Hospitality Indonesia 2019: Pameran Tren Desain Furnitur Berwawasan Lingkungan

Hospitality Indonesia 2019: Pameran Tren Desain Furnitur Berwawasan Lingkungan | Foto artikel Arsitag
Hospitality Indonesia 2019 di JIExpo Kemayoran Jakarta didominasi produk bernuansa alam (Sumber: Dok. Hospitality Indonesia)
 

Hospitality Indonesia adalah pameran industri pendukung hospitality dan desain yang diselenggarakan oleh kolaborasi API Traya dan JIExpo serta didukung oleh Kementerian Perindustrian, Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Indonesia Furniture & Craft Promotion Forum (IFPF). Pameran tahun ini merupakan pagelaran kedua dan telah digelar pada 23-26 Oktober 2019 di Hall A – Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran Jakarta.

Hospitality Indonesia diikuti oleh lebih dari 100 peserta pameran yang terdiri atas 3 sektor. Yakni Furniture dan Craft Indonesia, Mozaik Indonesia, dan Hotel Sourcing Indonesia dengan pemerintah. Sektor Furniture & Craft Indonesia menampilkan sejumlah brand furnitur yang telah berpengalaman  melayani kebutuhan ekspor dan proyek-proyek residensial internasional. Sektor Mozaik Indonesia menghadirkan di antaranya Paviliun Kementerian Perindustrian Direktorat Jenderal Industri Agro. Sektor Mozaik Indonesia bertujuan memikat pengunjung dengan berbagai inovasi desain dalam bidang interior design, furniture design, interiortextiles, lighting, home textiles hingga landscape design. Sedangkan, sektor Hotel Sourcing Indonesia menyajikan sederetan brand yang berpengalaman dengan berbagai terobosan pada mattress design & technology, tableware, horeca equipment, hospitality technology, hingga perlengkapan spa dan wellness.

Tema “Engage the Future of Hospitality”
Hospitality Indonesia 2019 mengusung tema “Engage the Future of Hospitality” (Sumber: Dok. Hospitality Indonesia)

Hospitality Indonesia 2019 mengusung tema “Engage the Future of Hospitality” (Sumber: Dok. Hospitality Indonesia)
 

Hospitality Indonesia 2019 mengusung tema “Engage the Future of Hospitality”. Ketua Indonesia Furniture Promotion Forum (IFPF), Erie Sasmito menyebut bahwa unsur natural atau alam tengah menjadi tren desain di industri mebel, kriya, dan horeca. Menurutnya, semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk menjaga masa depan bumi serta adanya kerinduan manusia untuk kembali ke alam. Hal inilah yang memicu pihaknya ingin menciptakan produk berkualitas yang tak hanya artistik, namun juga bersifat sustainable dan ramah lingkungan. Oleh karena itu,  Hospitality Indonesia pun menjadi ajang bagi para pelaku industri untuk berkontribusi menyebarkan pesan-pesan lingkungan kepada masyarakat melalui beragam produk mebel, kriya, dan desain. Oleh karena itu, Hospitality Indonesia juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan beragam inspirasi alam dalam mempercantik huniannya.

Berangkat dari hal itu, pameran menghadirkan berbagai produk mebel lokal, seperti anyaman dan rotan, menampilkan furnitur dari bahan alami maupun handmade yang homey dan nyaman digunakan, mulai dari sofa, kursi makan, kursi santai, hingga jendela. Ada juga brand yang menciptakan beragam produk furnitur dari bahan daur ulang. Furnitur meja, lemari, kursi, hingga laci sepenuhnya terbuat dari bahan kayu bekas (recycle) dari kayu bekas rumah, perahu, truk, bahkan palet. Meskipun terbuat dari kayu bekas, namun produk sangat berkualitas hingga banyak diminati oleh pasar luar negeri seperti Amerika dan Eropa.

Ada pula brand yang menciptakan produk aksesoris interior ramah lingkungan yang terbuat dari barang-barang daur ulang spare part mobil. Dengan teknik pengerjaan khusus, brand ini menyulap sampah menjadi benda-benda yang cantik seperti kursi, lampu, dan jam dinding.

Baca Juga: CASA Indonesia 2019, 1 Dekade Komitmen Mendukung Ekonomi Kreatif di Indonesia
 

Instalasi Seni “The Lobby by Bramble”

Selain display produk, tahun ini Hospitality Indonesia untuk pertama kalinya memberikan penghargaan Gold Designer kepada desainer yang berprestasi atas karya yang berkontribusi dalam perkembangan bidang hospitality. Penerima penghargaan Gold Designer tahun ini adalah Eugenio Hendro yang berkolaborasi dengan Bramble Furniture, sebuah perusahaan furnitur berbasis di AS. Para pengunjung dapat melihat dan berkunjung ke instalasi seni bertajuk “The Lobby by Bramble” berupa dua desain ruang yang memadukan unsur bumi dan laut.

Hospitality Indonesia juga menjadi ajang edukasi masyarakat tentang tren desain di industri mebel, kriya, dan horeca (Sumber: Dok. Hospitality Indonesia)
Hospitality Indonesia juga menjadi ajang edukasi masyarakat tentang tren desain di industri mebel, kriya, dan horeca (Sumber: Dok. Hospitality Indonesia)

Hospitality Indonesia sekaligus menjadi ajang edukasi desain kepada masyarakat tentang tren yang tengah berkembang. Hal ini diwujudkan dalam serangkaian seminar dan workshop inspiratif bertajuk InspireTalk dengan menghadirkan para pembicara kompeten di bidang hospitality dan desain.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini