Rumah Mewah (lebih dari 300m2)

Rumah Mewah (lebih dari 300m2) | Foto artikel Arsitag

Mempunyai rumah mewah tentu saja menjadi impian sebagian besar keluarga di Indonesia. Rumah mewah seringkali dijadikan tolok ukur bagi kesejahteraan seseorang. Namun, rumah yang dapat dikatakan mewah ternyata juga tergantung pada beberapa faktor penunjangnya.

Rumah tinggal Permata Hijau karya Monoarch, via arsitag.comRumah tinggal Permata Hijau karya Monoarch, via arsitag.com

Jika kita lihat dari definisinya, rumah adalah tempat tinggal yang biasa digunakan untuk berdiam serta beristirahat setelah seharian kita telah beraktivitas. Sedangkan, yang dimaksud dengan mewah adalah sebuah pemandangan yang erat kaitannya dengan segala sesuatu yang gemerlap, mahal, dan elemen penghias lainnya.

Rumah tinggal Permata Hijau karya Monoarch, via arsitag.comRumah tinggal Permata Hijau karya Monoarch, via arsitag.com

Rumah mewah adalah sebuah rumah yang dibuat dengan spesifikasi bangunan terbaik, berada di lingkungan yang strategis, diisi dengan perabotan yang mewah, serta memiliki nilai jual yang tinggi. Dari segi luasan, dapat dikatakan pula jika tipe rumah di atas tipe 300 m2 dapat dikategorikan sebagai rumah mewah karena semakin luas, tentu semakin mahal biaya pembangunannya.

Dari sini, dapat kita lihat jika memang sebuah rumah dapat dikatakan sebagai rumah mewah apabila memiliki kualitas yang di atas rata-rata.Rumah opal karya Parama Dharma, via arsitag.comRumah opal karya Parama Dharma, via arsitag.com

Jadi, bagi mereka yang mendambakan sebuah rumah mewah, faktor-faktor tersebut dapat dijadikan acuan. Secara visual, contoh desain rumah mewah biasanya memiliki pintu dan jendela yang besar, menggunakan bahan bangunan terbaik, hingga luas bangunan yang besar. Secara sederhana, jika kita melihat dengan kasat mata, rumah mewah pasti akan terlihat lebih elegan, lebih besar, dan juga lebih menarik.

Namun, seiring dengan popularitas desain rumah minimalis, konsep rumah simpel tanpa banyak ornamen pun semakin diminati. Tantangan dalam mendesain rumah mewah minimalis terutama terletak pada detail bentuk bangunan, fokus kepada fungsionalitas ruangan, dan sangat teliti dalam pemilihan warna agar menampilkan kecantikan yang sederhana nan elegan.    

Rumah UB karya Parama Dharma, via arsitag.comRumah UB karya Parama Dharma, via arsitag.com

Standar seseorang untuk menjadikan sebuah harga rumah apakah termasuk harga rumah murah atau rumah mewah memang sangat relatif. Namun, dilihat dari perkembangan saat ini di lapangan, biasanya orang melihat bahwa yang dinamakan dengan rumah mewah memiliki harga di atas 1 milyar rupiah. Data tersebut dapat kita bandingkan dengan harga rata-rata rumah murah di Indonesia pada tahun 2016.  

Rumah tipe 300, via desainrumah3.blogspot.co.idRumah tipe 300, via desainrumah3.blogspot.co.id

Penjelasan rumah tipe 300 atau >300

Rumah tipe 300 atau di atas tipe 300 biasanya mempunyai 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, 1 atau lebih kamar tidur pembantu atau sopir, dapur, ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga, 3 kamar mandi, garasi, dan halaman yang cukup luas. Rumah tipe mewah ini juga biasanya terdiri dari 2 lantai atau lebih. Oleh Karena itu, tipe rumah mewah ini cukup untuk menampung jumlah keluarga yang cukup banyak. Dalam kondisi ini, ada keuntungan apabila Anda menerapkan konsep rumah minimalis yang praktis. Anda dapat memiliki banyak ruangan dengan banyak fungsi yang lengkap tanpa kesan sumpek. Lantaran, konsep rumah minimalis biasanya menerapkan desain ruangan open plan yang lapang tanpa banyak sekat.  

Rumah dengan tipe 300 artinya berdiri di atas lahan dengan total luas bangunan 300 m2. Luas bangunan gambar rumah biasanya dipadukan dengan luas ukuran tanah sebesar 450 m2 sehingga sering dinamakan pula dengan rumah tipe 300/450.

Rumah tinggal di Hang Tuah karya Han Awal & Partners, via arsitag.comRumah tinggal di Hang Tuah karya Han Awal & Partners, via arsitag.com

Memiliki rumah mewah juga bukan berarti kita berhenti dengan memilikinya saja. Tentu setiap pemilik rumah harus melakukan perawatan yang maksimal agar kemewahannya dapat bertahan lama. Desain yang baik juga dapat menambah kenyamanan serta memaksimalkan ruang yang luas dengan baik dan efisien. Konsultasikan desain dan arsitektur rumah Anda di Arsitag.com. Jelajahi Arsitag.com dan temukan jasa desain rumah yang paling mendekati kebutuhan Anda.  

Baca juga:  Ciri-ciri rumah minimalis modern

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.