Desain Apartemen Minimalis Kekinian yang Super Elegan dan Cantik

Desain Apartemen Minimalis Kekinian yang Super Elegan dan Cantik | Foto artikel Arsitag
Apartemen minimalis kekinian, super elegan dan cantik GW Residence, karya: Sontani Partners (Sumber: Arsitag.com)
 

Apartemen minimalis yang hanya memiliki satu kamar tidur ini berlokasi di Jakarta Barat. Bergaya minimalis Skandinavian, Sontani Partners mencoba menghadirkan hunian lengkap yang nyaman. Tata letak dan desain interiornya sangat efisien. Ruang keluarga dan ruang makan dibuat menyatu. Namun tetap dapat berfungsi optimal dan cukup menampung beberapa tamu yang datang berkunjung. Kursi-kursi panjang dibuat menempel dengan dinding sehingga sangat hemat tempat. Kursi-kursi panjang ini bisa berfungsi sebagai kursi makan dan juga kursi tamu lho. Penasaran dengan sudut-sudut lainnya? Yuk, kita telusuri bagian ruangan lainnya!

Kamar Tidur yang Luas dan Super Nyaman
Kamar tidur yang luas dan super nyaman (Sumber: Arsitag.com)

Kamar tidur yang luas dan super nyaman (Sumber: Arsitag.com)
 

Kamar tidur sengaja dibuat menjadi area yang paling luas di dalam apartemen. Sehingga penghuninya bisa nyaman melepas lelah setelah kesibukan seharian dengan berbagai aktivitas. Lemari-lemari penyimpanan berukuran besar dirancang memenuhi salah satu sisi dinding kamar. Lemari ini lebih dari cukup untuk menyimpan barang-barang milik penghuni apartemen. Dengan desain tinggi hingga ke langit-langit kamar, lemari penyimpanan terlihat seperti dinding biasa. Inilah ilusi visual yang membuat kamar tidur semakin berkesan luas.

Headboard Multifungsi
Headboard yang berfungsi sebagai penyekat (Sumber: Arsitag.com)

Headboard yang berfungsi sebagai penyekat (Sumber: Arsitag.com)
 

Tidak seperti headboard atau sandaran kasur pada umumnya, headboard yang berukuran cukup panjang ini juga berfungsi sebagai penyekat. Headboard dirancang tidak terlalu tinggi agar tampilannya seimbang dengan ukuran ranjang. Tentu saja supaya ruangan kamar tidur tetap berkesan luas dan lapang. Meski berfungsi sebagai penyekat, headboard tetap dibuat menyatu dengan ranjang. Headboard simpel minimalis berwarna putih ini pun dibuat berlapis dua.

Baca Juga: Kamar Tidur Minimalis, Seni yang Mengutamakan Kualitas Tidurvia Kumparan
 

Meja Kerja di Kamar Tidur
Meja kerja mungil di kamar tidur (Sumber: Arsitag.com)

Meja kerja mungil di kamar tidur (Sumber: Arsitag.com)
 

Ruang tidur yang luas didesain berfungsi ganda. Tepat dibalik headboard dua lapis tadi terdapat sebuah meja kerja mungil yang melengkapi kamar tidur. Meja mungil dibuat menempel pada lapisan kedua headboard dengan posisi permukaan meja lebih rendah dari headboard. Tujuannya, agar kekacauan di meja kerja tidak terlihat dari tempat tidur. Penghuni kamar pun tetap bisa rileks beristirahat tanpa terganggu pemandangan di meja kerja. Ruang kerja yang terintegrasi dengan kamar tidur ini menjadi solusi keterbatasan ruangan di apartemen. Sangat efisien ‘kan?

Televisi, Hiburan di Kamar Tidur
Televisi di kamar tidur (Sumber: Arsitag.com)

Televisi di kamar tidur (Sumber: Arsitag.com)
 

Televisi sebagai sebuah hiburan tidak ditempatkan di ruang keluarga, melainkan di kamar tidur. Televisi dipasang tepat di dinding yang menghadap langsung ke tempat tidur. Jadi, penghuni apartemen bisa menikmati tontonan di dalam kamar sembari beristirahat. Mengapa tidak diletakkan di ruang keluarga? Sontani Partners sepertinya ingin agar ruang keluarga digunakan khusus sebagai tempat untuk bercengkrama. Anggota keluarga dan tamu yang datang bisa mengobrol dengan akrab tanpa terganggu kehadiran televisi.

Ilusi Ruang yang Lebih Luas di Apartemen Minimalis
Lorong sempit berdinding kaca (Sumber: Arsitag.com)

Lorong sempit berdinding kaca (Sumber: Arsitag.com)
 

Satu sisi dinding pada lorong menuju kamar utama dan kamar mandi sengaja dipasangi cermin. Tak hanya menambah nilai estetika ruangan, cermin mampu menghadirkan kesan luas dan lapang. Pemasangan cermin untuk menciptakan ilusi ruang yang luas memang tak boleh berlebihan. Cukup di salah satu sisi dinding saja. Seperti di apartemen minimalis ini, dinding cermin dipasang di seberang jendela sehingga cahaya dari luar terpantul ke dalam. Jelas menciptakan kesan luas dan lega.

Dapur Mungil yang Lengkap dengan Konsep Terbuka
Dapur kecil yang lengkap (Sumber: Arsitag.com)

Dapur kecil yang lengkap (Sumber: Arsitag.com)
 

Dapur yang mengusung konsep terbuka berada di depan meja makan. Berbeda dengan dapur-dapur konvensional, seluruh bagian dapur dan aktivitasnya bisa terlihat dari meja makan yang berada di samping ruang keluarga. Meskipun terbilang mungil, dapur ini dilengkapi lemari-lemari penyimpanan di bagian atas dan bawah yang cukup untuk menyimpan peralatan dapur. Kitchen sink kecil dan kompor flat membuat dapur ini berkesan praktis. Sementara lemari pendingin ditanam di dinding agar tampak rapi.

Kamar Mandi Modern di Apartemen Minimalis
Kamar mandi mungil yang modern (Sumber: Arsitag.com)

Kamar mandi mungil yang modern (Sumber: Arsitag.com)
 

Ruang kamar mandi yang sempit tak menjadi halangan untuk merancang sebuah kamar mandi modern. Di apartemen minimalis ini, area basah diberi penyekat untuk memisahkannya dari area kering. Penggunaan kaca shower agar kamar mandi yang kecil tak berkesan sumpek. Penyekat kaca ini pula yang membuat kamar mandi tampak modern. Selain tentunya didominasi warna putih dan didukung pencahayaan yang terang.

Apartemen minimalis kekinian yang dirancang Sontani Partners ini menawarkan kenyamanan dan sekaligus keindahan. Ukuran apartemen yang mungil tak menjadi hambatan untuk mendesain hunian yang super elegan. Penempatan furnitur, penggunaan material, pemilihan warna, dan tata letak ruangan menjadi kuncinya. Tertarik memiliki hunian seperti ini?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.