Mengenal Konsep SOHO

Mengenal Konsep SOHO | Foto artikel Arsitag

SOHO merupakan singkatan dari Small Office Home Office. Soho merupakan suatu hunian seperti apartemen atau rumah yang di dalamnya dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas kantor. Para pemilik hunian tersebut mempunyai izin legal untuk menggunakan rumah ataupun apartemennya sebagai unit hunian maupun sebagai unit kantor.

Secara singkat, Soho adalah sebuah tempat yang berfungsi ganda yaitu sebagai tempat tinggal dan kantor yang berguna untuk melakukan berbagai pekerjaan di dalam rumah. Jenis profesi yang banyak menggunakan Soho adalah arsitek, penulis, desainer, koki, fotografer, dan lain sebagainya.

Mengenal Konsep SOHOUluwatu36 Soho karya Ivan Priatman Architect (Sumber: arsitag.com)

Seiring dengan perkembangan teknologi serta meninjau dari sisi efektivitas dan efisiensi, maka banyak orang sudah mulai beralih pada konsep SOHO ini. SOHO menawarkan konsep bekerja dari rumah di mana kantor sebagai tempat bekerja menyatu dengan rumah sebagai tempat tinggal. Dengan konsep ini, diharapkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja dapat lebih ditingkatkan, terutama dari segi waktu.

Mengenal Konsep SOHOUluwatu36 karya Ivan Priatman Architect (Sumber: arsitag.com)

Di ibukota, pertumbuhan dari konsep SOHO ini dinilai sangatlah praktis. Bertambahnya jumlah profesional dan entrepreneur muda menjadi pemicu utama akan kehadiran SOHO.

Harga jual dari SOHO juga relatif terjangkau dibandingkan dengan harus menyewa unit kantor. Menariknya, prospek dari pasar kantor sekaligus tempat tinggal ini menjadikan sejumlah pengembang berminat untuk memasarkannya.

Mengenal Konsep SOHOApartment for Soho karya Rinto Katili (Sumber : arsitag.com)

Konsep SOHO cenderung diaplikasikan oleh orang yang berbisnis dalam bidang jasa, seperti penulis, konsultan, pengacara, desainer, programmer, dan lain sebagainya. Mereka cenderung bekerja sendiri atau dengan jumlah pegawai yang sedikit atau kurang dari 10 orang.

Walaupun dari segi ukuran kantornya kecil dengan jumlah pegawai yang sedikit, kantor ini harus tetap ditata dengan profesional supaya klien merasa yakin menggunakan jasa yang ditawarkan.

Kompleks SOHO juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti tempat bermain anak, swimming pool, pusat kebugaran, jogging track, pool lounge, convenience store, café, akses lift, dan lain sebagainya.Soho Podomoro City (Sumber: www.sohopodomorocity.com)

Kompleks SOHO juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti tempat bermain anak, swimming pool, pusat kebugaran, jogging track, pool lounge, convenience store, café, akses lift, dan lain sebagainya.

Dari segi keamanan juga kompleks SOHO dilengkapi dengan sistem keamanan super ketat. Seluruh area fasilitas umum pasti dilengkapi dengan CCTV. Sarana lain seperti tempat parkir juga tersedia dengan baik sehingga dapat mencukupi kebutuhan para penghuninya.

Untuk ukuran dari sebuah unit SOHO dapat bervariasi, mulai dari tipe studio dengan luas 30 m2, tipe suite dengan luas 42 m2, atau tipe lainnya dengan luas 60 m2, 76 m2, dan 122 m2. Luas dari setiap unit SOHO ini dapat berbeda-beda tergantung pada pengembang.Soho Podomoro City (Sumber: www.sohopodomorocity.com)

Untuk ukuran dari sebuah unit SOHO dapat bervariasi, mulai dari tipe studio dengan luas 30 m2, tipe suite dengan luas 42 m2, atau tipe lainnya dengan luas 60 m2, 76 m2, dan 122 m2. Luas dari setiap unit SOHO ini dapat berbeda-beda tergantung pada pengembang.

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin membeli SOHOSoho Podomoro City (Sumber: www.sohopodomorocity.com)

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin membeli SOHO

Jika Anda ingin memilih SOHO sebagai tempat tinggal, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah SOHO bukanlah murni hunian. Oleh karena itu, developer yang mengembangkan SOHO sudah seharusnya menerapkan standar layaknya perkantoran yang dilengkapi dengan sistem internet, wi-fi, jaringan komunikasi, bahkan mungkin fasilitas ruang pertemuan untuk meeting.

Perhatikan pula kapasitas lift dan parkir, karena SOHO membutuhkan area parkir yang luas seperti di gedung perkantoran.

Contoh SOHO : SOHO @ Podomoro CityInterior SOHO Podomoro City (Sumber: www.skyscrapercity.com)

Contoh SOHO : SOHO @ Podomoro City

SOHO @ Podomoro City terdiri dari 40 lantai yang akan berdiri di atas NEO SOHO (penambahan Central Park Mall) di wilayah Jakarta Barat. Pada setiap unitnya terdapat 2 lantai dengan ketinggian tiap lantainya 5,8 meter. Terdapat pula balkon pada setiap unitnya dan juga fasilitas lain seperti gym, jogging track dan kolam renang. SOHO @ Podomoro City ini menawarkan kenyamanan tinggal di apartemen sekaligus bekerja dari rumah.

Sumber:

http://www.definisimenurutparaahli.com

http://properti.liputan6.com/

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.