Ruang Keluarga Kecil? Bagaimana Cara Mengakalinya Biar Nyaman?

Ruang Keluarga Kecil? Bagaimana Cara Mengakalinya Biar Nyaman? | Foto artikel Arsitag

Ruang keluarga kecil yang nyaman, foto oleh Yehleen Gaffney via Unsplash.com

Sebuah ruang keluarga acap kali difungsikan pula sebagai ruang untuk menerima tamu. Karena itulah, penataannya sangat penting untuk diperhatikan. Kenyamanan menjadi fokus utamanya. Terlebih lagi,  jika ruang keluarga memiliki ukuran yang kecil, tantangan untuk menatanya pun semakin besar pula. Nah, buat Anda yang sedang menghadapi tantangan seperti ini, ada baiknya Anda menyimak sejumlah cara untuk mengakali ruang keluarga kecil agar tetap terasa nyaman.

Hilangkan Pembatas
Ruang keluarga tanpa sekat pembatas, foto oleh Francesca Tosolini via Unsplash.com

Ruang keluarga tanpa sekat pembatas, foto oleh Francesca Tosolini via Unsplash.com
 

Keterbatasan luas hunian membuat ruang keluarga sering kali harus digabungkan dengan ruangan lainnya. Misalnya saja, dengan ruang makan atau ruang kerja. Untuk memberi kesan luas dan lega, cobalah tips ruang keluarga kecil yang pertama, yakni hilangkan sekat pembatas. Biarkan saja ruangan saling terhubung. Batasi area khusus ruang keluarga menggunakan karpet atau nuansa warna yang berbeda. Dengan cara ini, ruang keluarga terasa lebih lapang dan menjadi lebih nyaman.

Batasi Jumlah Furnitur untuk Ruang Keluarga Kecil
Ruang keluarga dengan jumlah furnitur terbatas, foto oleh Sophia Kunkel via Unsplash.com

Ruang keluarga dengan jumlah furnitur terbatas, foto oleh Sophia Kunkel via Unsplash.com
 

Kesalahan terbesar yang kerap terjadi di ruang keluarga kecil adalah memaksakan banyak furnitur di dalamnya. Dengan keterbatasan luas ruangan, sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih furnitur. Furnitur ruang keluarga kecil selayaknya menyesuaikan ukuran ruangan. Satu buah sofa tunggal dudukan 2 atau 3 bisa jadi pilihan yang bijaksana. Tambahkan kursi stool yang bisa ditumpuk sebagai kursi cadangan.

Baca juga: Desain Rumah Unik di Jepang dengan Ruang Keluarga Terbuka Tanpa Atap
 

Pilih Model Furnitur yang Tepat
Furnitur multifungsi yang hemat ruang, foto oleh Andrea Davis via Pexels.com

Furnitur multifungsi yang hemat ruang, foto oleh Andrea Davis via Pexels.com
 

Mengingat luas ruangan yang terbatas, ada baiknya pula memilih furnitur multifungsi. Misalnya saja memilih ottoman, yakni jenis kursi tanpa sandaran belakang dan tangan yang sekaligus berfungsi sebagai meja. Jenis kursi ini mudah pula dipindah-pindahkan. Di samping itu, pilihlah model meja yang dilengkapi laci atau rak di bawahnya menyediakan tempat penyimpanan. Dengan trik ini, ruang keluarga jadi nyaman karena tak penuh sesak dengan furnitur atau barang-barang.

Usahakan Cahaya Alami Melimpah Menerangi Ruang Keluarga Kecil
Cahaya alami yang melimpah, foto oleh Sven Brandsma via Unsplash.com

Cahaya alami yang melimpah, foto oleh Sven Brandsma via Unsplash.com
 

Cahaya alami yang melimpah mampu menyingkirkan perasaan seperti berada dalam ruangan yang sempit. Tak hanya jendela kaca, pintu dari material kaca dan skylight adalah alternatif yang ampuh agar ruang keluarga dilimpahi cahaya alami. Tambahkan pula cermin sebagai salah satu dekorasi ruangan agar cahaya alami yang masuk bisa dipantulkan dengan sempurna.

Pilih Warna-warna Terang dan Warna Pastel
Dominasi warna terang dan pastel di ruang keluarga kecil, foto oleh Vecislavas Popa via Pexels.com

Dominasi warna terang dan pastel di ruang keluarga kecil, foto oleh Vecislavas Popa via Pexels.com
 

Warna-warna terang dan pastel yang lembut dapat membantu visual ruangan lebih ringan, terang, dan sekaligus lapang. Tentu saja, tampilan visual seperti ini bakal menunjang suasana ruang keluarga kecil nyaman. Misalnya saja, untuk dinding dan langit-langit, pilih warna putih salju. Warna putih mudah dipadukan dengan warna-warna pastel lainnya. Lalu, pilih pula vitrase warna putih dan kombinasikan dengan gorden minimalis warna pastel. Sedangkan, untuk menciptakan suasana hangat, lantai kayu akan mempercantik ruang berkumpul keluarga.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Hidup dengan Tips Hunian Sehat
 

Penuhi Salah Satu Sudut Ruangan
Sofa L di sudut ruang keluarga, foto oleh Pixabay via Pexels.com

Sofa L di sudut ruang keluarga, foto oleh Pixabay via Pexels.com
 

Sofa berukuran besar memang menawarkan kenyamanan maksimal. Namun, untuk ruang keluarga kecil, sebaiknya akali penempatannya agar tak membuat ruangan penuh sesak. Triknya, atur sofa agar memenuhi salah satu sudut ruangan saja. Cara ini membuat sudut-sudut ruangan lainnya tetap kosong sehingga ruangan terkesan lebih lega dan nyaman. Tambahkan karpet untuk ruang duduk ekstra yang bikin betah berlama-lama.

Tambahkan Tanaman Hijau
Dekorasi cantik tanaman hijau, foto oleh Michael Oxendine via Unsplash.com

Dekorasi cantik tanaman hijau, foto oleh Michael Oxendine via Unsplash.com
 

Seperti halnya wallpaper dan cermin, tanaman hijau menjadi pilihan dekorasi yang tepat untuk ruang keluarga kecil. Tempatkan tanaman hijau di sudut ruangan atau di belakang sofa. Efeknya, keberadaan tanaman hijau ini membantu menciptakan kesan visual ruangan lebih luas, sekaligus menghadirkan suasana yang nyaman.

Nah, memang tak mudah mengakali ruang keluarga yang berukuran kecil. Namun, jika beberapa trik ini dicoba, Anda bisa merasakan suasana yang berbeda. Ruang keluarga kecil jadi tampak lebih cantik, lapang, dan nyaman. Jadi, tak perlu berkecil hati lagi jika memiliki ruang keluarga yang kecil, bukan?

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.