Desain Plafon Rumah Minimalis dengan Keindahan yang Simpel dan Elegan

Desain Plafon Rumah Minimalis dengan Keindahan yang Simpel dan Elegan | Foto artikel Arsitag

Plafon dapur dan ruang makan karya Dezan Studio via Arsitag

Plafon rumah minimalis biasanya minim ornamen-ornamen yang rumit. Akan tetapi, tak selalu harus polos, sentuhan yang artistik dan tak berlebihan bisa saja ditambahkan demi menghidupkan tampilan rumah.

Penggunaan bahan selain gypsum seperti balok kayu, glass block, dak beton, atau fiber bisa jadi pilihan. Permainan warna dan tekstur juga dapat menjadi alternatif yang menarik.

Nah, berikut ini artikel yang menampilkan inspirasi desain plafon minimalis yang menampilkan keindahan yang simpel dan elegan.

Kombinasi Gypsum dan Kayu

Plafon minimalis ruang tamu karya Delution via Arsitag

Plafon minimalis ruang tamu karya Delution via Arsitag

Tak bisa dikesampingkan begitu saja, plafon rumah minimalis menguasai seperenam dari ruang. Karena itu, sentuhan pada plafon akan mempengaruhi suasana rumah.

Tampak mempertimbangkan hal tersebut, plafon di Inset House ini memadukan material gypsum dengan kayu. Material dengan tone yang sama digunakan pula pada furnitur-furnitur di rumah ini. Efeknya, kombinasi material kayu pada plafon menambah estetika ruangan. Secara visual, ruangan terkesan lebih hangat sekaligus mewah.

Kayu Natural untuk Plafon Minimalis

Kayu Natural untuk Plafon Minimalis

Plafon dapur cantik, foto watermarkdesigns via Unsplash

Jenis plafon yang seluruhnya menggunakan kayu juga mampu menghasilkan efek visual yang simpel dan cantik lho. Bilah-bilah papan dengan motif serat dan pola kayu yang tak seragam menjadi elemen dekorasi yang tak berlebihan untuk ruangan.

Plafon Minimalis Gelap Munculkan Ilusi yang Unik!

Plafon Minimalis Gelap Munculkan Ilusi yang Unik!

 

Plafon minimalis gelap ruang keluarga, foto oleh backbone_visuals via Unsplash

Umumnya warna terang dipilih untuk plafon minimalis. Namun, jika ingin tampil beda, plafon warna gelap seperti ini bisa dicoba!

Warna gelap menimbulkan ilusi yang unik pada sebuah ruangan. Plafon gelap dapat menyatukan benda-benda yang juga berwarna gelap di dalam ruangan.

Warna gelap seperti hitam atau abu-abu tua menimbulkan ilusi plafon terasa lebih rendah sehingga tercipta suasana lebih intim dan hangat. Plafon berwarna gelap juga dapat pula menutupi noda, celah, dan kekurangan lainnya pada plafon.

Balok Kayu untuk Dekorasi Minimalis di Plafon

Balok Kayu untuk Dekorasi Minimalis di Plafon

 

Kayu yang disusun berjarak, foto oleh Vanitjan via Freepik

Ingin menyegarkan ruangan yang memiliki plafon polos?

Menambahkan beberapa balok kayu berwarna natural bisa jadi ide cemerlang! Plafon putih polos diberi sentuhan simpel berupa bilah kayu yang ditata berjarak. Penempatan kayu menciptakan tekstur yang unik pada plafon. Sedangkan, motif serat kayu dan gradasi tone yang tak sama pada setiap potongan kayu menjadi dekorasi ruangan yang elegan.

Tekstur Khas Dak Beton Ekspos

Tekstur khas dari campuran bahan penyusun beton, foto sidekix via Unsplash

Tekstur khas dari campuran bahan penyusun beton, foto sidekix via Unsplash

Campuran semen, air, pasir, dan kerikil yang menyusun material beton menghasilkan warna dan tekstur yang khas. Tekstur berserat mirip marmer dengan gradasi abu-abu yang beragam inilah yang ditonjolkan pada dak beton ekspos.

Tanpa diberi lapisan lain, dak beton ekspos difungsikan sebagai plafon ruangan. Ketika dikombinasikan dengan dinding berwarna utama putih polos, aplikasi plafon dak beton ekspos ini menjadi dekorasi yang simpel, unik, sekaligus elegan untuk ruangan.

Pencahayaan yang Manis

Pencahayaan yang Manis

 

Plafon minimalis ekspos di ruang makan karya SUB via Arsitag

Sudah bukan hal baru lagi, menambahkan pencahayaan yang tepat bisa memperindah plafon rumah. Pencahayaan tersembunyi menjadi pilihan favorit dan sangat cocok diaplikasikan pada model up ceiling.

Pencahayaan yang disembunyikan di permukaan yang lebih rendah membuat cahaya yang memantul tampak lebih lembut.

Plafon Minimalis yang Mengikuti Kemiringan Atap

Plafon yang mengikuti kemiringan atap, foto oleh Zapsizzle via Unsplash

Plafon yang mengikuti kemiringan atap, foto oleh Zapsizzle via Unsplash

Konsep plafon rumah minimalis ini mengaplikasikan desain up ceiling dengan cara yang sangat cerdas. Sebagian permukaan dibuat terangkat ke atas mengikuti kemiringan atap. Bagian plafon yang lebih tinggi menggunakan panel-panel kayu yang kontras dengan gypsum polos pada bagian plafon lainnya.

Tentu saja desain yang simpel ini tak hanya membuat rumah tampak lebih hidup, tetapi juga menjadikan ruangan terasa lebih lebar berkat sebagian plafon yang lebih tinggi.

Plafon Minimalis Mendatar Dengan Aksen Plafon Gantung

Desain plafon gypsum karya Rakta Studio via Arsitag

Desain plafon gypsum karya Rakta Studio via Arsitag

Sedikit perubahan pada plafon ternyata bisa mengubah suasana ruangan lho. Plafon polos ditambahkan dengan variasi plafon yang lebih rendah di sekelilingnya. Tambahan plafon gypsum seperti ini juga bisa diterapkan pada plafon lama untuk menyembunyikan sudut-sudut plafon yang telah usang.

Desain plafon gypsum kemudian dipercantik lagi dengan lampu panjang LED minimalis warm white. Lampu LED minimalis ditambahkan pada bagian dalam di sepanjang langit-langit yang lebih rendah dan juga di bagian tengahnya.

Plafon Minimalis Polos Dengan Desain Segitiga

Desain plafon gypsum minimalis kamar tidur karya Erwin Kusuma di Indonesia via Arsitag

Desain plafon gypsum minimalis kamar tidur karya Erwin Kusuma di Indonesia via Arsitag

Desain plafon minimalis ini menggunakan plafon gypsum polos warna putih bersih. Langit-langit warna putih seperti ini mampu memantulkan cahaya dengan sempurna sehingga membantu ruangan tampak lebih terang.

Model Drop Ceiling yang Modern Dengan Indirect Lighting

Desain plafon gantung karya Aaksen Responsible Aarchitecture di Indonesia via Arsitag

Desain plafon gantung karya Aaksen Responsible Aarchitecture di Indonesia via Arsitag

Desain plafon minimalis ini terbilang simpel, namun terlihat indah sekaligus modern. Didominasi warna putih seluruhnya, bagian tengah plafon dibuat menggantung sedikit lebih rendah. Adapun jarak bidang yang diturunkan hanya sekitar 15 hingga 20 cm saja.

Dengan tambahan aksen ini, lampu-lampu LED bisa ditambahkan mengelilingi bagian tengah plafon yang menggantung. Penggunaan indirect lighting ini memunculkan berkas-berkas cahaya dari dalam drop ceiling. Ruangan pun jadi lebih mewah!

Plafon Minimalis Dari Papan Kayu

Desain plafon karya Studio Tonton di Indonesia via Arsitag

Desain plafon karya Studio Tonton di Indonesia via Arsitag

Kayu yang tampil natural menjadi dekorasi yang manis untuk rumah minimalis. Desain plafon rumah minimalis ini memakai bahan kayu dalam bentuk papan atau balok yang disusun berjarak. Susunan papan yang berjarak membuat cahaya alami bisa menembus masuk ke dalam rumah dari sebagian atap rumah yang menggunakan bahan transparan.

Susunan papan kayu pada langit-langit ini sekaligus menahan cahaya yang masuk agar tak berlebihan. Hasilnya, ruangan tak hanya terlihat indah dan hangat, tetapi juga sejuk dengan intensitas cahaya alami yang tak berlebihan.

Model Plafon yang Simpel dan Elegan Dari PVC Motif Kayu

Plafon minimalis ruang tamu mewah dengan PVC karya HelloEmbryo via Arsitag

Plafon minimalis ruang tamu mewah dengan PVC karya HelloEmbryo via Arsitag

Meskipun bukan menggunakan kayu sesungguhnya, namun PVC minimalis motif kayu ini bisa jadi pilihan. PVC kayu ini mampu menghadirkan keindahan warna dan pola kayu yang begitu khas. PVC pola kayu terlihat sangat mirip dengan papan kayu dengan finishing yang halus dan mengkilap.

Model plafon minimalis mewah ini dibuat terangkat pada bagian tengah atau biasa disebut plafon tipe baki (Tray Ceiling). Plafon minimalis ini dipercantik dengan menambahkan lampu-lampu di bagian dalam langit-langit yang lebih tinggi. Aksen ini membuat pencahayaan ruangan seolah-olah tersembunyi.

Plafon Minimalis Modern di Lantai Atas

Plafon minimalis kamar tidur dari kayu dengan skylight, foto oleh Pixabay via Pexels

Plafon minimalis kamar tidur dari kayu dengan skylight, foto oleh Pixabay via Pexels

Kayu memang tak pernah membosankan untuk digunakan di berbagai sudut rumah. Kayu diaplikasikan pada langit-langit di lantai atas rumah ini dan juga untuk lantai. Adapun, material kayu yang dipilih berupa bilah-bilah papan dengan ukuran yang seragam.

Untuk plafon di lantai atas ini, bilah-bilah papan kayu disusun rapat. Bagian tengah plafon dibuat mendatar dan lebih tinggi. Sedangkan, sisi-sisi plafon dibuat miring seperti menyangga bagian tengah yang lebih tinggi. Jika diperhatikan, tampak beberapa skylight ditambahkan pada sisi plafon yang miring sehingga ruang kamar tidur diterangi cahaya alami dengan maksimal.

Model Plafon Minimalis Unik Cantik

Plafon ruang makan, foto oleh Jonathan Borba via Pexels

Plafon ruang makan, foto oleh Jonathan Borba via Pexels

Model plafon minimalis ini terbilang jarang ditemukan. Plafon yang menggunakan material kayu ini tak hanya menutupi bagian langit-langit ruang makan, tetapi juga di sebagian dinding.

Adapun material kayu yang dipilih berupa papan-papan berukuran ramping yang memanjang. Lampu-lampu ditambahkan di bagian plafon yang berfungsi sebagai penerangan sekaligus dekorasi. 

Tentu saja desain plafon ini membuat rumah Anda tampil lebih cantik.

Plafon Minimalis Dengan Kayu White Wash

Desain plafon dengan kayu white wash cerah karya Han Awal & Partners via Arsitag

Desain plafon dengan kayu white wash cerah karya Han Awal & Partners via Arsitag

Ruang yang didominasi warna terang memang membantu memberi kesan visual lebih luas dan terang. Pada inspirasi ini, penggunaan kayu pada plafon tak menghalangi keinginan pemilik rumah untuk memiliki interior dengan dominasi warna putih.

Material kayu warna natural diberi percikan warna terang dengan menggunakan teknik finishing white wash. Material kayu white wash ditempatkan di bagian tengah langit-langit membentuk segitiga. Plafon kayu ini dipadukan dengan material gypsum yang dipasang mendatar di sekeliling ruangan.

Desain Plafon PVC Kombinasi Dua Motif

Desain plafon ruang tamu karya Enviro Tec via Arsitag

Desain plafon ruang tamu karya Enviro Tec viaArsitag

Jenis plafon PVC memang menjadi salah satu material plafon favorit karena sangat awet dan mempunyai daya tahan tinggi terhadap api, air dan juga rayap. Pilihan motif dan warnanya pun sangat beragam.

Pada inspirasi ini, desain plafon memadukan dua motif yakni plafon polos warna putih dan plafon PVC motif kayu. Dengan memadukan plafon PVC seperti ini, tipe plafon datar konvensional tampil lebih menarik. Suasana rumah pun jadi lebih segar!

Model Plafon yang Mengekspos Rangka

Rangka-rangka plafon yang terekspos pada desain plafon ruang keluarga karya OG Architects via Arsitag

Rangka-rangka plafon yang terekspos pada desain plafon ruang keluarga karya OG Architects via Arsitag

Salah satu cara menghadirkan nuansa pedesaan yang sederhana di dalam bangunan adalah dengan mengekspos rangka plafon. Seperti pada contoh ini, rangka plafon klasik dari material kayu diletakkan di bagian luar plafon. Adapun plafon klasik dibuat berbentuk segitiga mengikuti bentuk atap pelana. Selain menyangga plafon, rangka kayu ini juga berfungsi sebagai dekorasi ruangan.

Nah, tak hanya mempertimbangkan kepraktisan dan fungsi saja, memilih desain plafon minimalis juga perlu memperhitungkan efek visual dan rasa nyaman. Keindahan yang simpel dan elegan akan mempengaruhi suasana ruangan dan kenyamanan mereka yang tinggal di dalam bangunan.

Dari sederet contoh dan inspirasi ini, manakah rekomendasi desain plafon terbaik yang sesuai dengan selera dan menarik perhatian Anda? 

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.