Rumah Mewah Minimalis di Dunia yang Tampil Kekinian 2021

Rumah Mewah Minimalis di Dunia yang Tampil Kekinian 2021 | Foto artikel Arsitag
Cover: Selat House karya Das Quadrat, via arsitag.com

Jika Anda memiliki anggaran lebih, tentu tidak ada salahnya menghadiahi diri Anda dengan hunian mewah atas hasil kerja keras Anda. Memiliki rumah mewah terbaru di tahun 2021 dapat menjadi kebanggaan tersendiri. Selain untuk digunakan sebagai tempat tinggal, rumah mewah patut menjadi investasi yang menguntungkan.

Rumah mewah kekinian memiliki karakteristik garis batas yang lurus, proporsi yang seimbang, tata ruang terbuka, serta pencahayaan alami yang melimpah. Rumah modern kekinian juga terinspirasi dari gaya arsitektur International Style yang dikembangkan pada tahun 1920-an. Ciri khas dari rumah kekinian yaitu atap yang rendah cenderung datar, jendela kaca yang besar-besar, terhubung dengan halaman luar, juga dinding yang sederhana dan polos nyaris tanpa hiasan sehingga memberi kesan luas, rapi, dan minimalis. Zaman sekarang, banyak rumah kekinian menggunakan gaya seperti ini.

Saat memutuskan untuk membangun rumah, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut:

1. Lokasi

Lokasi merupakan hal utama yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli atau membangun sebuah rumah. Apakah dekat dengan tempat kerja? Apakah lokasinya strategis? Apakah dekat ke pasar? Sebaiknya pilih lokasi yang tidak begitu jauh dari tempat Anda beraktivitas sehari-hari. Anda tentu tidak ingin berlama-lama menghabiskan waktu di perjalanan.

2. Tukang yang profesional

Tukang bangunan berperan penting dalam membangun sebuah rumah, apalagi untuk rumah yang mewah. Pilihlah jasa desain rumah yang sudah berpengalaman dan profesional. Pastikan Anda mengetahui kemampuannya. Bila perlu, Anda dapat mencari tahu melalui testimoni dari orang lain yang pernah menggunakan jasanya, atau mewawancarainya secara langsung. Selain profesional, tukang bangunan juga haruslah orang yang jujur dan dapat dipercaya. Setelah mendapatkan tukang bangunan yang sreg dengan hati Anda, pilihlah seorang arsitek yang profesional juga, yang dapat membaca apa yang Anda inginkan. Jangan ragu untuk menunjukkan referensi contoh desain rumah supaya memudahkan desainer memahami gambar rumah yang Anda inginkan.   

Memilih tukang dan arsitek secara asal-asalan hanya akan membuat Anda kecewa dan menghabiskan biaya saja karena hasilnya tidak sesuai yang Anda mau. Bahkan lebih buruk lagi, rumah Anda malah akan terlihat jelek.

3. Hitung setiap detail

Dari mulai keran air di kamar mandi hingga jenis lantai, hitunglah semua secara rinci. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya Anda tidak kaget dengan adanya biaya di luar dugaan. Mempertahankan anggaran bisa menjadi hal yang sulit dilakukan saat hendak membangun sebuah rumah mewah. Belum lagi, properti lainnya seperti peralatan elektronik, sofa, tempat tidur, hingga keran air; kecuali Anda mau membangun rumah secara bertahap, tidak langsung selesai dan tidak langsung diisi furnitur.

4. Keamanan dan privasi

Rumah merupakan tempat bagi kita untuk berlindung. Jadi, penting sekali memperhatikan faktor keamanan. Biasanya, rumah mewah berada di suatu komplek perumahan dengan pintu gerbang yang dijaga oleh staf keamanan yang siaga 24 jam. Namun, jika rumah mewah Anda tidak berada di tempat seperti ini, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat pintu gerbang rumah sendiri dengan teknologi sistem pendeteksi gerakan untuk membukanya. Jika anggaran Anda cukup memadai, tidak ada salahnya mempekerjakan seorang atau dua orang satpam pribadi untuk menjaga rumah Anda. Tentu kita ingin merasa aman saat berada di dalam rumah, bukan? 

Dari perspektif desain, Anda dapat membangun desain rumah yang tidak tampak mencolok secara visual. Misalnya, dengan mengaplikasikan desain rumah minimalis yang tampak simpel, namun tetap menampilkan konsep yang eye catchy. Meskipun tampilan eksterior seolah membatasi kesan mewah, Anda justru dapat lebih bebas bereksplorasi di bagian interior. Ciptakan kesan rumah mewah minimalis yang Anda inginkan dengan tetap menyinkronkan dengan tema rumah secera keseluruhan.    

Selain keamanan, juga sudah seharusnya kita mendapatkan privasi yang kita butuhkan ketika di dalam rumah. Pastikan Anda memiliki suatu ruang di dalam rumah sebagai tempat untuk menjaga hal-hal yang sifatnya pribadi.

5. Rencana untuk dijual kembali

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Pikirkanlah hal ini. Mungkin di masa depan ada sesuatu yang terjadi sehingga Anda harus meninggalkan rumah mewah Anda dan pindah ke tempat baru. Meski sama sekali tidak memiliki rencana untuk pindah, penting juga untuk mempertimbangkan hal ini. Bangunlah sebuah rumah yang memiliki nilai jual.

Membangun rumah dengan desain yang Anda sukai memang menyenangkan, tetapi buatlah desain yang umum yang sekiranya orang kebanyakan pun akan menyukainya. Membangun rumah dengan desain yang terlalu spesifik menggambarkan karakter dan gaya hidup Anda akan mengakibatkan rumah tersebut sulit terjual, kecuali kepada orang yang memiliki kesukaan dan gaya hidup menyerupai persis seperti Anda.

Terakhir, apakah akan membeli atau membangun rumah sendiri, keputusan ada di tangan Anda. Kelebihan membangun rumah sendiri yaitu Anda dapat menciptakan desain sendiri dengan penataan yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Namun, kelemahannya yaitu seringnya muncul biaya tak terduga karena salah perhitungan atau hal lainnya. Membeli rumah yang sudah jadi memang praktis, tetapi tidak bisa mendesain sesuka hati. Pilihlah mana yang paling memudahkan bagi Anda.

Rumah mewah 1 lantai

Rumah mewah tidak harus selalu rumah bertingkat dengan banyak lantai. Dengan satu lantai pun kita bisa membangun sebuah rumah yang mewah. Apalagi untuk keluarga kecil yang belum membutuhkan banyak ruang tidur, rumah mewah 1 lantai tentu merupakan pilihan yang tepat. Dengan desain yang tepat, rumah 1 lantai akan terlihat mewah dan sempurna. Menyiasati rumah minimalis Anda agar tampak lebih mewah pun dapat dilakukan tanpa renovasi atau membangun ulang. Cukup dengan mengubah warna cat, mendandani furnitur dengan warna-warna gold, ataupun bermain dengan banyak pencahayaan mampu mengubah suasana rumah tampak lebih mewah.   

Keuntungan memiliki rumah mewah satu lantai yaitu Anda tidak perlu lelah naik turun tangga karena semua yang Anda butuhkan hanya berada di satu lantai saja. Apalagi, jika masih mempunyai balita, tidak perlu khawatir balita Anda akan memanjat dan terjungkal dari tangga menuju lantai atas.

TJ House karya Studio Air Putih, via arsitag.com

TJ House karya Studio Air Putih, via arsitag.com

Rumah mewah 1 lantai, via housplans.com

Rumah mewah 1 lantai, via housplans.com

Denah rumah mewah 1 lantai

Denah rumah merupakan hal yang harus dipikirkan dengan matang. Pertimbangkan ruang-ruang apa saja yang dibutuhkan selain kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur. Apakah Anda membutuhkan ruang kerja, ruang bermain anak, gudang, studio pribadi, atau yang lainnya? Pastikan rumah mewah Anda memiliki segala ruangan yang Anda butuhkan.

Berikut contoh denah rumah mewah 1 lantai yang bisa Anda pelajari.

Denah rumah mewah 1 lantai, via 7desainminimalis.com

Denah rumah mewah 1 lantai, via 7desainminimalis.com

K-House karya Arsatama Arsitek, via arsitag.com

K-House karya Arsatama Arsitek, via arsitag.com

Rumah mewah 2 lantai

Rumah besar dengan dua lantai memang memberi kesan mewah sehingga mampu membuat prestise Anda bertambah. Rumah mewah 2 lantai sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan ruangan yang lebih banyak dan lebih luas.

Desain rumah mewah dua lantai, via architecturaldesigns.com

Desain rumah mewah dua lantai, via architecturaldesigns.com

Rumah mewah dua lantai bergaya country, via architecturaldesigns.com

Rumah mewah dua lantai bergaya country, via architecturaldesigns.com

Denah rumah mewah 2 lantai

Merancang denah rumah mewah 2 lantai membutuhkan perhitungan yang tepat, terutama mengenai tata ruang. Ruangan mana saja yang ada di lantai satu dan ruangan apa saja yang akan ditempatkan di lantai dua.

Beberapa denah rumah mewah 2 lantai ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang hendak membangun rumah mewah dengan dua lantai.

Beberapa denah rumah mewah 2 lantai ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang hendak membangun rumah mewah dengan dua lantai.

Ss House karya Nico Gowindra, via arsitag.com
Ss House karya Nico Gowindra, via arsitag.com

Baca juga:  Jasa desain eksterior rumah minimalis

Rumah mewah minimalis 2 lantai tampak depan

Berikut contoh tampak depan dari sebuah rumah mewah minimalis 2 lantai.

H & I House karya G+G Architect Studio, via arsitag.com

H & I House karya G+G Architect Studio, via arsitag.com

Spouse House karya Parametr Architecture, via arsitag.com

Spouse House karya Parametr Architecture, via arsitag.com

Seperti itulah kurang lebih mengenai rumah mewah kekinian dengan gaya modern minimalis. Jadi, Anda tertarik pada desain yang mana?

Baca juga:

Mengenal Lebih Dalam Desain Rumah Arsitektur Minimalis Modern

Desain Modern Gaya Arsitektur Interior Mid-Century Modern

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."