Sentuhan Warna Emas untuk Rumah Mewah yang Elegan

Sentuhan Warna Emas untuk Rumah Mewah yang Elegan | Foto artikel Arsitag
Desain Interior Warna Emas (Sumber: karenshomecookin.com)

Sejak lama kita selalu mengasosiasikan warna emas dengan sesuatu yang eksklusif dan mewah. Tidak heran jika kombinasi warna emas pada apapun, termasuk rumah, selalu digunakan oleh orang-orang yang ingin menunjukkan seleranya yang tinggi.

Penggunaan cat tembok warna emas mungkin kelihatannya hanya cocok untuk bangunan abad pertengahan, interior klasik, dan yang paling mungkin adalah pada desain ala Maroko dan kolonial. Akan tetapi, sebenarnya, jika Anda berpikir lebih luas, penggunaan warna logam ini bisa memberikan rasa hangat dan kenyamanan pada interior yang tentu saja tetap tepat digunakan untuk rumah modern.

Menentukan paduan warna emas yang cocok untuk rumah tidak mesti melalui dinding atau bagian-bagian besar dari interior. Warna emas bisa berupa karpet, stiker dinding dengan mozaik berwarna emas, dan pencahayaan berwarna keemasan pun bisa memperikan atmosfir yang sama di dalam rumah.

Warna Emas untuk Dinding

Dinding Emas dengan Perpaduan Hitam yang Elegan dan MewahDinding Emas dengan Perpaduan Hitam yang Elegan dan Mewah (Sumber: home-designing.com)
 

Mengecat seluruh dinding dengan warna emas akan mengurangi estetika dan komposisi rumah Anda. Anda masih tetap bisa memanfaatkan kemewahan warna ini dengan memberikan sentuhan emas pada salah satu dinding saja, atau dengan memajang sesuatu berwarna emas di atasnya. Sebagai background, gunakan beige jika Anda ingin yang senada. Kalau ingin mencoba sesuatu yang lebih kontras, Anda bisa mencoba perpaduan emas di hitam seperti desain kamar tidur di atas.

Anda juga bisa menambahkan komponen emas kecil berupa percikan atau glitter pada dinding, atau bisa juga berupa pajangan dinding dan perabotan berwarna emas lain yang tidak begitu mencolok. Tidak terlalu berlebihan, namun tetap terlihat cantik dan mewah seperti contoh di bawah ini.

Sentuhan Kecil Warna Emas pada Interior RumahSentuhan Kecil Warna Emas pada Interior Rumah (Sumber: thespruce.com)
 

Salah satu dekorasi berwarna emas yang juga sering kita temukan adalah chandelier berwarna emas. Lampu hias yang digantung di langit-langit ini banyak digunakan bukan hanya di rumah bergaya klasik, tetapi juga rumah dengan desain modern. Salah satu contoh rumah yang menggunakan chandelier warna emas adalah Pangkalan Jati House.

Pangkalan Jati HousePangkalan Jati House Karya Raw Architecture (Sumber: arsitag.com)
 

Didukung dengan desain klasiknya, keberadaan warna emas di ruang tamu ini membuat tampilannya semakin elegan.

Warna Emas untuk Langit-langit

Selain dinding, langit-langit atau ceiling adalah bagian rumah yang paling cocok dicat dengan warna emas. Selain tidak langsung terlihat begitu masuk rumah, langit-langit warna emas akan mendukung pencahayaan sehingga nuansa rumah terasa hangat.
Langit-langit Warna Emas (Sumber: pinterest.com)
 

Selain dinding, langit-langit atau ceiling adalah bagian rumah yang paling cocok dicat dengan warna emas. Selain tidak langsung terlihat begitu masuk rumah, langit-langit warna emas akan mendukung pencahayaan sehingga nuansa rumah terasa hangat.

Kamar Tidur Nuansa Emas

Ingin merasakan sensasi beristirahat ala puteri kerajaan zaman pertengahan? Mendekorasi kamar tidur dengan warna emas adalah pilihan yang bisa Anda terapkan di rumah. Anda bisa mewarnai dindingnya dengan warna emas  atau memilih ranjang dan gorden senada. Berikut beberapa contoh kamar tidur dengan nuansa emas.

Kamar Tidur Klasik dengan Warna Emas (Sumber: lasallehome.com)
Kamar Tidur Modern dengan Nuansa Emas (Sumber: homedesignlover.com)
 
Kamar Tidur Klasik dengan Warna EmasKamar Tidur Klasik dengan Warna Emas (Sumber: lasallehome.com)
 

Pencahayaan Berwarna Emas

Tidak berniat mengecat rumah dengan warna emas atau tidak punya perabotan berwarna emas? Anda bisa mendapatkan nuansa ini dengan mengatur pencahayaan di rumah Anda. Memilih bola lampu berwarna kuning (warm white) dapat memantulkan efek hangat yang sama dengan dengan warna emas. Beberapa contoh rumah di bawah ini adalah contoh rumah yang memanfaatkan pencahayaan untuk mendapatkan atmosfer berwarna emas.

Urban Classic House Karya Ario Nugroho (Sumber: arsitag.com)
HS House Karya Nelson Liaw (Sumber: arsitag.com)
 
Pilihan manapun yang Anda ambil untuk mendapatkan kesan mewah dan elegan desain interior rumah Anda, desain dengan warna emas tidak akan pernah lekang oleh waktu.
Urban Classic House Karya Ario Nugroho (Sumber: arsitag.com)
 

Pilihan manapun yang Anda ambil untuk mendapatkan kesan mewah dan elegan desain interior rumah Anda, desain dengan warna emas tidak akan pernah lekang oleh waktu.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."