10 Tips Membuat Kamar Berukuran Kecil Terlihat Lebih Menarik

Merenovasi kamar berukuran kecil mungkin menyenangkan dan juga menantang. Tips desain dan teknik yang tepat dapat membantu Anda mengubah suasana kamar yang sempit menjadi lebih nyaman. Penggunaan lemari dan furniture yang multifungsi juga dapat menjadi pilihan jika ingin merenovasi kamar berukuran kecil.

1 . Gunakan sedikit varian warna.

Jika menurut Anda menggunakan warna putih untuk keseluruhan kamar sudah terlalu biasa, mungkin Anda dapat menambahkan warna lain kesukaan Anda. Akan tetapi, upayakan tetap dalam porsi yang seimbang dan tidak berlebihan. Batasi pemakaian warna cerah hanya kepada warna merah dan kuning. Kedua warna tersebut sangat cocok dengan tembok batu bata dan perabot kayu. Imbangi dengan warna putih agar ruangan terkesan lebih luas.

Buah Batu Boarding House karya Small Space Interior (Sumber: Arsitag.com)

2. Biarkan cahaya masuk.

Gunakan penutup jendela seminimal mungkin jika Anda memiliki kamar berukuran kecil agar cahaya natural dari luar dapat masuk ke dalam kamar. Cukup tutupi jendela dengan roller blind atau penutup jendela dari renda atau voile.

Sumber: www.decorpad.com

3. Maksimalkan ruang penyimpanan Anda.

Dengan menggunakan lemari berukuran besar yang mencapai langit-langit kamar, Anda dapat memanfaatkan tiap segi dari kamar semaksimal mungkin. Lemari tersebut dapat memiliki multifungsi sebagai rak buku, tempat penyimpanan barang-barang pribadi, tempat untuk menaruh berbagai hiasan, foto, atau dapat berfungsi sebagai meja di samping tempat tidur, dan tempat untuk menggantung lampu  baca.

Sumber: pinterest.com/GravityHome

4. Jangan takut untuk menggunakan jendela kamar.

Anda dapat meletakkan furnitur yang ada di kamar Anda dekat atau bahkan menempel ke jendela. Contohnya jika Anda punya jendela berukuran cukup besar di kamar, Anda dapat meletakkan kasur Anda menempel ke jendela agar kasur Anda tidak berada di tengah ruangan. Gunakan penutup jendela vertikal untuk menghalau sinar matahari. Jendela juga dapat berguna sebagai lampu baca yang natural di pagi hari.

Sumber: Instagram.com/thehiredhome

5. Buat tipuan menggunakan kaca.

Buat ilusi ruangan menggunakan kaca. Trik ini sangat cocok digunakan untuk ruangan berukuran kecil. Penggunaan kaca akan membuat ruangan seakan dua kali lebih luas.

Sumber: pinterest.com/Bloglovin’

6. Gunakan custom furniture.

Buat custom furniture yang sesuai dengan ruangan kamar Anda. Dengan ini Anda dapat memanfaatkan tiap ruang yang ada dengan sempurna.

Sumber: wallpapersafari.com/wallpaper-for-small-room

7. Jadikan wallpaper sebagai pusat perhatian.

Dalam ruangan yang berbentuk memanjang, gunakan wallpaper pada tembok yang terletak di paling ujung ruangan agar tembok tersebut terlihat lebih maju.

Sumber: pinterest.com/Folhade.sPaulo

8. Gunakan lemari atau papan di atas tempat tidur.

Menggunakan lemari di atas tempat tidur adalah salah satu cara yang tepat untuk memaksimalkan ruang yang ada di kamar Anda. Anda dapat membuat lemari custom yang berfungsi sebagai meja di samping tempat tidur dan rak buku.

Sumber: pinterest.com/Bloglovin’

9. Be bold.

Untuk kamar anak atau remaja, Anda dapat menggunakan wallpaper dengan warna dan corak yang bervariasi dan berani. Gunakan wallpaper berbeda di setiap tembok dan lengkapi dengan furnitur yang sederhana.

Sumber: pinterest.com/DesignYouTrust

10. Berikan efek wow dengan warna putih.

Warna putih memang warna yang paling aman digunakan untuk mencerahkan ruangan. Ada banyak cara dalam menggunakan warna putih untuk kamar yang sempit. Gunakan warna-warna putih natural dan dekorasi tembok yang minimalis agar jendela kamar dan pemadangan di luar kamar menjadi perhatian utama.

Konsultasikan kebutuhan anda disini, tanpa biaya dan tidak mengikat.

Help Me Find Pro

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.