum, dan lainnya.

Washington DC skyline (Sumber: www.ibtimes.com)Washington DC skyline (Sumber: www.ibtimes.com)

Washington D.C.

Washington DC yang secara formal bernama Distrik of Columbia ini adalah ibukota dari negara Amerika Serikat. Pusat dari ketiga cabang pemerintahan federal AS berada di Distrik ini, seperti juga monumen dan museum nasional.

Washington D.C. mempunyai 176 kedutaan asing serta kantor pusat Bank Dunia, IMF, dan organisasi internasional lainnya. Kantor pusat dari berbagai institusi lainnya seperti serikat dagang, organisasi nirlaba, grup pelobi, dan asosiasi profesional juga berada di kota ini.

Sumber:

http://perencanaankota.blogspot.co.id/

http://www.academia.edu/

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.