Desain Kantor Rumahan Mungil yang Kreatif Memanfaatkan Ruang

Desain Kantor Rumahan Mungil yang Kreatif Memanfaatkan Ruang | Foto artikel Arsitag

Desain kantor rumahan mungil karya TP Architects, via arsitag.com
 

Pandemi COVID-19 mengharuskan sebagian besar aktivitas dilakukan dari rumah, termasuk bekerja. Work from home atau yang lebih dikenal dengan istilah WFH kini telah menjadi kegiatan normal baru di masa pandemi. Bekerja dari rumah memang memberikan sejumlah keringanan, seperti lebih menghemat waktu di jalan serta menghemat pengeluaran.

Namun, bekerja dari rumah dalam waktu yang lama berpotensi menyebabkan burnout atau membuat seseorang merasa stres dan kelelahan. Hal ini bisa dipicu karena kejenuhan dengan lingkungan bekerja yang sama setiap harinya.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain kantor rumahan yang bisa diterapkan untuk meningkatkan semangat bekerja, desain kantor karya TP Architects ini layak menjadi inspirasi. Desain rumah sekaligus kantor ini mengubah ruang tamu menjadi kantor dengan memanfaatkan ruang yang tidak terlalu besar. Walaupun memiliki luas yang mungil, ruang kantor tetap terasa nyaman dan dijamin bikin betah. Seperti apa desainnya? Simak berikut ini.

Dominasi Perabot Kayu
Dominasi warna kayu karya TP Architects, via arsitag.com

Dominasi warna kayu karya TP Architects, via arsitag.com
 

Sudah bukan rahasia, dominasi dari material kayu pada perabotan akan memberikan suasana kerja yang lebih hangat dan dapat meminimalisasi stres. Dominasi material kayu pada desain rumah kantor kecil ini pun membuat ruangan terasa lebih luas karena menggunakan warna yang cerah. Tak hanya itu, meja dan lemari kayu menciptakan nuansa yang natural pada ruangan karena material kayu sendiri telah merepresentasikan suasana alam.

Baca juga: 5 Rumah Mini Keren di Indonesia

Lemari Multifungsi Sebagai Tempat Istirahat
Lemari multifungsi karya TP Architects, via arsitag.com

Lemari multifungsi karya TP Architects, via arsitag.com
 

Lelah bekerja? Bosan duduk di meja kerja selama berjam-jam? Nah, salah satu keuntungan bekerja dari rumah adalah Anda bisa membuat suasana kerja yang paling nyaman sesuai dengan keinginan Anda. Seperti ide yang satu ini. Lemari penyimpanan di ruang kerja memiliki fungsi ganda. Selain untuk menyimpan barang, bagian atas lemari pun disulap menjadi tempat untuk beristirahat sementara. Anda pun bisa bekerja sambil bersandar di bantal-bantal empuk yang ada. Untuk naik ke bagian atas lemari disediakan tangga minimalis berwarna hitam di samping lemari. Keren banget ya, idenya?
 

Baca juga: Bobobox: Desain Hotel Kekinian Bagi Kaum Wisatawan Milenial
 

Ruang Penyimpanan yang Mencukupi
Ruang penyimpanan dalam rumah sekaligus kantor karya TP Architects, via arsitag.com

Ruang penyimpanan dalam rumah sekaligus kantor karya TP Architects, via arsitag.com
 

Ruang kerja yang rapi akan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses berbagai kebutuhan bekerja. Untuk itu, banyaknya ruang penyimpanan sangat dibutuhkan untuk menjaga ruangan tetap rapi. Desain rumah kantor minimalis ini memiliki lemari penyimpanan dengan sekat yang luas untuk menyimpan berbagai keperluan penghuni. Banyaknya sekat dan ruang di dalam lemari penyimpanan mampu memuat cukup banyak barang, walaupun tempatnya sangat minim.

Rak Gantung Terbuka
Rak gantung karya TP Architects via arsitag.com

Rak gantung karya TP Architects via arsitag.com
 

Untuk ruang dengan luas terbatas, sebisa mungkin kurangi menggunakan sekat ruangan atau furnitur yang besar dan tertutup agar ruangan terkesan lebih luas. Seperti ruang kerja ini yang menggunakan desain rak dinding terbuka minimalis yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan tambahan. Tak hanya itu, rak dinding ini pun berfungsi untuk meletakkan berbagai pajangan dan koleksi pribadi yang menambah karakter serta kehangatan ruangan dihiasi tanaman hias.
 

Baca juga: Inspirasi Rak Dinding Serbaguna yang Sekaligus Mempercantik Ruangan
 

Dinding Beton Khas Industrial
Dinding beton kantor karya TP Architects, via arsitag.com

Dinding beton kantor karya TP Architects, via arsitag.com
 

Dinding pada kantor rumahan ini didominasi dengan warna putih cerah yang memberikan kesan luas dan elegan pada ruangan. Namun, pada salah satu dindingnya didesain dengan karakter industrial yang unik yaitu menggunakan dinding betonunfinished. Dinding ini pun menambah karakter sekaligus menjadi elemen dekoratif yang membuat ruangan jauh dari kesan monoton.

Keren banget ya? Tertarik untuk meniru beberapa karakter dari desain kantor rumahan ini pada ruang kerja pribadi Anda di rumah? Ruang penyimpanan yang memadai memegang peran penting dalam menjaga kerapian rumah sekaligus kantor berukuran mungil. Pastikan perlengkapan bekerja selalu tertarta rapi dan terorganisasai karena akan mendukung produktivitas dan kinerja selama WFH.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.