Mengenal Desain Supermarket

Cover: The Barn Supermarket, Shanghai, Cina (Sumber: pinterest.com)

Supermarket atau pasar swalayan merupakan sebuah toko yang menjual segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, minuman, pakaian, hingga barang elektronik. Kata yang secara harfiah diambil dari bahasa Inggris ini artinya adalah pasar yang besar.

Supermarket adalah sebuah toko pelayanan mandiri yang menawarkan berbagai macam makanan dan barang dagangan keperluan rumah tangga yang terorganisir ke dalam beberapa departemen. Supermarket lebih besar dalam ukuran dan lebih luas dibandingkan dengan toko bahan makanan tradisional atau minimarket. Namun, lebih kecil dibandingkan superstore atau hypermarket.

Courts Megastore karya PT Iwa Design Indonesia (Sumber: arsitag.com)

Secara umum, barang yang dijual meliputi daging segar, sayuran segar, buah segar, susu segar, dan barang-barang kebutuhan rumah tangga. Di area penjualan juga disediakan rak untuk barang-barang kemasan kaleng dan untuk berbagai produk non-food, seperti bahan pembersihan rumah tangga, elektronik, obat-obatan ringan, dan makanan binatang peliharaan.

W-Mart Supermarket and Boarding House karya Hendra Budi Architect (Sumber: arsitag.com)

Supermarket biasanya terletak di sebuah mall atau berada di dekat dengan suatu wilayah hunian sehingga menyenangkan dan memberi kemudahan kepada konsumen. Selain itu, terdapat beberapa keunggulan lain seperti harganya murah, ketersediaan dan pilihan produk unggulan, halaman parkir yang luas, tempat yang bersih dan nyaman, serta jam operasional yang panjang.

Courts Megastore karya PT Iwa Design Indonesia (Sumber: arsitag.com)

Tips Desain Supermarket

Desain interior supermarket antara satu dan lainnya mungkin terlihat sama, tetapi dari rak dan cara penataannya agak sedikit berbeda dari yang lainnya. Apa saja tips desain supermarket yang baik? Berikut adalah penjelasannya.

Pilihlah lokasiyang strategis

Lokasi yang strategis untuk membuka supermarket biasanya di dekat perumahan atau di mall yang memiliki jumlah pengunjung yang signifikan.

Ukuran supermarket

Ukuran cukup penting untuk dipertimbangkan mengingat pengunjung biasanya ingin mencari berbagai jenis barang yang berbeda-beda sehingga mencari supermarket yang menyediakan barang dagangan yang lengkap. Untuk menyediakan kelengkapan tersebut tentu dibutuhkan ukuran yang cukup besar. Permendag (Peraturan Menteri Perdagangan) tahun 2013 menyebutkan ukuran supermarket tidak boleh lebih dari 400 m2. Oleh karena itu, apabila perlu ukuran yang lebih besar, bisa sekalian membuka hypermarket.

Waitrose King Cross Supermarket (Sumber: linkedin.com)

Persiapkan peralatan pendukung

Siapkan alat-alat yang diperlukan untuk supermarket, seperti security alarm, AC, boks rokok, lemari es krim dan lemari es, meja kasir, rak toko, kamera CCTV, scanner barcode, laci kasir, komputer, dan tentunya pegawai yang kompeten.

Lahan parkir yang luas.

Pada umumnya, orang yang ke supermarket biasanya menggunakan kendaraan pribadi untuk belanja keperluan sehari-hari dalam jumlah besar.

Interior supermarket (Sumber: www.foodmanufacture.co.uk)

Pengukuran Ruangan

Untuk mendapatkan rak yang baik dan sesuai, panjang dan lebar ruangan perlu diukur terlebih dahulu. Dengan begitu, memilih rak yang tepat akan menjadi lebih mudah dan usaha supermarket Anda akan berjalan dengan baik jika interior sudah benar-benar terencana.

Pemilihan Warna

Sebelum memilih warna rak, Anda harus sudah menentukan lebih dulu warna cat dinding. Untuk mendapatkan hasil interior yang menarik dan sempurna, warna rak perlu diseimbangkan atau disesuaikan dengan cat dinding ruangan maupun brand perusahaan atau corporate color.  

Rak di supermarket (Sumber: www.cgriver.com)

Penyesuaian tinggi rak

Desain ruangan supermarket juga bisa dibuat lebih matang dengan memilih rak yang tingginya sesuai dengan tinggi ruangan toko. Rak tinggi juga bisa dipilih dan digunakan di ruangan yang memang tinggi sehingga tercipta sebuah keseimbangan, begitu juga dengan sebaliknya. Namun, tentu perlu dipertimbangkan aksesibilitasnya ya, yaitu kemudahan pengunjung dalam mengambil barang-barang yang ingin dibeli.

Pengaturan rak

Dalam hal kerapihan, segala sesuatu juga harus dipikirkan dan ada baiknya rak dobel diusahakan lebih rendah dari rak yang single.

Sumber:

http://www.iswarin.com

http://ahlidesaininterior.com

Baca juga:

5 Desain Rumah Toko Modern Untuk Memulai Bisnis Anda

Mengenal Konsep SOHO

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.