Bagaimana Cara Mendekorasi Interior Rumah dengan Bunga Cantik?

Bagaimana Cara Mendekorasi Interior Rumah dengan Bunga Cantik? | Foto artikel Arsitag
Desain Interior karyaSimple Projects Architecture,via arsitag.com

Siapa yang tak ingin rumahnya terasa nyaman? Menata ruangan agar tampilannya lebih indah akan berpengaruh membuat rumah terasa lebih nyaman, lho. Oleh karena itu, berbagai elemen pengisi interior dipilih dan ditata sedemikian rupa untuk meningkatkan daya pikat ruangan. Termasuk yang mungkin akan sangat Anda sukai, yaitu bunga.

Bunga adalah pilihan sempurna sebagai elemen dekorasi interior. Bunga dianggap sebagai simbol keindahan alami yang diharapkan bisa mempengaruhi mood pemilik rumah. Pilihan kombinasi jenis bunga juga sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan desain interior ruangan itu sendiri. Namun jika Anda masih ragu, berikut beberapa tips dan cara mendekorasi interior rumah dengan bunga cantik.

1. Harmoni dengan dekorasi lain
Interior ruang makan karya Evonil Architecture, via arsitag.com

Interior ruang makan karyaEvonil Architecture,via arsitag.com
 

Setiap elemen dekorasi dalam suatu ruangan, selayaknya saling berkaitan agar terlihat harmoni. Keterkaitan ini bisa dari segi warna, bahan, atau fisiknya itu sendiri. Contoh saja desain interior karya Evonil Architecture di atas. Dekorasi bunga hias tidak berdiri sendiri, melainkan berdampingan dengan lukisan bertema tanaman sebagai backgrund.

2. Kontras warna
Dekorasi bunga merah di atas meja, foto oleh Sven Brandsma, via unsplash.com

Dekorasi bunga merah di atas meja, foto olehSven Brandsma,via unsplash.com
 

Warna adalah kekuatan dari sebuah bunga. Warna inilah yang harus dioptimalkan untuk mengubah suasana ruang. Warna bunga yang kontras dengan warna dominan di ruangan akan menjadikan keberadaan bunga langsung menarik perhatian. Suasana ruangan pun akan menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Tidak percaya? Coba simak contoh bunga hias ruangan di atas. Tampak keberadaan bunga dengan warna merahnya membuat ruangan terlihat lebih segar dan tidak monoton.
 

Baca juga: Dekorasi Tanaman Hias untuk Ruang Tamu yang Lebih Welcoming
 

3. Perkuat dengan cahaya alami
Dekorasi bunga di dekat jendela, foto oleh Martine Vogel, via unsplash.com

Dekorasi bunga di dekat jendela, foto olehMartine Vogel,via unsplash.com
 

Bunga pada alaminya berada di ruang terbuka. Keindahan naturalnya pun akan lebih terlihat ketika bersentuhan langsung dengan cahaya alami dari matahari. Oleh karena itu, meletakkan bunga di dekat jendela adalah salah satu alternatif bijak untuk membuat bunga terlihat cantik alami. Selain itu, keberadaan bunga di dekat jendela juga akan memberi efek transisi yang smooth antara suasana dalam ruang dengan pemandangan luar ruang.

4. Kombinasi yang manis
Kombinasi rangkaian bunga pink dan putih, foto oleh Alex Quezada, via unsplash.com

Kombinasi rangkaian bunga pink dan putih, foto olehAlex Quezada,via unsplash.com
 

Layaknya sebuah buket, dekorasi bunga interior dapat lebih memikat jika dibuat dengan kombinasi beberapa jenis bunga. Hal ini tentu sangat menarik untuk memberi kesan lebih ceria atau semarak pada ruangan. Tipsnya, jangan terlalu banyak memilih jenis bunga. Biasanya tiga sampai lima jenis bunga saja sudah sangat cukup. Penataannya juga harus dipertimbangkan agar setiap bunga dapat terlihat keindahannya.

5. Aksen yang menarik mata
Dekorasi bunga bertangkai panjang, foto oleh Chalo Garcia, via unsplash.com

Dekorasi bunga bertangkai panjang, foto olehChalo Garcia,via unsplash.com
 

Ruang tamu adalah tempat yang ideal untuk meletakkan bunga cantik sebagai penghias interior. Di ruang tamu, bunga bisa berperan menjadi penyambut kedatangan tamu atau pemilik rumah. Sebagai elemen penyambut, bunga harus memiliki aksen yang unik. Yakni bisa dari bentuknya, warnanya, teksturnya, atau ukurannya.
 

Baca juga: Ide Mempercantik Interior Rumah dengan Kaktus Mungil yang Lucu
 

6. Percantik dengan vas
Dekorasi bunga putih dengan vas antik, foto oleh Franchis Kwan, via unsplash.com

Dekorasi bunga putih dengan vas antik, foto olehFranchis Kwan,via unsplash.com
 

Dekorasi tanaman atau bunga tak akan lepas dari keberadaan vas. Vas bunga ini bukanlah sekadar wadah tempat meletakkan bunga, tetapi juga untuk menunjang keindahan bunga itu sendiri. Memilih vas yang cantik saja juga tidak cukup. Hal yang paling bijak ialah memilih vas yang sesuai dengan tampilan bunga, serta desain ruangan yang ada.

Tips lain yang juga mungkin perlu dipertimbangkan ialah menyesuaikan harga vas dengan harga bunganya itu sendiri. Hal ini berkaitan dengan “nilai” dari bunga yang ditampilkan. Akan sangat disayangkan jika bunga yang mahal tetapi tidak didukung dengan pot yang juga mahal.
 

Cukup mudah bukan, untuk menghadirkan bunga hias dalam ruangan? Jika ingin berhemat, Anda bisa berburu bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar rumah. Lalu, tinggal ikuti tips-tips ini saat mengaplikasikannya. Semoga informasi di atas bisa semakin menambah khazanah pengetahuan Anda tentang dekorasi bunga untuk interior.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.



Promo Brand
NEW