Cara Desainer Memanfaatkan Pojok Ruangan Rumah dengan Cantik

Cara Desainer Memanfaatkan Pojok Ruangan Rumah dengan Cantik | Foto artikel Arsitag

Pemanfaatan pojok ruangan sebagai area duduk, ruang keluarga karya Michael Lauw Studio, via arsitag.com

Coba tengok sekeliling rumah Anda? Apakah ada pojok ruangan yang terbengkalai dan tidak terpakai? Tahukah Anda, bahwa pojok ruangan rumah memiliki potensi desain dan pemanfaatan yang sangat luas, lho. Coba simak ide berikut ini yang merupakan cara desainer dalam memanfaatkan pojok ruangan rumah dengan cantik dan fungsional!

Pojok Ruangan sebagai Area Duduk
Sofa empuk di pojok ruangan, karya Cip Living, via arsitag.com

Sofa empuk di pojok ruangan, karya Cip Living, via arsitag.com
 

Pojok ruangan rumah yang satu ini disulap manis menjadi sebuah area untuk duduk dan bersantai. Sang pemilik rumah dapat bersantai sembari membaca buku ataupun kegiatan lain di atas sofa empuk yang berhadapan dengan meja kerja di kantor mungil di rumah ini. Desain sudut rumah seperti ini berhasil menyulap pojok yang semula tidak bermanfaat menjadi tempat alternatif bersantai yang nyaman.

Manfaatkan sebagai Rak Buku atau Rak Pajangan
Rak pajangan cantik untuk mengisi pojok ruangan, karya Wood Me Up Studio, via arsitag.com

Rak pajangan cantik untuk mengisi pojok ruangan, karya Wood Me Up Studio, via arsitag.com
 

Apakah Anda memiliki koleksi benda-benda yang hanya menumpuk di atas meja tanpa ada tempat khusus untuk memajangnya? Bagaimana bila Anda memanfaatkan pojok ruangan rumah yang selama ini tidak pernah dimanfaatkan? Anda dapat memasang floating shelves pada pojok ruangan untuk memberikan kesan ringan. Setelah itu, Anda dapat memajang semua barang koleksi, pernak-pernik, ataupun buku favorit sehingga menjadi dekorasi sudut rumah. Pilih floating shelves dengan warna dan material yang sama dengan furnitur lain dalam ruangan untuk menciptakan sebuah desain yang kohesif dan menjadi satu kesatuan.
 

Baca juga: Butuh Ide untuk Mengisi Pojokan Rumah yang Kosong? Yuk Lihat Inspirasi Desainnya di Sini
 

Menempatkan Perabotan Tinggi pada Pojok Ruangan Rumah
Lemari pojok ruangan yang cantik dan fungsional, karya Acia Interior, via arsitag.com

Lemari pojok ruangan yang cantik dan fungsional, karya Acia Interior, via arsitag.com
 

Manfaatkan pojok ruangan rumah sebagai tempat untuk meletakkan perabotan yang lebih tinggi dari perabotan lain. Anda bisa menempatkan rak ataupun lemari pada pojok ruangan dan menggunakannya sebagai tempat penyimpanan barang. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, perabot ini dapat membantu memberi kesan ruangan yang lebih tinggi karena menarik pandangan mata cenderung melihat ke atas.

Pojok Baca
Pojok baca mungil di sudut kamar tidur, karya PT. Desain Kreasi Cemerlang, via arsitag.com

Pojok baca mungil di sudut kamar tidur, karya PT. Desain Kreasi Cemerlang, via arsitag.com
 

Selalu ada ruang untuk sebuah pojok baca. Pojok ruangan rumah yang mungil dapat menjadi pojok baca yang nyaman untuk sang pemilik rumah. Untuk kenyamanan saat membaca, pergunakan kursi empuk lengkap dengan meja kecil untuk meletakkan semua buku Anda. Jangan lupa untuk memasang lampu baca tepat di atas kursi. Untuk pemilihan warna pada area pojok baca dapat disesuaikan dengan selera. Anda bisa menggunakan warna yang serupa dengan furnitur lainnya sehingga area tersebut dapat berbaur dan menyatu. Bahkan, Anda pun dapat menggunakan warna yang berbeda yang berfungsi sebagai pembatas visual.

Area Banquette
Built-in banquette, karya Emilia Oei, via arsitag.com

Built-in banquette, karya Emilia Oei, via arsitag.com
 

Pojok ruangan rumah berikutnya dimanfaatkan sebagai area banquette yang dibuat khusus untuk area tersebut. Ide sudut ruangan ini dapat diterapkan pada rumah berukuran mungil yang tidak memiliki tempat khusus untuk meletakkan meja makan. Pada ruangan ini, area banquette dibangun di pojok ruangan dengan jendela kaca pada salah satu sisinya. Tepat di belakang area duduk, terdapat lemari buku yang siap menyimpan semua koleksi Anda. Bila perlu, Anda dapat menambahkan beberapa kursi agar dapat menjamu lebih banyak orang.
 

Baca juga: 5 Cara Kreatif Menciptakan Ruang Tanpa Dinding
 

Area Kerja di Sudut Ruangan
Area kerja mungil di ruang keluarga, via pixabay.com

Area kerja mungil di ruang keluarga, via pixabay.com
 

Anda tidak harus memiliki ruangan tersendiri untuk bekerja. Cukup letakkan sebuah meja mungil dan kursi di pojok ruangan rumah, maka Anda sudah memiliki sebuah area kerja pribadi. Tambahkan lampu pojok untuk memberikan penerangan tambahan saat dibutuhkan.

Anda bahkan bisa mendesain pojok ruangan yang lebih privat, lho. Tambahkan sekat untuk menutupi area pojok, seperti rak buku, partisi gantung, ataupun pintu geser minimalis. Mendedikasikan satu ruang khusus untuk Anda pribadi tentunya membantu Anda untuk fokus menyelesaikan urusan Anda. Sudah siap menata ulang pojok ruangan?

Baca Juga: Ide Desain Showroom Minimalis Yang Elegan

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis