Inspirasi Kerajinan Tangan Buatan Sendiri untuk Dekorasi Rumah Murah Meriah

Inspirasi Kerajinan Tangan Buatan Sendiri untuk Dekorasi Rumah Murah Meriah | Foto artikel Arsitag

Kerajinan tangan untuk dekorasi rumah, foto oleh Cole Keister, via Unsplash
 

Suka membuat kerajinan tangan sendiri? Anda juga bisa lho, membuat kerajinan tangan untuk dijadikan dekorasi rumah.

Menghias rumah dengan kerajinan buatan sendiri tentunya akan lebih spesial dan istimewa karena akan memberikan sentuhan yang khas dari Anda sebagai pemilik rumah. Selain itu, menggunakan kerajian tangan buatan sendiri sebagai dekorasi rumah, termasuk sebagai hacks yang murah meriah, lho.

Kira-kira, kerajinan tangan apa saja ya yang bisa dijadikan dekorasi? Simak inspirasinya berikut ini.

Makrame
Kerajinan makrame, via Unsplash

Kerajinan makrame, via Unsplash
 

Kerajinan tangan makrame tengah digemari oleh banyak orang. Anda pun dapat mempelajari dan membuatnya sendiri di rumah sebagai hiasan dinding. Hasil dari kerajinan ini sangat bervariasi, mulai dari hiasan dinding, gantungan kunci, sarung bantal, hingga taplak meja.

Cobalah mempelajari tutorial pembuatan makrame secara online untuk mengetahui teknik dasar simpul-menyimpul yang dibutuhkan untuk mengikat tali makrame. Jika sudah jago, kerajinan ini bahkan bisa jadi peluang bisnis bagi Anda, lho.
 

Baca juga: 8 Ide Desain Terkini untuk Menata Koleksi Tanaman Interior Rumah Anda
 

Vas Bunga Dari Botol Bekas
Vas bunga dari botol bekas, via Unsplash

Vas bunga dari botol bekas, via Unsplash
 

Di rumah Anda pasti ada banyak botol-botol bekas sirup atau minuman yang tidak terpakai, kan? Eits, jangan dibuang dulu. Apabila bentuknya menarik, Anda dapat menjadikannya sebagai vas bunga yang cantik.

Anda hanya membutuhkan alat pemotong botol dan tanaman yang disukai. Kemudian, potong botol sesuai dengan keinginan, misalnya menjadi dua bagian. Kemudian letakkan tanaman di bagian atasnya dan masukkan air di bagian bawah botol.

Apabila sulit untuk memotong botol, cukup langsung meletakkan tanaman atau bunga dengan tangkai panjang ke dalam botol. Cantik kan?

Tempat Lilin Dari Kaleng Bekas
Tempat lilin dari kaleng bekas, via Unsplash

Tempat lilin dari kaleng bekas, via Unsplash
 

Suka dengan lilin aromaterapi? Menempatkan lilin sebagai dekorasi rumah sekaligus membuat suasana rumah menjadi lebih hangat dan romantis.

Nah, Anda tidak perlu membeli tempat yang mahal untuk meletakkan lilin sebagai pajangan. Anda dapat membuat sendiri tempat lilin estetik menggunakan kaleng bekas.

Caranya pun sangat mudah. Bersihkan terlebih dahulu bagian dalam kaleng supaya tidak basah atau berbau. Kemudian, beri bolongan di sekitar kaleng dengan menggunakan palu dan paku berbentuk pola yang Anda sukai. Terakhir, letakkan saja lilin aromaterapi di bagian dalam kaleng. Dijamin suasana ruangan akan terasa lebih nyaman dan damai.

Hiasan Dinding Dari Piring Makanan
Piring sebagai hiasan dinding, via Unsplash

Piring sebagai hiasan dinding, via Unsplash
 

Tips yang satu ini sudah cukup banyak digunakan untuk menghias dinding rumah yang terlihat polos. Anda tidak perlu membeli hiasan dinding baru, cukup dengan memanfaatkan piring-piring cantik di rumah yang tidak terpakai sebagai hiasan.

Tempelkan piring di dinding dengan menggunakan lem atau paku, kemudian tata hingga menjadi pola yang unik. Untuk menambah nilai seni, tidak ada salahnya Anda berburu piring bekas dengan motif atau ornamen yang antik. Pasang hiasan dinding dari piring ini di ruang tamu agar bisa dilihat tamu yang datang berkunjung.
 

Baca juga: Ide Cemerlang untuk Hiasan Dinding Rumah Super Cantik
 

Bunga Hias Dari Kertas
Bunga hias dari kertas, via Unsplash

Bunga hias dari kertas, via Unsplash
 

Rumah tanpa hiasan bunga tentu akan terlihat polos dan kurang cantik. Namun, membeli bunga segar tentu akan memakan banyak pengeluaran karena bunga segar akan cepat layu. Nah, mengapa tidak Anda coba membuat bunga hias sendiri dengan bahan-bahan kertas yang ada di rumah?

Untuk membuat bunga hias yang cantik, Anda memerlukan kertas origami, lem, dan lidi. Pertama-tama, gulung kertas berwarna hijau di lidi untuk membentuk tangkai. Kemudian, lipat kertas berwarna merah secara horizontal untuk bunga. Potong bagian yang dilipat hingga membentuk rumbai-rumbai. Setelah itu, buka lipatan kertas dan lipat kembali secara horizontal ke sisi sebaliknya. Terakhir, gulung kertas merah pada tangkai dan rekatkan dengan lem. Mudah banget ‘kan?

Kira-kira ide kerajinan tangan mana nih yang ingin Anda coba untuk dekorasi rumah? Yuk, mulai dicoba di waktu luang di akhir pekan ini bersama keluarga.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.