Inspirasi Taman Vertikal Sederhana untuk Rumah di Lahan Sempit

Inspirasi Taman Vertikal Sederhana untuk Rumah di Lahan Sempit | Foto artikel Arsitag
Cover: Taman vertical Rumah Sela karya ArMSchitecture (Sumber: arsitag.com)
 

Bagi Anda yang ingin memiliki taman di rumah, keberadaan lahan kosong tentu menjadi sangat penting. Namun, ketiadaan lahan tidak lantas membuat Anda harus mengubur niat untuk memiliki taman sendiri. Dengan teknik taman vertikal atau vertical garden, Anda bisa mewujudkan taman hijau yang Anda impikan di rumah.

Vertical garden merupakan sebuah teknik menanam tanaman dengan menggunakan panel yang diposisikan secara vertikal. Struktur taman vertikal minimalis ini bisa diletakkan pada dinding, atau dengan menggunakan rak khusus. Intinya adalah untuk meminimalisir penggunaan lahan.

Metode taman vertikal ini sudah ada sejak zaman dulu. Di era modern, taman vertikal ini kemudian berkembang dan diberi sentuhan populer sehingga semakin banyak orang yang tertarik menjadikannya sebagai dekorasi rumah. Jenis tanaman untuk taman vertikal ini pun semakin beragam. Berikut beberapa inspirasi yang bisa Anda tiru!

Pot Tanah Liat Vertikal

Pot Tanah Liat Vertikal
Pot Tanah Liat Tergantung (Sumber: countryliving.com)
 

Ide menggantungkan pot tanah liat seperti desain di atas bisa Anda terapkan di balkon apartemen Anda. Ini merupakan salah satu cara cerdas menambahkan komponen hijau tanpa harus menggunakan banyak ruang. Anda juga bisa memilih tanaman sesuai dengan selera. Mulai dari kaktus hingga tanaman berbunga cantik lainnya.
 

Taman Vertikal dengan Nampan

Taman Vertikal dengan Nampan
Taman Vertikal dengan Nampan (Sumber: countryliving.com)
 

Mirip dengan flat pembibitan, baki plastik persegi panjang ini dibagi menjadi sel-sel penanaman, semuanya miring pada sudut 30 derajat dengan lubang bawah untuk drainase dan aerasi. Setiap baki dilengkapi dengan braket sebagai pengait dan tambahan bingkai untuk memperindah. Tanaman yang memiliki sistem akar dangkal, sangat cocok untuk nampan ini. Untuk tanaman yang lebih besar, Anda tinggal memperbesar ukuran nampannya.

Standalone Wall

Standalone Wall
Standalone Wall  (Sumber: akadesign.ca)

 

Jika tidak ada dinding yang bisa Anda manfaatkan, saatnya membuat standalone wall sendiri untuk taman vertikal Anda. Silakan contek ide dinding kawat di atas untuk membuat taman mungil di rumah Anda yang sempit. Anda tinggal mengaitkan pot-pot kecil ke kawatnya dan menanaminya dengan bunga kesukaan.

DIY Wallplanter

DIY Wallplanter
DIY Wallplanter (Sumber: countryliving.com)
 

Dinding putih dan polos Anda terasa membosankan? Saatnya berkreasi dengan tanaman vertikal. Anda bisa merancang sendiri kawat sebagai pengait pot atau meniru desain taman mungil dan minimalis di atas.

Taman Gantung dari Pipa Tembaga

Taman Gantung dari Pipa Tembaga
Taman Vertikal Sederhana dari Pipa Tembaga (Sumber: countryliving.com)
 

Pipa tembaga memiliki warna unik yang akan sangat cantik dijadikan penggantung tanaman Anda. Tambahkan aneka tulisan untuk menunjukkan personality Anda. Benang warna-warni yang ditata sedemikian rupa juga menjadi pemanis yang membuat taman vertikal Anda tampil fun dan menyegarkan mata.

Taman Vertikal dari Kantung Bekas

Taman Vertikal dari Bahan Daur UlangTaman Vertikal dari Bahan Daur Ulang (Sumber: countryliving.com)
 

Punya banyak wadah bekas (dari kain atau karung bekas) yang menganggur di rumah? Coba berkreasi dengan menjadikannya sebagai pot. Gantungkan di dinding belakang rumah. Bunga warna-warni yang kontras dengan dinding dan wadahnya akan menjadi paduan harmonis yang memperindah rumah Anda.

Taman Bergantung Indoor

Taman Bergantung Indoor
Taman Vertikal Indoor (Sumber: countryliving.com)
 

Dapur tampak begitu datar karena kurang dekorasi? Taman vertikal dengan pot-pot yang tergantung di depan jendela bisa menjadi pendukung suasana yang menyegarkan mata. Anda bisa meletakkan taman vertikal ini di depan jendela kamar atau ruang makan Anda untuk memberikan nuansa lebih hidup ke dalamnya.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."