8 Desain Rumah Mewah dengan Interior Garden yang Mempesona

8 Desain Rumah Mewah dengan Interior Garden yang Mempesona | Foto artikel Arsitag
Cover: Rumah Opal karya Parama Dharma tahun 2014  (Sumber: arsitag.com)

Desain rumah mewah tidak terlepas dari keunikan, keotentikan, serta kecerdikan memanfaatkan material dan pengeksposan karakteristiknya.  Keberadaan interior garden atau indoor garden yang diikutsertakan dalam desain rumah mewah akan memberi nilai tambah, bukan hanya secara estetika, tetapi juga kualitas ruang dan bangunan secara keseluruhan. Sebenarnya apa yang dimaksud interior garden? Dari terminologinya, sebenarnya mudah untuk dimengerti. Interior garden berarti taman di dalam bangunan.

Apa manfaat interior garden? Apa dampaknya bagi ruang-ruang lainnya? Bagaimana desain interior garden yang baik? Kapan mulai merancangnya? Desain interior garden yang baik, seharusnya sudah diikutsertakan sejak awal perancangan, dan dipadukan dengan keseluruhan desain untuk mendukung konsep desain yang sudah digagas. Desain interior garden yang berhasil akan membuat suasana di rumah semakin nyaman, menyenangkan, dan berkualitas.  

Lalu, bagaimanakah interior garden yang desainnya mempesona dan dapat membuat rumah mewah Anda tampil maksimal?  Silakan simak artikel ini, yang akan menyajikan 8 desain rumah mewah dengan interior garden yang mempesona.

Baca juga: Desain Kolam Renang Keren Untuk Rumah Mewah Anda

1. Interior garden setara dengan elemen arsitektural lainnya

Pangkalan Jati House karya RAW Architecture  tahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Pangkalan Jati House karya RAW Architecture  tahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Rumah atau yang dalam bahasa Jawa disebut ‘Omah’ karya RAW Architecture  ini, mengolaborasi seluruh elemennya secara sistematis dan harmonis. Dalam desainnya,  Pangkalan Jati House menerapkan konsep filosofi Jawa yang percaya bahwa rumah dibangun sebagai hasil adaptasi terhadap lingkungan. Di dalam rumah harus ada perpaduan mikrokosmos dan makrokosmos agar ada keseimbangan hidup dan aura positif.

Lebih detail lagi, rumah ini mengusung prinsip “Sumarah”, yaitu penerimaan apa adanya melalui ketenangan raga, jiwa, dan pikiran. Secara arsitektural, prinsip ini berarti kesadaran untuk menyatu dengan alam dan budaya. Setiap elemen arsitektural harus saling terintegrasi dan menjadi “jiwa” keseluruhan desain. Itulah sebabnya, interior garden memegang peran yang sama pentingnya dengan elemen arsitektur lainnya.

Sambutan keasrian tanaman sudah bisa dirasakan sejak outdoor garden. Saat ruang pertama dalam rumah, ada ambigu yang terasa karena begitu memasuki rumah, akan terasa berada di luar ruang lagi dengan kehadiran interior garden seluas 10 m2  di lantai dua yang dipenuhi tanaman palem, belum lagi koleksi anggrek dan tanaman lainnya.

Interior garden berkolaborasi dengan void di atasnya. Deretan tanaman palem memberikan keindahan dan kesejukan, sedangkan void berperan sebagai penyedia cahaya dan sirkulasi udara.

Baca juga: Arsitektur Tradisional Omah Adat Jawa

2.  Interior garden mempercantik kekosongan ruang

W_House di Tulodong, Jakarta karya Studio Air Putih tahun 2008  (Sumber: arsitag.com)

W_House di Tulodong, Jakarta karya Studio Air Putih tahun 2008  (Sumber: arsitag.com)

Keberadaan interior garden menjadi ide cerdik yang efektif dan bermanfaat untuk menyiasati area di bawah void. Ruang di sekitarnya mendapat cahaya alami dan sirkulasi udara yang segar dari void yang meniupkan oksigen yang banyak dihasilkan tanaman sansiviera (lidah mertua). Lidah mertua mudah pemeliharaannya, bisa tumbuh subur di pot, dan tidak perlu disiram terlalu sering.

Baca juga: 9 Model Rumah Unik Karya Arsitek Indonesia Masa Kini

3. Rumah mewah dengan interior garden di sekelilingnya

MM House karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon tahun 2012  (Sumber: arsitag.com)

MM House karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon tahun 2012  (Sumber: arsitag.com)

Ide desain rumah mewah dengan interior garden yang mempesona tidak ada habis-habisnya. Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon  bahkan menghadirkan interior garden di sekeliling ruang keluarga MM House . Ruang ini sengaja dibatasi dinding kaca agar bisa menikmati keindahan interior garden. Perpaduan air, batu alam,dan tanaman pakis yang diselingi aneka tanaman sukulen sengaja dimanfaatkan untuk menciptakan interior garden yang minimalis, asri, mudah dirawat, dan memberikan kesan mengambang untuk ruang yang dikelilinginya.

4. Interior garden yang menyatu dengan outdoor garden

MM House di Permata Buana, Jakarta karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon  (Sumber: arsitag.com)

MM House di Permata Buana, Jakarta karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon  (Sumber: arsitag.com)

Interior garden tidak harus benar-benar berada di dalam ruang, tetapi harus memiliki manfaat yang signifikan bagi ruang di sekitarnya. Dengan cerdik, kreatif, dan unik, outdoor gardenMM House diteruskan sampai sebagiannya menjadi interior garden untuk teras di depan ruang makan. Ide cerdik ini menciptakan hubungan indoor dan outdoor yang ‘smooth’.

Baca juga: 11 Desain Teras Rumah Mewah yang Cantik

House 1 di Semarang karya Tamara Wibowo tahun 2015  (Sumber: arsitag.com)

House 1 di Semarang karya Tamara Wibowotahun 2015  (Sumber: arsitag.com)

Rumah mewah di Semarang ini didesain dengan ide untuk menciptakan karya arsitektur yang sesuai dan menyatu dengan tapaknya. Untuk mewujudkan ide ini, Tamara Wibowo sengaja merancang taman yang bisa memberikan kenyamanan maksimal bagi ruang di dalamnya.

5. Interior garden dari lantai dasar sampai lantai atas

JS House di Tulodong, Jakarta karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon tahun 2015  (Sumber: arsitag.com)
JS House di Tulodong, Jakarta karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTontahun 2015  (Sumber: arsitag.com)

Pohon tabebuya atau pohon terompet yang tingginya sekitar 2-5 meter ini, memberikan keasrian dan mendukung kesan minimalis modern di ruang keluarga JS House. Bunganya yang dijuluki sakura Indonesia menghadirkan warna kuning cerah yang bisa dijadikan ‘point of interest’.

6. Interior garden berupa courtyard

"S" house  karya Nikko Lendra  tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

"S" house  karya Nikko Lendra tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Courtyardatau taman kering semakin digandrungi sebagai solusi menghadirkan taman yang mudah perawatannya di dalam rumah.  Pohon tabebuya kembali menjadi  primadona bagi courtyard "S" house di Pakuwon Indah, Surabaya.

7. Interior garden di luar ruang

Bangka House karya Adria Yurike Architects tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Bangka House karya Adria Yurike Architectstahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Lho, interior garden kok di luar ruang? Interior garden semacam ini sebenarnya merupakan taman yang hadir di tengah bangunan. Taman ini menjadi pemisah, sekaligus penghubung antar ruang ataupun massa bangunan, serta memberikan keteduhan dan kesegaran bagi ruang di sekelilingnya. Pohon tabebuya menjadi favorit untuk taman yang mudah perawatannya. Kehadiran pohon ini mampu memberikan keindahan maksimal walau hanya sebuah pohon saja.

8. Interior garden berupa pohon besar di dalam ruang

L+L House di Tanah Teduh, Jakarta karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon tahun 2012  (Sumber: arsitag.com)

L+L House di Tanah Teduh, Jakarta karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTontahun 2012  (Sumber: arsitag.com)

Wah… ide desain ini super cerdik karena mampu mengoptimalkan keadaan tapak dengan maksimal.  Pohon besar yang memang sudah ada di tapak dibiarkan berada di dalam rumah. Kamar mandi mewah karya  Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon ini tampil semakin mempesona dengan interior garden yang unik dan tampil elegan berkat keberadaan pohon besar yang karakternya sangat menonjol.  

Desain rumah mewah akan tampil semakin apik dan fungsional dengan kehadiran interior garden yang mempesona. Ikut sertakan interior garden dalam perancangan mulai dari awal. Jadikan interior garden sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan rancangan. Dan… dapatkan manfaat optimal dari keindahan dan keasrian interior garden di rumah mewah Anda.

Baca juga:

Bukan Rumah Pohon, Tetapi Pohon Dalam Rumah

9 Elemen Utama Kamar Mandi Impian

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.