6 Inspirasi Cara Mendekorasi Dinding Rumah dengan Kolase Foto Cantik

6 Inspirasi Cara Mendekorasi Dinding Rumah dengan Kolase Foto Cantik | Foto artikel Arsitag

Dekorasi dinding dari kolase, foto via piqsels.com

Dinding rumah Anda terlihat kosong? Bingung harus menghiasnya seperti apa? Mungkin Anda tertarik mendekorasinya dengan kolase foto dinding yang cantik. Dengan menggunakan kolase bingkai foto, Anda bisa menampilkan beberapa koleksi foto sekaligus di satu dinding yang sama. Namun, agar susunannya terlihat lebih cantik dan menarik, Anda perlu mengaturnya dengan baik. Apabila tidak dipikirkan dengan baik, foto malah akan terlihat berantakan dan membuat ruangan terlihat kacau. Nah, bagi Anda yang ingin memajang koleksi foto sebagai kolase dinding, simak beberapa inspirasinya berikut ini.

Rapi dan sejajar
Foto yang rapi, sejajar, dengan bingkai yang sama, desain interior karya Sonny Sutanto Architect, via arsitag.com

Foto yang rapi, sejajar, dengan bingkai yang sama, desain interior karya Sonny Sutanto Architect, via arsitag.com
 

Bagi Anda yang menyukai kerapian dan cenderung perfeksionis, tampilan kolase foto yang rapi dan sejajar ini bisa jadi pilihan yang tepat. Untuk menciptakan dekorasi foto dinding seperti ini, Anda bisa menentukan satu bentuk tampilan foto saja. Misalnya landscape, portrait, atau kotak. Cetak foto dengan ukuran yang sama. Lalu, pilih bingkai dengan ukuran dan desain yang sama persis. Kemudian, Anda hanya perlu menatanya sejajar di dinding.

Foto dengan warna senada
Penyusunan foto dengan tone warna yang sama, via piqsels.com

Penyusunan foto dengan tone warna yang sama, via piqsels.com
 

Selain memperhatikan susunan dan desain bingkai foto, usahakan Anda juga memilih foto yang memiliki kemiripan. Anda bisa menggunakan foto dengan dasar warna senada, atau foto hitam putih. Tampilan yang serasi akan membuat galeri foto Anda terlihat lebih rapi.
 

Baca juga: Inspirasi Cara Memajang Karya Seni yang Kreatif dan Unik untuk Rumah Anda
 

Susunan foto polaroid
Susunan polaroid yang ditempel rapi dan teratur, via piqsels.com

Susunan polaroid yang ditempel rapi dan teratur, via piqsels.com
 

Anda menginginkan ide foto dinding kreatif? Tak harus selalu menggunakan bingkai, Anda pun dapat menggunakan foto polaroid tanpa perlu dibingkai sebagai hiasan dinding. Foto polaroid yang sempat populer di tahun 90-an, kini kembali digemari karena desainnya yang estetik dan terkesan vintage. Border berwarna putih polos yang ada di foto polaroid dijamin akan mengajak Anda bernostalgia dan mengingat kenangan saat foto tersebut diambil. Walaupun sederhana, tampilannya dijamin akan membuat dinding rumah Anda terlihat lebih istimewa.

Kombinasi bingkai kecil dan besar
Kombinasi bingkai kecil dan besar di dinding, via piqsels.com

Kombinasi bingkai kecil dan besar di dinding, via piqsels.com
 

Saat membuat kolase hiasan foto dinding, Anda dibebaskan berkreasi dan menggunakan berbagai ukuran bingkai yang ada. Cobalah menggabungkan antara bingkai foto yang besar dan kecil seperti contoh satu ini. Susunan ini pun tampak menarik karena tetap memiliki satu tema yang sama. Jadikan foto dengan bingkai yang besar sebagai foto yang menjadi inti dari hiasan dinding. Sedangkan, foto-foto berukuran kecil seolah-olah menjadi pendukung atau hiasan yang mempercantik dinding.
 

Baca juga: Cara Kreatif Menyusun Rak Pajangan Tanaman Hijau di Dalam Rumah
 

Foto yang bercerita
Foto yang menceritakan sesuatu, via piqsels.com

Foto yang menceritakan sesuatu, via piqsels.com
 

Setiap foto yang ingin Anda pasang tentunya memiliki cerita sendiri di baliknya. Pastinya, Anda juga ingin membagikan kesan ini kepada orang lain yang melihatnya. Nah, Anda bisa menceritakan momen atau kenangan indah ini melalui kolase foto. Ambil beberapa foto dan urutkan sesuai kronologis peristiwa. Contohnya, proses tumbuh buah hati dari kecil hingga dewasa, proses pernikahan, liburan keluarga, ataupun peristiwa-peristiwa penting lainnya.

Foto tiles seperti galeri Instagram
Susunan foto seperti galeri Instagram menggunakan bingkai kayu, via flickr.com

Susunan foto seperti galeri Instagram menggunakan bingkai kayu, via flickr.com
 

Instagram merupakan salah satu tempat favorit untuk menyimpan berbagai foto kenangan. Nah, Anda juga bisa memindahkan galeri foto di Instagram ke dalam rumah Anda. Pilih foto-foto favorit dari Instagram dan cetak dalam bentuk kotak persegi. Kemudian, jajarkan foto tersebut secara rapi berdampingan pada dinding. Anda bahkan dapat menempatkannya dalam bingkai tipe kotak-kotak seperti ini.

Ide kolase foto dinding mana yang ingin Anda coba aplikasikan di rumah? Yuk, mulai berkreasi di akhir pekan ini!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.



Hubungi ARSITAG