Desain Arsitektur Rumah Industrial Minimalis yang Simpel dan Elegan

Desain Arsitektur Rumah Industrial Minimalis yang Simpel dan Elegan | Foto artikel Arsitag
Desain rumah industrial minimalis karya Dony Hendro Wibowo, via arsitag.com
 

Rumah bukanlah sekadar menjadi tempat berlindung. Di dalamnya, Anda akan menghabiskan waktu seumur hidup. Membangun dan menjaga keluarga. Oleh karena itu, mendesain rumah tentu tidak dapat asal-asalan. Perlu sebuah konsep dan gaya yang benar-benar mewakili Anda dan keluarga supaya betah bertahan di dalamnya.

Mutiara House adalah konsep rumah yang hadir dari perpaduan keinginan sang pemilk dengan kreativitas perancangnya. Rumah yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah ini menghadirkan desain industrial minimalis yang tak hanya nyaman ditinggali, tetapi juga sedap dipandang mata.

Desain Beton Ekspos yang Mendominasi

Desain fasad rumah industrial minimalis karya Dony Hendro Wibowo, via arsitag.com
 

Ciri khas dari gaya arsitektur industrial adalah penggunaan warna-warna asli dari material bangunannya. Di Mutiara House, Anda akan menemukannya berupa dinding beton dan bata ekspos hampir di seluruh bangunan. Mulai dari luar hingga ke dalam.

Senada dengan dinding beton ekspos, Anda akan disambut oleh pagar putih dan paving blok abu-abu. Satu-satunya yang menjadi pembeda sekaligus penarik perhatian dari area depan rumah industrial ini adalah pintu kayunya yang juga hadir dengan warna aslinya. Pintu kayu inilah yang akan menyambut Anda menikmati dan melihat keindahan arsitektur di dalamnya.

Eksterior yang Mewakili Interior

Desain tangga rumah industrial minimalis karya Dony Hendro Wibowo, via arsitag.com
 

Bagian luar hanyalah sebuah petunjuk kecil tentang desain di dalam rumah industrial minimalis. Begitu masuk, Anda akan disambut oleh arsitektur minimalis yang senada. Pilihan warna-warnanya pun cenderung sama. Ada elemen putih, beton ekspos, kayu, dan abu-abu. Ketiganya tersebar di seluruh ruangan dengan proporsinya masing-masing.

Ruang keluarga ini misalnya, hadir dengan konsep minimalis yang simpel, tetapi tetap mewakili kesan elegan dari bangunan. Lantai marmer putih berpadu apik dengan dinding berwarna sama dan sofa abu-abu bercorak cantik. Meja kayu hadir tanpa kaki-kaki biasa, melainkan roda yang akan membuat penghuninya mudah membawanya ke mana saja. Sementara itu, jendela besar di salah satu sisi dinding memungkinkan sinar matahari masuk dengan maksimal. Memungkinkan seluruh penghuni menikmati keindahan interiornya setiap waktu.

Baca juga: Desain Apartemen Loft Industrial Minimalis, Super Simpel dan Chicvia Hipwee.com
 

Konsep Semi Loft

Desain interior rumah industrial minimalis karya Dony Hendro Wibowo, via arsitag.com
 

Keseluruhan luas rumah ini adalah 145 meter persegi. Untuk memiliki ruang yang banyak, sang desainer menatanya dengan baik. Salah satunya adalah dengan menerapkan desain semi loft. Selain memberikan kesempatan agar ruang keluarga tetap mendapatkan langit-langit yang tinggi, desain semi loft ini membuat tampilan rumah semakin menarik.

Anak-anak tangga dari bahan kayu menggunakan pegangan besi berwarna putih, akan mengantarkan Anda menuju lantai dua. Ruangan di lantai dua sengaja dibiarkan dengan jendela besar dan lorong terbuka dengan railing expanded metal. Hal ini memungkinkan penghuni melihat area bawah dari atas dan sebaliknya.

Jendela dan Pintu Kaca yang Memberikan Kesan Airy

Desain jendela rumah industrial minimalis karya Dony Hendro Wibowo, via arsitag.com
 

Keunikan lain yang dimiliki oleh Mutiara House adalah bagaimana jendela-jendela dan pintu-pintu kaca yang menyebar di seluruh bangunan. Tidak hanya menjadi sumber cahaya alami bagi area dalam rumah, tetapi juga memberikan kesan airy dan luas pada rumah ini. Keberadaan beberapa jendela juga menjadi pengisi ruang kosong yang menarik pada area luar di antara dinding-dindingnya. Menampilkan ide fasad rumah yang menarik untuk dicoba.

Baca juga: Red Box House: Rumah Minimalis Modern Super Keren di India
 

Desain rumah industrial minimalis karya Dony Hendro Wibowo, via arsitag.com
 

Secara keseluruhan, Mutiara House merupakan perpaduan yang sempurna antara desain dan fungsi. Ditambah pemandangan ciamik di sekitar, rumah ini adalah hunian idaman bagi mereka yang menginginkan desain apik sekaligus suasana nyaman. Tertarik untuk menerapkan model serupa ke dalam hunian Anda?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."