Desain Taman Organik dalam Apartemen yang Anti Mainstream nan Memukau

Desain Taman Organik dalam Apartemen yang Anti Mainstream nan Memukau | Foto artikel Arsitag
Apartemen dengan konsep alami di Kota Mumbai, India (Sumber: dwell.com)
 

Anda dapat menemukan beragam desain apartemen yang tersedia di pasaran. Namun, kebanyakan yang ada hanya mengandalkan konsep serupa yang kadang sudah terlalu mainstream. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para desainer. Jika Anda ingin mendapatkan inspirasi berbeda dari desain apartemen, unit dengan taman organik di dalam ruangan ini layak diapreasiasi.

Nitin Barchha dan Disney Davis merupakan dua orang arsitek dari firma arsitektur The White Room yang dikenal karena desain taman organik dan taman pribadi yang mereka rancang. Berlokasi di Pali Hill, Mumbai, India mereka berdua mencoba menciptakan hunian dengan nuansa hijau yang kental untuk pasangan klien mereka.

Meniru Desain Alam
Pola dan bentuk yang meniru dari alam (Sumber: dwell.com)

Pola dan bentuk yang meniru dari alam (Sumber: dwell.com)
 

Cara terbaik untuk menciptakan hunian yang alami adalah menggunakan konsep sedekat mungkin dengan alam. Tak hanya mengandalkan tanaman hijau di berbagai sudut, desain apartemen kontemporer satu ini mengandalkan bentuk unik yang meniru langsung dari alam. Pintu dan jendela dibuat dengan pola asimetris, serasi dengan pencahayaan hingga pemilihan furnitur. Sekilas, Anda bahkan akan merasakan nuansa outdoor yang kental, saking alaminya konsep yang diterapkan.

The White Room, Bak Hutan di Tengah Rumah
The White Room dengan kesan asri yang ditampilkannya (Sumber: dwell.com)

The White Room dengan kesan asri yang ditampilkannya (Sumber: dwell.com)
 

The White Room tampil dengan dinding berwarna putih yang terang. Di saat yang sama, warna hijau cerah yang muncul dari tanaman hijau di sekelilingnya seakan membawa seluruh pemandangan di luar ruangan ke dalam rumah.

Warna putih muncul dari material alami, yakni batu alam untuk memunculkan tekstur yang natural. Ubin mosaik menutupi sebagian besar dinding kamar. Sementara di kamar mandi, Anda akan menemukan ubin berwarna pirus—biru kehijau-hijauan yang mengingatkan pada mosaik karya Antoni Gaudi. Menambahkan kesan glamor namun mengundang.

Baca Juga: 8 Cara Percantik Rumah dengan Dekorasi Tanaman Hijau dan Bungavia Cantika.com
 

Kamar Tidur dengan Pemandangan Langsung ke Kamar Mandi
Kamar mandi dengan view kamar mandi yang kece (Sumber: dwell.com)

Kamar mandi dengan view kamar mandi yang kece (Sumber: dwell.com)
 

Jika punya desain kamar mandi seapik ini, rasanya sayang jika Anda tidak memanfaatkannya dengan maksimal. Trik paling jitu dengan menjadikannya sebagai view dari kamar tidur privat Anda. Inilah yang dilakukan oleh sang desainer lewat jendela-jendela asimetris yang memisahkan antara kamar tidur dengan kamar mandi di sebelahnya.
 

Apartemen ini tampil sebagai ketidakteraturan yang memukau (Sumber: dwell.com)

Apartemen ini tampil sebagai ketidakteraturan yang memukau (Sumber: dwell.com)
 

Dinding-dinding di apartemen ini sebenarnya kental dengan sentuhan Mediterania. Namun tidak lantas membuatnya kehilangan konsep sebagai “hunian taman”. Ketidakseimbangan bentuk yang menyebar di hampir seluruh bagian ruangan menjadi ciri khas yang membuatnya berbeda dan menarik.

Mengandalkan Furnitur yang Transparan
Furnitur yang tidak mengganggu flow ruangan (Sumber: dwell.com)

Furnitur yang tidak mengganggu flow ruangan (Sumber: dwell.com)
 

Karena mengandalkan bentuk dan pola tidak biasa di hampir seluruh bagiannya, Anda mungkin berpikir bahwa keberadaan furnitur akan mengganggu “flow di keseluruhan ruangan. Akan tetapi, duo desainer ini memutuskan untuk menggunakan perabotan transparan dengan visibilitas minimal. Dengan begitu, Anda masih tetap leluasa menikmati keindahan interior tanpa terhalang oleh beragam perabotan.
 

Suasana unik kamar mandi di dalam apartemen (Sumber: dwell.com)

Suasana unik kamar mandi di dalam apartemen (Sumber: dwell.com)
 

Menggunakan dua hal paling pokok dari alam, yakni tanaman hijau dan bentuk-bentuk asimetris, apartemen ini berhasil hadir dengan gayanya sendiri. Keasrian dari tanaman hijau hingga bentuk-bentuk unik yang tersebar di keseluruhan ruangan seakan menjadi jawaban bagi Anda yang ingin menemukan apartemen dengan gaya anti mainstream.

Berlandaskan unsur alam, desainer benar-benar menciptakan ruangan yang tidak biasa. Terbayang banyak hal yang bisa digali lebih detail lagi dari desain interior apartemen ini, bukan?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."