8 Ide Rak Buku Minimalis yang Kreatif untuk Mempercantik Ruangan Anda

8 Ide Rak Buku Minimalis yang Kreatif untuk Mempercantik Ruangan Anda | Foto artikel Arsitag

Cover : rak buku minimalis yang terlihat cantik dan efisien di AJ’s  Backyard karya Arkitekt.id (Sumber: arsitag.com)
 

Terlepas dari pesatnya kemajuan teknologi dimana smartphone, tablet, dan berbagai jenis gadget lain yang memudahkan Anda untuk mengakses informasi dan menyimpan e-book favorit dengan mudah, keberadaan buku dalam bentuk aslinya memiliki pesona tersendiri yang tidak ada tandingannya.

Bagi Anda para pemilik dan pecinta buku yang ingin memamerkan koleksi buku yang ada dengan penuh gaya, keberadaan sebuah rak buku merupakan sebuah keharusan.

Penggunaan rak buku minimalis yang kreatif merupakan sebuah solusi cerdas yang dapat menjawab kebutuhan akan sebuah tempat penyimpanan buku, sekaligus sebuah objek seni yang dapat mempercantik ruangan Anda.

Berikut ini kami sajikan 8 ide rak buku kreatif yang hadir dalam gaya minimalis, ergonomis, serta memiliki tampilan yang indah tanpa melupakan fungsi utamanya:

Rak Buku Minimalis berbentuk Tangga

Rak buku minimalis yang mengadopsi bentuk tangga (Sumber: decoist.com)Rak buku minimalis yang mengadopsi bentuk tangga (Sumber: decoist.com)
 

Rak dengan bentuk tangga sedang menjadi sebuah tren yang bisa ditemukan di mana saja. Rak buku ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan buku, sekaligus untuk memajang berbagai pernak-pernik favorit.

Rak Buku Minimalis dengan Sentuhan Seni

Sentuhan seni pada rak buku minimalis (Sumber: decoist.com)Sentuhan seni pada rak buku minimalis (Sumber: decoist.com)
 

Rak buku minimalis yang satu ini terlihat cantik dengan ataupun tanpa buku. Anda bisa memanfaatkan rak ini sebagai karya seni pada ruang tamu, dan tentu saja Anda bisa menambahkan beberapa koleksi buku favorit untuk ditunjukkan kepada siapapun yang datang berkunjung.

Rak Buku Minimalis Desain ABC

Desain ABC yang unik untuk sebuah rak buku (Sumber: saporiti.net)Desain ABC yang unik untuk sebuah rak buku (Sumber: saporiti.net)
 

Rak buku minimalis ini terbilang unik karena memiliki desain huruf alphabet. Rak buku ini terdiri dari beberapa modular yang berbentuk kotak, dengan masing-masing modular memiliki desain huruf yang nantinya dapat Anda rangkaikan menjadi kalimat tertentu.

Rak Buku Minimalis berbentuk Pohon

Desain rak buku yang terinspirasi dari bentuk pohon (Sumber: gearnova.com)Desain rak buku yang terinspirasi dari bentuk pohon (Sumber: gearnova.com)
 

Desain furnitur yang ada saat ini sangatlah beragam dan terinspirasi dari berbagai hal yang ada di sekitar kita.  Hal ini terlihat jelas dari desain rak buku ini yang mengambil inspirasi dari bentuk pepohonan yang dapat Anda temukan sehari-hari.

Rak Buku Tangram

Desain tangram yang diterapkan pada rak buku minimalis (Sumber: industryinterior.com)Desain tangram yang diterapkan pada rak buku minimalis (Sumber: industryinterior.com)
 

Desain tangram merupakan desain yang diadaptasi dari permainan Cina kuno yang melibatkan penggunaan sebuah bentuk persegi yang dibagi 7 bagian dengan bentuk yang berbeda-beda. Penggabungan dari 7 bagian tersebut akan membentuk konfigurasi yang bermacam-macam termasuk di dalamnya, bentuk geometris, bentuk hewan, tumbuhan, dan bentuk lainnya. Desain ini kemudian dipergunakan dalam desain rak buku yang satu ini.

Rak Buku sekaligus Tempat Bersantai

Rak buku yang berfungsi ganda sebagai tempat bersantai (Sumber: dama.bg)Rak buku yang berfungsi ganda sebagai tempat bersantai (Sumber: dama.bg)
 

Anda bisa menggunakan rak buku ini bukan hanya sebagai tempat untuk menyimpan koleksi buku yang ada, namun sekaligus sebagai tempat bersantai sembari membaca buku. Praktis dan juga fun.

Rak Buku ­Built-in

Rak Buku ­Built-in
Rak buku ­built-in lengkap dengan sumber penerangan (Sumber: tembolat.com)
 

Rak buku ini didesain khusus agar terlihat menyatu dengan dinding ruangan. Selain desainnya yang unik, rak penyimpanan buku ini juga memiliki sumber penerangan sendiri untuk memudahkan Anda dalam menemukan buku yang Anda cari di tengah gelapnya malam.

Twisted Bookshelves

Twisted bookshelves yang unik (Sumber: dezignforyou.blogspot.com)Twisted bookshelves yang unik (Sumber: dezignforyou.blogspot.com)
 

Desain rak buku ini disebut dengan desain twisted yang terlihat berputar atau melilit dari bawah ke atas. Tampilannya yang unik akan memberikan sentuhan tersendiri dalam rumah Anda. Anda bisa membuat sebuah ruangan yang terkesan monoton menjadi jauh lebih hidup dengan penggunaan rak buku seperti ini, terutama bila Anda mengecatnya dengan warna-warna cerah.

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis