Sekilas tentang Food Court

food court


Food court merupakan sebuah tempat makan yang terdiri dari counter-counter makanan yang menawarkan aneka menu yang bervariasi. Food court aadalah area makan yang terbuka dan bersifat informal. Area ini biasanya terdapat di mall-mall atau pusat perbelanjaan, perkantoran modern, universitas, atau sekolah-sekolah yang modern.

Urban Kitchen karya MA-RU (Sumber: arsitag.com)

Pemilik gedung biasanya mempekerjakan beberapa orang yang bertugas untuk mengelola dan menjalankan food court di gedung miliknya. Untuk mengelolanya, pemilik gedung juga bisa memberikan penawaran kepada sebuah perusahaan pengelolaan properti yang berpengalaman dalam mengelola food court.

Selain mampu untuk menarik perhatian banyak pelanggan, food court juga bisa menjadi salah satu ajang untuk membuka pusat keramaian yang sangat efektif. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuka food court. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lippo Foodcourt karya Inches Design (Sumber: arsitag.com)

Lokasi food court

Lokasi pastinya selalu menjadi pertimbangan pertama saat ingin membuka sentra bisnis. Untuk itu sebelum membuka food court, sebaiknya Anda mempertimbangkan lokasi mana yang tepat. Lokasi yang baik merupakan lokasi yang memiliki mobilitas tinggi dan aksesibilitas yang juga baik.

Anda tidak bisa sembarangan menentukan lokasi. Pilihlah lokasi yang benar-benar strategis. Contohnya adalah di dekat jalan utama, kampus, kos-kosan, atau lokasi keramaian lainnya. Lakukan juga sedikit riset untuk mengetahui pangsa pasar.

Lippo Foodcourt karya Inches Design (Sumber: arsitag.com)

Tempat parkir yang luas

Tempat parkir juga merupakan faktor yang selalu menjadi pertimbangan. Lokasi parkir yang luas tentu saja akan menjadi pilihan utama untuk para pengunjung. Pertimbangkan untuk membuka area parkir yang luas dan nyaman. Parkir yang luas akan memancing lebih banyak pengunjung.

Urban Kitchen karya MA-RU (Sumber: arsitag.com)

Meja dan kursi

Sediakan meja dan kursi yang cukup untuk menampung banyak pengunjung. Model penataan meja bisa Anda sesuaikan dengan kondisi ruangan yang tersedia, baik itu berupa meja panjang atau meja bulat yang disusun sedemikian rupa. Berikan jarak yang cukup antar meja, agar pengunjung tidak kesulitan untuk berjalan sambil membawa makanan di area food court.

Lippo Foodcourt karya Inches Design (Sumber: arsitag.com)

Desain stan-stan makanan merapat ke dinding

Food court tentunya mempunyai beraneka ragam pilihan makanan dengan stan-stan yang menjajakannya. Posisi stan ini sebaiknya diatur agar tiap stan makanan merapat ke dinding, dan biarkan area tengah food court cukup luas untuk meletakkan meja dan untuk pengunjung berlalu-lalang.

Lippo Foodcourt karya Inches Design (Sumber: arsitag.com)

Buat tempat cuci tangan

Sebaiknya lengkapi pula food court dengan tempat cuci tangan untuk memudahkan pengunjung untuk membersihkan tangan mereka setelah dan sebelum makan. Buat tempat pencuci tangan di bagian tengah-tengah food court atau di pojok.

Lippo Foodcourt karya Inches Design (Sumber: arsitag.com)

Ruang untuk petugas kebersihan

Kebersihan dari food court adalah hal yang paling krusial. Tempat yang jorok sudah pasti tidak akan menarik pengunjung untuk menikmati makanan di sana. Kebersihan juga menjadi faktor paling penting untuk kenyamanan pengunjung. Untuk itu, petugas kebersihan memiliki peranan penting dalam menjaga kebersihan food court. Siapkan satu ruang khusus dengan segala peralatan kebersihan yang memadai untuk para petugas kebersihan yang bertugas.

Sumber :

Sumber: http://www.teropongbisnis.com/

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram