Desain Interior Apartemen Model Soho Kekinian yang Super Seru

Desain Interior Apartemen Model Soho Kekinian yang Super Seru | Foto artikel Arsitag

Desain interior apartemen Soho, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag


 

Keterbatasan lahan membuat apartemen kian digemari di kota-kota besar. Salah satu tipe apartemen yang sedang naik daun adalah apartemen model Soho.

Apartemen Soho menawarkan kemudahan bagi penghuninya yang ingin memiliki tempat tinggal sekaligus tempat bekerja dalam satu tempat. Bahkan, apartemen Soho terbukti lebih efisien untuk meminimalkan pengeluaran, lho.

Yuk, simak penjelasan tentang apartemen Soho dan contoh desain interiornya yang kekinian berikut ini.

Apa itu Apartemen Soho?
Mengenal apartemen Soho, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag

Mengenal apartemen Soho, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag
 

Soho atau Small Office Home Office adalah apartemen yang di dalamnya dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas kantor. Pemilik apartemen Soho memiliki izin legal untuk menggunakan apartemen mereka sebagai unit hunian ataupun sebagai unit kantor.

Soho dapat dikatakan sebagai tempat yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai tempat tinggal dan kantor yang dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan di dalam rumah. Dengan tinggal di apartemen Soho, diharapkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja dapat lebih ditingkatkan, terutama dari segi waktu.

Apartemen Soho lebih banyak digunakan oleh orang yang berbisnis di bidang jasa seperti penulis, freelancer, fotografer, desainer, konsultan, pengacara, programmer, dan sebagainya. Para pekerja ini lebih banyak bekerja sendiri atau dengan pegawai yang sedikit sehingga apartemen Soho menjadi solusi yang paling efisien.

Desain Interior Apartemen Soho

Bagi Anda yang ingin tinggal di apartemen Soho, lihat yuk salah satu inspirasi desain interior apartemen model Soho dengan gaya ChicScandi berikut ini.

1. Lantai mezzanine sebagai area privasi

Apartemen Soho biasanya didesain dengan lantai mezzanine. Mezzanine umumnya digunakan sebagai area privasi untuk kamar tidur.  Ruang tidur di apartemen Soho harus didesain senyaman mungkin, sebab tinggal di hunian yang dapat berfungsi sebagai unit kerja kerap membuat penghuni lebih banyak bekerja dibandingkan istirahat.

Kamar tidur di lantai mezanin yang super nyaman, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag

Kamar tidur di lantai mezanin yang super nyaman, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag
 

Desain apartemen yang satu ini juga mendukung kenyamanan istirahat penghuni dengan sangat baik. Pemilihan warna-warna lembut dan natural pun dipilih agar ruang tidur terkesan lebih luas, kalem, dan nyaman untuk beristirahat. Untuk menambah privasi, area mezzanine dipasangkan jendela kaca transparan.
 

Baca juga: Renovasi Interior Apartemen dengan Sentuhan Vintage Kontemporer
 

2. Furnitur fungsional
Furnitur fungsional, apartemen cantik karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag

Furnitur fungsional, apartemen cantik karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag
 

Apartemen Soho sebetulnya adalah apartemen studio dengan luas yang terbatas. Untuk itu, penggunaan furnitur harus dipikirkan dengan matang agar setiap ruang yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan baik. Seperti tempat tidur lipat yang satu ini. Saat sedang tidak digunakan, area kamar tidur dapat pula dimanfaatkan sebagai ruang kerja pribadi yang minimalis, namun fungsional.

3. Ruang kerja di bawah tangga
Ruang kerja dengan meja panjang di bawah tangga, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag

Ruang kerja dengan meja panjang di bawah tangga, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag
 

Ruang kerja komunal yang didesain open space merupakan desain ideal untuk unit apartemen Soho. Apartemen ini menata ruang kerja panjang di area bawah tangga. Meja panjang ditata untuk muat menampung tiga komputer. Untuk tempat penyimpanan, floating shelves terbuka dipasang di bagian atas meja kerja. Di area yang sama, meja makan mungil ditambahkan dengan rak minimalis dari kayu.

4. Ruang keluarga nyaman
Ruang keluarga nyaman dengan sekat rak terbuka, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag

Ruang keluarga nyaman dengan sekat rak terbuka, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag
 

Untuk memisahkan area kerja dengan ruang keluarga yang digunakan untuk bersantai dan beristirahat, lemari terbuka digunakan sebagai penyekat ruangan. Ruang keluarga didesain dengan nyaman menggunakan sofa minimalis. Sofa nyaman digunakan untuk bersantai dan peregangan setelah penat bekerja. Desain sofa yang dipilih pun bermodel klasik, sehingga mudah dipadukan dengan desain lainnya yang ada di apartemen.
 

Baca juga: Desain Interior Apartemen Studio Mungil yang Tampil Mewah
 

5. Ruang santai dengan jaring-jaring dan hiasan dinding estetik
Jaring-jaring tempat istirahat yang estetik, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag

Jaring-jaring tempat istirahat yang estetik, karya Metaphor Interior Architecture, via Arsitag
 

Sebagai tempat kerja dan rumah untuk beristirahat, apartemen Soho harus didesain dengan tempat bersantai dan beristirahat. Nah, untuk menambah kesan playful di dalam apartemen, tempat beristrahat dengan jaring-jaring yang menggantung ditambahkan. Lengkap dengan hiasan dinding yang estetik, pojok santai ini pun terlihat semakin artistik.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.