Rumah Dua Lantai Modern Harmonis

Rumah Dua Lantai Modern Harmonis | Foto artikel Arsitag

Interior rumah Devlin. (dok. Kenali’s Studio)

Artikel ini telah terbit di Majalah Housing Estate Cetak, Edisi April 2020 dengan judul yang sama.

Lokasi proyek rumah tinggal ini berada di daerah dataran tinggi di Semarang Barat, Jawa Tengah. Arsitek menamai proyek rumah ini Devlin yang bermakna memberi keceriaan atau kebahagiaan dan juga tangguh. Rumah ini memiliki luas lahan berkisar 153 m2 dengan lebar lahan 8,5 m. Pemilik rumah merupakan keluarga yang beranggotakan empat orang ditambah seorang asisten rumah tangga.

Eksterior rumah Devlin yang konsisten menggunakan warna putih dan tekstur kayu. (dok. Kenali’s Studio)

Eksterior rumah Devlin yang konsisten menggunakan warna putih dan tekstur kayu. (dok. Kenali’s Studio)

Konsep desain arsitektur dan interior yang digunakan mengacu pada gaya minimalis modern dengan keterbatasan lebar lahan yang menjadi tantangan. Fasad bangunan didominasi warna putih, abu-abu, beton ekspos, dan aksen bata merah di bagian pagar. Dalam menciptakan hubungan antar-ruang yang mampu berfungsi secara harmonis, arsitek memastikan ukuran luas ruang yang memadai. Kesan antar-ruang diwujudkan dengan pemakaian material yang ramah lingkungan dan juga mudah didapat, mencakup bata ekspos, beton rabat, panel kayu, serta pemilihan warna yang menenangkan.

Lantai 1
Denah lantai dasar. (dok. Kenali’s Studio)

Denah lantai dasar. (dok. Kenali’s Studio)

Lantai satu terbagi menjadi dua area, yaitu area publik dan privat. Area publik mencakup ruang karaoke dan ruang keluarga. Desain yang diunggulkan terdapat pada ruang keluarga sebagai ruang berkumpul utama di dalam rumah dan difungsikan sebagai area penerima tamu atau kerabat. Pada ruang ini langit-langit dihubungkan langsung dengan void pada lantai dua. Hal ini selain untuk memudahkan pencahayaan masuk, juga memberi kesan luas tanpa adanya plafon pembatas. Pencahayaan pada ruang ini didapat melalui bukaan dari lantai dua dan bukaan pada lantai satu yang menghubungkan langsung dengan taman kecil di area samping rumah.

Baca juga: Simpel dan Memikat, Rumah Minimalis Kontemporer Rakta Studiovia Kompas.com
 

Penempatan tangga dibuat menempel dengan dinding ruang keluarga. Di bawah area tangga terdapat furnitur yang berperan sebagai rak penyimpanan dan bisa digunakan untuk tempat duduk. Sedangkan, letak ruang karaoke bersebelahan dengan ruang keluarga untuk memudahkan akses bagi pemilik dan kerabat atau teman yang berkunjung. Area privat berada di belakang ruang keluarga yang dipisahkan oleh dinding solid. Terdapat ruang makan, dapur, kamar tidur, dan kamar mandi. Dua kamar tidur terletak di samping kiri dan kanan bagian belakang mengapit sebuah taman kecil di tengahnya. Dapur berada juga di dekat taman. Di lantai ini juga terdapat kamar asisten rumah tangga yang berdekatan dengan kamar mandi.

Lantai 2
Denah lantai dua. (dok. Kenali’s Studio)

Denah lantai dua. (dok. Kenali’s Studio)

Lantai ini seluruhnya berupa area privat. Pada area depan difungsikan sebagai ruang  kerja di rumah. Di sisi samping yang terhubung dengan ruang kerja tersebut dibuatkan balkon terbuka untuk bersantai. Di sebelah tangga dimanfaatkan untuk ruang keluarga dengan jendela besar ke arah taman belakang. Dua kamar tidur ditempatkan terpisah di bagian belakang dengan luasan yang hampir sama. Sebuah kamar mandi ditempatkan bersebelahan dengan salah satu kamar tidur dan berdekatan dengan tangga. Di lantai ini juga terdapat area menjemur dan ruang untuk penyimpanan (storage).

Baca juga: 7 Hari Menata Garasi yang Apik Tanpa Cacat
 

Interior rumah Devlin yang cantik dengan perpaduan nuansa putih dan tekstur kayu. (dok. Kenali’s Studio)

Interior rumah Devlin yang cantik dengan perpaduan nuansa putih dan tekstur kayu. (dok. Kenali’s Studio)

Profil Arsitek

https://www.arsitag.com/profile/kenalis-studio

Kenali’s Studio adalah studio desain arsitektur yang memberikan jasa konsultasi arsitektur dan desain interior untuk rumah tinggal, bangunan komersial, hingga urban planning . Didirikan sejak tahun 2018, Kenali’s Studio berbasis di Semarang, Jawa Tengah, yang digawangi oleh tiga arsitek muda lulusan Universitas Katolik Soegijapranata (Semarang, Jawa Tengah), yaitu Kent Nurcahyo, Andre Bagas Maharasta, dan Luthfi Giffari. Kenali’s Studio berusaha menyatukan relasi antara manusia, bangunan, dan alam ketika mendesain suatu karya arsitektur dengan gaya desain masa kini. Kenali menggabungkan gambaran keinginan klien, kenyamanan, penghawaan yang baik, namun tetap memiliki estetika yang menarik dan ramah lingkungan. Kenali melayani jasa gambar kerja, visualisasi 3D, rencana anggaran biaya (RAB), hingga pembangunan.

AUTHOR

Housing Estate

Housing Estate merupakan portal online properti Indonesia yang berfokus pada pembaca Indonesia di seluruh dunia. Isi portal online properti ini mencakup berita properti yang di-update setiap hari, menyajikan mesin pencarian rumah dan apartemen yang sedang dipasarkan developer di kota-kota besar di seluruh Indonesia, memotret gaya hidup yang sedang berkembang di seputar properti (interior, arsitektur, home appliance, dan building material), serta menampilkan tokoh-tokoh di balik kesuksesan proyek-proyek properti di Indonesia.