Arsitektur Rumah dengan Lebar 3 Meter yang Unik dan Kreatif

desain rumah lebar 3 meter 1 lantai

Kerap kali, muncul angan-angan memiliki rumah besar yang mampu memuat segala hal yang dibutuhkan. Namun, tren hunian mungil di lahan terbatas 2021 dewasa kini, memunculkan perkembangan desain yang memaksimalkan ruang yang tersedia. Tentu menjadi hal yang lumrah saat ini. Dengan kelihaian dan kecermatan desain, lahan sesempit apapun tetap bisa disulap menjadi desain rumah mungil yang bikin betah.

Contohnya saja arsitektur rumah sempit yang bisa Anda simak kali ini. Adalah hunian dengan lebar 3,5 meter saja dengan desain rumah panjang ke belakang. Di saat orang lain kebingungan menentukan layout dan mengatur pembagian ruangnya, desain rumah minimalis ini justru tampil memukau dengan segala kesederhanaannya.

Baca juga: 5 Rumah Mini Keren di Indonesia

Rumah Tinggal dengan Lebar 3,5 Meter dan Panjang 17 Meter

Ago Architects, via design-milk.com

Rumah ini dirancang oleh Ago Architects untuk sebuah keluarga muda. Terdiri dari seorang suami yang berprofesi sebagai arsitek, beserta istrinya dan satu orang anak. Keluarga ini memilih untuk fokus pada hal-hal yang mereka butuhkan, alih-alih sekadar menuruti keinginan. Karena itulah, desain yang simpel ini menjadi pilihan.

Bangunan dengan luas 100 meter persegi ini terbagi atas sebuah kamar tidur utama di lantai dasar, beserta dapur, ruang tamu, dan ruang makan di lantai satu. Sementara itu, lantai dua dimaksimalkan oleh keluarga ini sebagai area khusus untuk putra mereka. Di bagian rooftop, penghuni rumah maupun para tamu dapat menikmati pemandangan apik kawasan Jakarta Selatan sebagai view.

Baca juga: Ciri-ciri Rumah Minimalis Menginspirasi

Simpel Mulai dari Eksteriornya

Ago Architects, via design-milk.com

Kesederhanaan desain sudah bisa Anda lihat dari bagian depan bangunan. Dibanding dengan bangunan di sekitar, desain rumah ini tampak unik dengan bagian luar yang menampilkan material besi dan polikarbonat. Di bagian lantai dua, ada lapisan penutup yang mencegah cahaya matahari langsung masuk, namun tetap menjadi sumber cahaya alami utama.

Pembagian tempat yang sedikit unik ini dilakukan untuk menekan biaya. Di sisi lain, penggunaan material yang berbiaya rendah juga tetap dilakukan selama proses pembangunan. Meski begitu, hal demikian sama sekali tidak menghilangkan kesan estetik dari hunian ini.

Baca juga: Cara Menciptakan Ruang Bebas Stress di Rumahmu via Hipwee.com

Rumah Industrial Minimalis yang Nyaman

Ago Architects, via design-milk.com

Desain rumah minimalis di kawasan Jakarta Selatan ini hadir dengan sentuhan industrial. Dapat dilihat dari penggunaan material besi yang ditemukan di berbagai sudut. Di sisi lain, dinding beton yang hanya diplester tanpa cat, semakin mempertegas kesan industrial yang ada.

Ago Architects, via design-milk.com

Agar tidak “mati” atau berkesan membosankan, sentuhan alami dari material kayu hadir melengkapi berbagai bagian dari rumah. Mulai dari struktur bangunan hingga perabotan yang digunakan. Sofa-sofa empuk dengan warna senada dinding, menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh penghuni rumah untuk santai bersama.

Memaksimalkan Ruang dengan Cermat

Karena bentuknya yang memanjang, desainer perlu lebih jeli dalam membagi masing-masing ruangan. Contoh cerdas yang diaplikasikan adalah penggunaan konsep loft di kamar tidur anaknya. Tempat tidur diletakkan di bagian atas, sementara bagian bawah yang kosong bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan lain.

Baca juga: 7 Desain Interior Business Loft Kaum Urban Kontemporer 

Ago Architects, via design-milk.com

Kamar tidur utama memanfaatkan bentuk ruang yang memanjang dan sang desainer memilih untuk membaginya menjadi beberapa zona. Meskipun terdiri dari satu ruangan, Anda tetap bisa merasakan bahwa masing-masing area di dalamnya memiliki fungsi masing-masing.

Lahan yang terbatas kini menjadi masalah yang umum dihadapi di perkotaan. Karena itu, perlu kreativitas dalam desain dan penataan yang tepat, agar hunian yang dibangun tetap nyaman dan fungsional. Jika Anda memiliki lahan sempit, desain rumah unik satu ini bisa jadi inspirasi yang menarik untuk ditiru.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram