Inspirasi Desain Gorden Minimalis yang Tampil Cantik dalam Kesederhanaannya

Inspirasi Desain Gorden Minimalis yang Tampil Cantik dalam Kesederhanaannya | Foto artikel Arsitag

Desain gorden minimalis, hunian karya HelloEmbryo, via Arsitag.com
 

Bagi Anda yang menginginkan nuansa minimalis di dalam rumah, ada berbagai sentuhan yang bisa Anda berikan. Selain dengan pemilihan warna dan desain, kesederhanaan bisa dihadirkan dengan gorden minimalis. Dekorasi jendela rumah minimalis ini bisa memberikan sentuhan yang berbeda sekaligus mudah diaplikasikan.

Jika Anda sedang bingung menentukan tirai minimalis atau gorden minimalis sederhana seperti apa yang bisa diaplikasikan ke dalam hunian Anda, ada beberapa inspirasi simpel yang bisa Anda tiru.

Simak beberapa contohnya berikut ini!

Tirai Lipatan Gelombang
Desain gorden minimalis, hunian karya Rakta Studio, via Arsitag.com

Desain gorden minimalis, hunian karya Rakta Studio, via Arsitag.com
 

Tirai lipatan gelombang memiliki penampilan sederhana nan elegan, sekaligus juga sangat rapi. Gorden dengan model seperti di atas sangat cocok dipasangkan dengan jendela yang besar. Pemasangan juga biasanya mencapai bagian langit-langit rumah.

Anda bisa memasangkannya dengan batang gorden ripplefold melintang. Jika ditarik ke kanan dan ke kiri, gorden menjulang tinggi akan membingkai jendela dengan apik.
 

Baca juga: Ruang Keluarga Kecil? Bagaimana Cara Mengakalinya Biar Nyaman?
 

Gorden Minimalis Bertekstur yang Tampak Manis
Gorden dengan bahan kain bertekstur yang terlihat manis, foto oleh Dadogi, via Pixabay

Gorden dengan bahan kain bertekstur yang terlihat manis, foto oleh Dadogi, via Pixabay
 

Minimalis memang lekat dengan warna putih. Akan tetapi, jika menggunakan warna putih untuk dua lapis gorden sekaligus, ruangan mungkin akan terlihat monoton. Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan kain dengan tekstur yang berbeda untuk setiap lapisnya.

Contoh desain gorden dengan kain bertekstur ini misalnya, memberikan kesan feminin yang manis. Padukan dengan tali pengikat di kedua sisi agar jendela semakin terbingkai sempurna.

Gorden Lipat untuk Jendela Mungil
Gorden lipat untuk nuansa klasik, foto oleh Jahns Chavez, via Pexels

Gorden lipat untuk nuansa klasik, foto oleh Jahns Chavez, via Pexels
 

Jendela besar memang mempersilakan Anda lebih leluasa memilih ukuran gorden untuk membuatnya terlihat mewah. Sebaliknya, memilih tirai untuk jendela kecil memang lebih tricky. Salah satu desain yang bisa Anda sontek adalah jendela kecil ini. Dengan aksen lipatan-lipatan lembaran gorden dengan cantik, tirai ini tidak sekadar membuat jendela jadi lebih menarik, tetapi juga meningkatkan estetika interior rumah.

Gorden Cantik di Sebelah Meja Makan
Desain gorden minimalis, ruang makan karya HelloEmbryo, via Arsitag.com

Desain gorden minimalis, ruang makan karya HelloEmbryo, via Arsitag.com
 

Jika Anda memiliki jendela yang berada di ruang makan, Anda perlu memperhatikan keindahannya juga. Pasalnya, area ini akan jadi tempat berkumpul bagi seluruh anggota keluarga. Memberikan sentuhan berbeda dengan menggunakan gorden akan membuat area makan jadi semakin menarik.

Cobalah meniru desain di atas sebagai cara unik menghias jendela dengan gorden. Cara ini sekaligus dapat mempercantik ruang makan. Menggunakan dua lapis gorden, gorden utama terlihat serasi dengan nuansa di sekelilingnya. Sementara, bagian vitrase memakai model roman blind untuk menambah kesan manis.
 

Baca juga: Ide Dekorasi Jendela Kamar Minimalis yang Simpel Namun Elegan
 

Gorden Cantik dengan Aneka Warna
Penggunaan gorden dengan warna krem dan kuning, foto oleh Max Vakhtbovych, via Pexels

Penggunaan gorden dengan warna krem dan kuning, foto oleh Max Vakhtbovych, via Pexels
 

Minimalis bukan berarti harus menggunakan warna putih saja. Kalau Anda menyukai warna-warni yang cantik serta corak-corak yang indah, tentunya Anda bisa mengaplikasikannya pada gorden rumah. Simak saja desain ruangan di atas yang tetap terlihat menarik, namun tidak berlebihan.

Dengan jendela yang besar, desainer bisa meletakkan helai-helai gorden dengan warna berbeda untuk memperkaya ruangan. Perpaduan warnanya yang serasi dengan interior membuat estetika rumah semakin meningkat.

Itulah beberapa contoh desain gorden minimalis yang sederhana, tetapi tetap terlihat menarik. Jangan lupa padu padankan jenis gorden yang akan dipasang dengan interior rumah agar nuansa di dalamnya tetap padu.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."