Bagaimana Cara Kreatif Memajang Foto sebagai Dekorasi Interior Rumah

Bagaimana Cara Kreatif Memajang Foto sebagai Dekorasi Interior Rumah | Foto artikel Arsitag
Cover: Simprug Residencedi Jakarta karyaHelloEmbryotahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Foto, sebagai saksi bisu yang menceritakan peristiwa penting dan berkesan yang kita alami, dapat dijadikan elemen dekorasi interior rumah yang ‘menghangatkan’ rumah. Foto-foto itu dapat memberi semangat untuk memulai hari, teman di saat kesepian, dan topik hangat untuk saling berbagi cerita saat anggota keluarga berkumpul.

Biasanya, dalam memajang foto, kita mengandalkan keindahan variasi dan warna-warni bingkai. Padahal, cara memajang foto tidak hanya digantung di dinding dalam sebuah bingkai. Ada berbagai cara kreatif dan unik dalam memajang foto agar foto itu juga menjadi bagian dekorasi interior rumah. Perletakan foto dan susunannya dapat diatur sedemikian rupa sehingga menampilkan kreatifitas yang indah, unik, dan bahkan dapat membuat sebuah ruang ‘bercerita’. Nah, mari kita intip cara kreatif memajang foto sebagai dekorasi interior rumah dalam artikel ini!

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil Kekinian Yang Sederhana Tapi Elegan

1. Letakkan bingkai di atas rak pajang

HelloEmbryo merancang 5 rak pajang identik sepanjang 1,5 m menghiasi dinding ruang makan Simprug Residence. Rak pajang berwarna coklat tua doff dengan railing besi Æ6 mm tersusun rapi, menjadi tempat perletakan foto, buku, ornamen, dan pot bunga. Cara kreatif yang sederhana ini telah membuat ruang makan terkesan lebih dinamis, namun penuh kehangatan.

RD residence di Singapura  HelloEmbryo (Sumber: arsitag.com)

RD residencedi Singapura  HelloEmbryo(Sumber: arsitag.com)

HelloEmbryo memajang foto sebagai dekorasi interior dinding RD residence. Hanya bermodalkan beberapa lembar papan dengan modul kelipatan 20 cm yang ditahan bracket siku 10 cm, dalam kesederhanaannya, dinding  RD residence tampil dengan elegan. Lubang-lubang tiap 2o cm yang dibuat pada dinding triplek memberi peluang untuk mengubah perletakan rak sambil tetap terpolakan dengan baik, kedinamisan yang terkendali dan seimbang. Untuk menambah efek pencahayaan, lampu sorot di langit-langit dipasang pada railing memanjang yang dapat digeser sesuai kebutuhan.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil Kekinian Yang Sederhana Tapi Elegan

2. Letakkan foto di antara dan di dalam dinding

S+I House di Jakarta karya DP+HS Architects tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

S+I Housedi Jakarta karyaDP+HS Architectstahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Foto keluarga S+I House diletakkan di atas rak yang dibuat di antara dinding selasar. DP+HS Architects juga menyediakan ‘coakan’ di dalam dinding untuk meletakkan foto-foto yang bersanding apik dengan tanaman interior. Coakan ini juga memberikan kesan lega dan pandangan yang lebih luas dari selasar ke arah ruang open-plan di sebelahnya. Bentuk bingkai yang polos dengan warna hitam putih menjadi tempat foto yang segaja dicetak black and white untuk menampilkan kesan kenangan mendalam yang selalu melekat dalam hati.

3. Foto sebagai penghias dinding

Pangkalan Jati House di Jakarta karya RAW Architecture tahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Pangkalan Jati Housedi Jakarta karyaRAW Architecturetahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Kekosongan dinding selasar Pangkalan Jati House diisi dengan foto-foto anggota keluarga mereka. Namun, foto-foto ini bukan sekedar agar dinding ‘tidak polos’, tetapi sebagai perlambang keluarga yang tinggal di rumah ini dan berjalan bersama di selasar ini. Ukuran bingkai foto ayah yang lebih besar mempertegas rasa hormat mereka kepada ayah sebagai kepala keluarga.

4. Foto dan lukisan sebagai karya seni

JS House di Tulodong, Jakarta karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

JS Housedi Tulodong, Jakarta karyaAntony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTontahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Walau hanya ada 2 lukisan yang menghias ruang ini, keduanya telah membuktikan pemilik JS House memiliki cita rasa tinggi dalam kesederhanaan minimalis yang dinamis. Keberadaan kedua lukisan ini membuat ruang seperti sebuah galeri seni mungil.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendesain Rumah Minimalis

5. Rak pajang sebagai meja kerja

Na Residence di Solo karya Alvin Tjitrowirjo, AlvinT Studio tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Na Residencedi Solo karyaAlvin Tjitrowirjo, AlvinT Studiotahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Alvin Tjitrowirjo merancang rak pajang putih panjang di bawah TV sebagai rak multifungsi. Rak ini dimanfaatkan untuk memajang foto dan berfungsi juga sebagai meja kerja. Warna putih bersih glossy semakin cemerlang dan memberi kesan terang dengan latar belakang dinding kayu coklat doff. Keduanya berpadu serasi dan menampilkan kesan alami yang ‘hangat’ pada interior ruang open-planNa Residence. 

6. Bingkai hitam putih yang mempertegas desain interior minimalis Scandinavian

Scandinavian di Medan, Sumatra Utara karya kolaborasi La.casa dengan HLarchitectstudio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Scandinaviandi Medan, Sumatra Utara karya kolaborasiLa.casadengan HLarchitectstudio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Bingkai hitam putih dengan berbagai ukuran menjadi ‘focal point  yang memperkuat posisi kepala ranjang di kamar tidur hasil kolaborasiLa.casadengan HLarchitectstudio.

Scandinavian di Medan, Sumatra Utara karya kolaborasi La.casa dengan HLarchitectstudio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Scandinaviandi Medan, Sumatra Utara karya kolaborasiLa.casadengan HLarchitectstudio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Bingkai-bingkai ini tampil elegan dalam keminimalisannya, menyatu dengan gaya Scandinavian dalam keseluruhan desainnya.   

Simprug Residence di Jakarta karya HelloEmbryo tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Simprug Residencedi Jakarta karyaHelloEmbryotahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Deretan bingkai hitam putih dengan gambar sederhana menghiasi dinding bata ekspos putih di atas kepala ranjang Simprug Residence. Kesederhanaan dari gambar yang kaya makna mempertegas kesan alami yang ingin ditampilkan dalam desain interior kamar berlantai kayu ini.  

Baca juga: 10 Dekorasi Interior Rumah Scandinavian yang Sedang Ngehits

8. Deretan bingkai simetris sebagai dekorasi interior

Apartment at Kemang di Jakarta karya Atelier Prapanca tahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Apartment at Kemangdi Jakarta karyaAtelier Prapancatahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Dekorasi interior rumah seorang perfeksionis yang menginginkan kejelasan modul dan keteraturan dapat ditampilkan dari deretan bingkai simetris yang menghias dinding interiornya. 9 bingkai yang disusun dalam 3 baris memanjang juga ikut andil dalam menciptakan kesan ruang lebih lega dalam ruang open-plan di Apartment at Kemang. 

Tips cara kreatif memajang foto sebagai dekorasi interior rumah

Tidak ada batasan dalam berimajinasi, termasuk kreatifitas dalam menyusun foto sebagai dekorasi interior rumah. Berikut ini ada beberapa ide kreatif dalam menyusun foto. Semoga ide-ide ini dapat memunculkan imajinasi dan daya kreatifitas Anda untuk menjadikan foto sebagai bagian dekorasi interior rumah.

1. Foto-foto disusun membentuk angka-angka jam

Foto-foto sebagai angka jam. Unik dan fungsional. (Sumber: bravacasa.rs)

Foto-foto sebagai angka jam. Unik dan fungsional. (Sumber: bravacasa.rs)

2. Foto sebagai buah pada pohon

Foto sebagai buah pada pohon. Sticker pohon banyak dijual di mall atau toko online (Sumber: aliexpress.com)

Foto sebagai buah pada pohon. Sticker pohon banyak dijual di mall atau toko online (Sumber: aliexpress.com)

3. Deretan foto menggantung di tali

Deretan foto digantung di tali yang dipegang oleh hewan. Desain interior yang menyegarkan kamar tidur anak (Sumber: alibaba.com)

Deretan foto digantung di tali yang dipegang oleh hewan. Desain interior yang menyegarkan kamar tidur anak (Sumber: alibaba.com)

4. Foto disusun sesuai waktu kejadian

Foto-foto perjalanan keliling tempat wisata disusun sesuai waktu perjalanan (Sumber: tokopedia.com)

Foto-foto perjalanan keliling tempat wisata disusun sesuai waktu perjalanan (Sumber: tokopedia.com)

Banyak sekali cara kreatif memajang foto sebagai dekorasi interior rumah. Foto-foto ini menjadi stimulan yang membawa semangat kebersamaan dan suasana yang nyaman dalam setiap ruang. Foto-foto juga menjadi ‘nyawa’ untuk setiap ruang, memberi cerita dan kesan berbeda yang senantiasa menorehkan kenangan indah bagi setiap anggota keluarga.


Artikel ini juga dapat dibaca di www.kompas.com dengan judul : Trik Memajang Foto Agar Rumah Tampil Keren
 

Baca juga:

Bagaimana Cara Mendekorasi Ruang Makan agar Kelihatan Mewah dan Elegan

10 Sentuhan Desain untuk 'Open-Plan'

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.