Inspirasi Berkebun dalam Rumah untuk Menyegarkan dan Menyehatkan Hunian Anda

Inspirasi Berkebun dalam Rumah untuk Menyegarkan dan Menyehatkan Hunian Anda | Foto artikel Arsitag
Kebun vertikal indoor karyaStudioplants,via fieldnotesbystudioplants.com
 

Berkebun telah menjadi kegiatan yang digemari oleh masyarakat perkotaan. Namun sayangnya, lahan yang terbatas membuat kegiatan berkebun tidak selalu bisa dilakukan di pekarangan rumah. Alasan inilah yang membuat berkebun di dalam rumah semakin menjadi tren.

Berkebun di dalam rumah memang bukan hal yang mustahil. Dengan ide kreatif, kegiatan ini bisa dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali. Keuntungan yang didapat juga tidak main-main. Selain sebagai penyalur hobi, berkebun dalam rumah juga bermanfaat membuat rumah terasa lebih segar dan sehat. Sebagai inspirasi, berikut adalah beberapa kreasi berkebun di dalam rumah yang menarik untuk dicontoh.

1.Memanfaatkan Dinding Kosong
Pot dinding karya Studioplants, via fieldnotesbystudioplants.com

Pot dinding karyaStudioplants,via fieldnotesbystudioplants.com
 

Meskipun di dalam rumah, kegiatan berkebun tetap akan memakan tempat. Alih-alih meletakkan pot tanaman di atas lantai, cobalah menempelkan pot di dinding dan meletakkan tanaman di sana. Hal yang perlu diperhatikan jika Anda menerapkan kreasi pot dinding adalah soal penyiraman. Pastikan bahwa air yang disiram saat berkebun indoor tidak berlebihan, karena tanpa lubang air di bawah pot, akar tanaman bisa membusuk.

2.Berkebun Herbal dengan Alat Khusus
Herbstation karya Altifarm, via yankodesign.com

Herbstation karyaAltifarm,via yankodesign.com
 

Menariknya, saat ini sudah ada alat yang secara khusus dibuat untuk urban farming. Alat ini dirancang dengan instalasi khusus untuk sistem pembuangan air dan lampu LED UV. Menggunakan alat ini artinya Anda bisa lebih nyaman berkebun dalam rumah, karena tidak perlu khawatir kotor karena air siraman atau kekurangan cahaya matahari.

Baca juga: Inspirasi Taman Vertikal Sederhana untuk Rumah di Lahan Sempit
 

3.Membuat Terarium Cantik
Foto oleh Neslihan Gunaydin, via unsplash.com

Foto olehNeslihan Gunaydin,via unsplash.com
 

Kegiatan berkebun di rumah yang sangat disukai berikutnya adalah membuat terarium. Selain terbilang mudah, berkebun dengan membuat terarium bakal mengasah kreativitas. Di sisi lain, kreasi terarium akan menjadi elemen dekorasi ruangan yang cantik. Biasanya, tanaman yang dipakai untuk terarium adalah jenis sukulen dan kaktus. Jika Anda ingin yang lebih menantang, terarium lumut menarik untuk dicoba, lho.

4.Berkebun di Sudut Ruang
Indoor plant design karya Huy Phan, via pexels.com

Indoor plant design karyaHuy Phan,via pexels.com
 

Ruangan terasa membosankan? Menata beberapa pot tanaman di sudut ruangan layaknya kebun kecil bisa menjadi solusinya. Hal ini sebenarnya sangat sederhana, namun tetap dibutuhkan kreativitas. Tentukan konsep dan tema yang diinginkan saat menata posisi tanaman berdasarkan tingginya, karakter daunnya, hingga warna.

5.Kreasi Tanaman Gantung
Foto oleh Kristan Lieb, via apartmenttherapy.com

Foto olehKristan Lieb,via apartmenttherapy.com
 

Tanaman gantung adalah solusi cerdas untuk membuat suasana alami di dalam rumah lebih terekspos. Secara visual, tanaman gantung dapat terlihat sejajar dengan pandangan mata. Supaya lebih optimal, kombinasikan pula dengan tanaman di pot lantai dan pot meja, sehingga suasana alam yang segar akan tercipta.

6.Pot Melayang yang Unik
Floating indoor garden karya Jaggi Freu Brugger, via eilo.eu

Floating indoor garden karyaJaggi Freu Brugger,via eilo.eu
 

Layaknya pot yang melayang, hadirkan instalasi taman indoor vertikal sebagai inspirasi untuk Anda berkebun di rumah. Wadah tanam berbahan alumunium berbentuk tabung dan digantung dengan tali baja tipis, sehingga secara visual tidak begitu terlihat. Hadirkan beragam pilihan tanaman dan akan semakin cantik jika dikombinasikan dengan tanaman juntai. Selain bisa mempercantik ruangan, pot layang seperti ini pun berperan sebagai pembatas ruang yang unik.

7.Berkebun Hidroponik di Dapur
Instalasi hidroponik produk dari Ikea, via dezeen.com

Instalasi hidroponik produk dariIkea,via dezeen.com
 

Instalasi hidroponik untuk berkebun bukanlah hal baru. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Memilih hidpronik untuk tanaman sayur dan meletakkannya di dapur sangatlah menarik untuk dicoba. Asyiknya lagi, Anda bisa memasak sayuran yang sehat dari hasil kebun indoor sendiri.

Baca juga: 5 Desain Kabinet agar Dapur Tetap Rapi dan Cantikvia Liputan6.com
 

8.Vertical Indoor Garden
Vertical indoor garden karya John Lewis, via designsponge.com

Vertical indoor garden karyaJohn Lewis,via designsponge.com
 

Keberadaan taman vertikal di dalam ruangan tentu menjadi elemen dekorasi interior yang cantik. Kini, dapat dengan mudah Anda membeli berbagai macam pot atau kantung taman khusus vertikal garden. Kemudian, tentukan pilihan jenis tanamannya. Apakah tanaman hias indoor, tanaman sayur, atau bahkan herbal.

Memiliki kebun sendiri di dalam rumah memang sangat menarik untuk dicoba. Selain bisa mempercantik ruangan, kebun indoor tentunya juga akan memberikan suasana segar dan sehat bagi penghuni rumah. Lebih dari itu, Anda pun dapat memanfaatkan aktivitas berkebun di rumah ini sebagai hobi baru yang menyenangkan, sekaligus mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.