8 Cara Baru Mendesain Ruang Kerja di Rumah Minimalis Anda

8 Cara Baru Mendesain Ruang Kerja di Rumah Minimalis Anda | Foto artikel Arsitag
Cover: 11A Residencekarya Sontani Partnerstahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Dinamisasi dan persaingan yang semakin ketat membuat kehidupan kita seringkali tidak bisa terlepas dari kesibukan pekerjaan. Kerapkali kita harus membawa pulang pekerjaan ke rumah atau mungkin kita memang bekerja di rumah dan membutuhkan ruang kerja di rumah. Hal ini menyebabkan kita dihadapkan pada keharusan adanya ruang kerja yang nyaman di rumah. Keberadaan ruang kerja di rumah bukan sekedar ruang tempat kita berkonsentrasi mencurahkan semua hasil kerja otak dan kreativitas, namun kita juga harus bisa tetap menjaga keharmonisan dengan setiap anggota keluarga. Ruang kerja bisa berbentuk privat maupun semi privat. Di ruang kerja, kita bisa bekerja sendiri dengan nyaman, menerima tamu dengan baik, sambil tetap mengawasi anak-anak, serta bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya.

Dengan semua tuntutan yang harus dipenuhi, lalu bagaimana cara mendesain ruang kerja di rumah minimalis Anda? Artikel ini akan memberikan beberapa cara yang dapat membantu Anda mendapatkan berbagai ide untuk ruang kerja yang nyaman bagi Anda, tamu bisnis Anda, dan seluruh anggota keluarga Anda.

1.  Desain Sederhana nan Elegan

PRV A131 di Bandung karya erwin kusuma tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

PRV A131 di Bandung karya erwin kusumatahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

Ruang kerja di PRV A131 ini dilengkapi meja kaca dengan rangka kayu jati. Bahan kayu jati Jawa, yang seringkali didesain dengan bentuk dan ornamen yang rumit untuk menunjukkan sisi glamornya, ternyata tetap mampu tampil elegan dengan kesederhanaannya. Serat-serat kayu yang di-finishing dengan baik mendukung keindahan sisi minimalis dari rangka kayu sederhana.

Warna coklat kayu jati yang alami bersanding apik dengan rak buku minimalis berwarna putih di belakangnya. Perpaduan bentuk geometrik modern menciptakan kesan hangat dan kontras. Ruang kerja ini juga dilengkapi dengan sofa untuk menerima tamu bisnis dan juga anggota keluarga lainnya sebagai ‘tamu istimewa’ yang menemani dan menghibur di tengah kelelahan pekerjaan Anda.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Desain Rumah Arsitektur Minimalis Modern

2. Pemanfaatan Bahan Alami

Rumah Profesi di Taman Tiara, Sidoarjo karya SiswandiArchitect tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Rumah Profesi di Taman Tiara, Sidoarjo karya SiswandiArchitecttahun 2015(Sumber: arsitag.com)

Bahan alami seperti kayu yang didominasi perpaduan garis horizontal dan vertikal akan tampil sangat apik untuk ruang kerja di rumah minimalis Anda. Kesederhanaan yang alami dan kesan hangat dari kayu parket pada lantai, rak, serta lemari, memperkuat kesan minimalis dan memberikan kenyamanan.

3. Dominasi garis

Interior Home Office di Kemayoran karya JR Design tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Interior Home Office di Kemayoran karya JR Designtahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Senada dengan konsep minimalis secara keseluruhan, dominasi garis tampak jelas pada ruang kerja karya JR Design ini. Lantai parket, rak di hadapan meja kerja, kusen jendela, dan rumah lampu mendominasi garis horizontal secara tegas. Garis-garis horizontal ini diseimbangi oleh garis-garis vertikal pada kaki meja dan tiang-tiang rak pajang dan rak buku.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendesain Jendela Rumah Minimalis yang Elegan

4. Warna senada dan harmonis

11A Residence di Jakarta Selatan karya Sontani Partners (Sumber: arsitag.com)

11A Residencedi Jakarta Selatan karya Sontani Partners(Sumber: arsitag.com)

Ruang kerja di 11A Residence tampil elegan dan terlihat sangat nyaman untuk memfokuskan diri sepenuhnya dalam pekerjaan. Ruang kerja ini dilengkapi dengan meja standar dengan desain tipis untuk memperkuat kesan minimalis. Warna ruang didominasi oleh warna putih dengan warna coklat pada kayu meja dan gorden sebagai aksen yang harmonis.

Baca juga: Bagaimana Cara Memadukan Cat Rumah Minimalis yang Serasi dan Harmonis

5. Warna kontras

BBP2TP Office Project karya Ari Endra Kristianto (Sumber: arsitag.com)

BBP2TP Office Project karya Ari Endra Kristianto(Sumber: arsitag.com)

Desain ruang kerja di rumah minimalis tidak melulu harus tampil dengan warna-warna senada. Keberadaan warna kontras akan menjadi aksen yang mencerahkan suasana di ruang kerja Anda, sekaligus sebagai ‘penyegar’ suasana ruang. Ari Endra Kristianto memanfaatkan warna jingga sebagai aksen di ruang kerja yang didominasi warna putih dan coklat muda.

Baca juga: Yuk, Mengenal Tren Warna Cat Rumah Minimalis 2017 yang Sederhana Tapi Elegan

6. Penempatan Furnitur dan Fixture sesuai kebutuhan

Private Residential 3 di India karya Saka Design Lab tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Private Residential 3di India karya Saka Design Labtahun 2016(Sumber: arsitag.com)

Agar nyaman dan memudahkan pergerakan saat mencari peralatan yang dibutuhkan dalam bekerja, tempatkan semuanya dengan rapi. Sesuai konsep minimalis, tidak perlu terlalu banyak furnitur ataupun fixture di ruang kerja. Pilihlah yang benar-benar Anda butuhkan dan tempatkan dengan rapi sesuai urutan dan kebiasaan cara kerja Anda.

Baca juga: 8 Desain Kantor Kekinian yang Membuat Anda Betah Bekerja di Sana

7. Sesuaikan dengan kebutuhan ruang

Home Sweet Office di Bintaro, Jakarta karya HAN AWAL & PARTNERS (Sumber: arsitag.com)

Home Sweet Office di Bintaro, Jakarta karya HAN AWAL & PARTNERS(Sumber: arsitag.com)

Jika dalam ruang kerja tersebut Anda harus bekerja bersama dengan beberapa orang, pikirkan dan tentukan apakah setiap orang memerlukan ruang kerja dan meja kerja tersendiri atau bisa menggunakan sebuah meja besar bersama-sama. Pemakaian meja besar (communal table) untuk kebutuhan bersama selain menghemat ruang, juga akan sangat mendukung ‘team work’ dan menciptakan keakraban antar rekan kerja.

Baca juga: 5 Cara Kreatif Menciptakan Ruang Tanpa Dinding

8. Gabungkan dengan gaya desain idaman

Ampera Six Building karya CHRYSTALLINE artchitect tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

Ampera Six Building karyaCHRYSTALLINE artchitect tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

Desain minimalis bukanlah gaya desain yang egois dan tidak bisa berpadu dengan gaya arsitektur lainnya. Pilihlah gaya desain yang dapat mendukung konsep ruang kerja Anda dan padukan dengan gaya minimalis di rumah Anda.  CHRYSTALLINE artchitect menciptakan ruang kerja dengan gaya industrial minimalis untuk mendukung kinerja team work-nya. Pemanfaatan material industrial dengan ekspos pipa ducting instalasi AC, listrik, dan saluran air pipa kebakaran memperkuat kesan industrial. Sementara itu, dominasi garis horizontal pada dinding serta pemilihan bentuk dan desain meja kerja, menjadi elemen yang sangat indah untuk menciptakan kesan minimalis.

Ingatlah bahwa kenyamanan dalam ruang kerja akan sangat mendukung kinerja Anda. Rancanglah ruang kerja yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan urutan kerja Anda. Pilihlah bahan dan warna yang membuat Anda paling nyaman bekerja. Perhatikan pula besaran ruang agar Anda mudah bergerak di dalamnya. Dan… padukan berbagai gaya dengan gaya minimalis yang membuat Anda mampu mengaplikasikan kreativitas dengan optimal.
 

Artikel ini juga dapat dibaca di www.kompas.com dengan judul : 8 Inspirasi Desain Ruang Kerja di Rumah Minimalis

Baca juga:

Jenis Desain Minimalis

Konstruksi Beton untuk Gaya Industrial yang Keren

Pemanfaatan Elemen Industrial dalam Perancangan Rumah

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.