Inspirasi Warna Cat Rumah yang Sejuk, Bikin Hunian Makin Adem

Inspirasi Warna Cat Rumah yang Sejuk, Bikin Hunian Makin Adem | Foto artikel Arsitag

Hijau, salah satu pilihan warna cat dinding yang menyejukkan, foto via Freepik
 

Di negara yang tropis seperti Indonesia, suhu panas hampir bisa ditemukan sepanjang tahun. Selain dengan menggunakan pendingin ruangan seperti AC dan kipas angin, pilihan warna cat rumah dianggap mampu memberikan atmosfer yang sejuk di dalam hunian Anda.

Jika Anda sedang berencana untuk melakukan renovasi rumah, memilih warna cat rumah yang sejuk mungkin jadi salah satu kebutuhan Anda saat ini. Agar rumah lebih adem, yuk langsung simak beberapa rekomendasi cat rumah sejuk berikut ini!

Paduan Interior dengan Warna Putih
Memadukan interior warna cerah dengan perabotan putih, foto oleh Max Vakhtbovych, via Pexels

Memadukan interior warna cerah dengan perabotan putih, foto oleh Max Vakhtbovych, via Pexels
 

Putih adalah warna yang bisa memberikan kesan hangat maupun dingin, tergantung bagaimana Anda memadukannya. Kamar tidur dengan dinding warna biru ini tampil dingin berpadu dengan ranjang putih dan langit-langit senada. Tambahkan sentuhan personal dengan beberapa dekorasi seperti lampu pendant yang unik semakin memeriahkan suasana.

Dinding Biru dengan Pintu Transparan
Dinding biru untuk suasana yang sejuk, foto oleh Max Vakhtbovych, via Pexels

Dinding biru untuk suasana yang sejuk, foto oleh Max Vakhtbovych, via Pexels
 

Jika Anda menginginkan nuansa sejuk pada ruangan, banyak desainer yang menyarankan untuk menggunakan warna biru.

Lorong ini misalnya, hadir dengan nuansa kayu yang kental. Namun, alih-alih menggunakan warna asli kayu yang hangat, warna pudarnya memang lebih cocok dipadukan dengan biru yang dingin. Paparan sinar matahari dari pintu transparan membuat ruangan terasa semakin airy, luas, dan tentu saja menyejukkan mata.
 

Baca juga: Inspirasi Warna Biru Tosca untuk Interior Rumah Idaman
 

Cat Dinding Ungu untuk Nuansa yang Sejuk
Dinding ungu yang menyejukkan, foto oleh Lina Castaneda, via Unsplash

Dinding ungu yang menyejukkan, foto oleh Lina Castaneda, via Unsplash
 

Selain warna putih dan biru, nuansa dingin dan sejuk juga bisa Anda dapatkan dari warna ungu. Desain ruang keluarga di atas misalnya, menggunakan warna ungu pada salah satu dinding saja. Dipadukan dengan berbagai perabotan klasik dan vintage, nuansa di dalamnya tidak hanya adem, tetapi juga membawa atmosfer seakan kembali ke masa lalu.

Tidak hanya pada ruang keluarga, Anda juga bisa mengaplikasikan pilihan warna ini untuk ruangan lain seperti kamar tidur.

Interior dengan Sentuhan Hitam yang Monokromatik
Interior modern dengan warna monokromatik, oleh Blavk Paris, via Unsplash

Interior modern dengan warna monokromatik, oleh Blavk Paris, via Unsplash
 

Warna lain yang juga bisa memunculkan kesan sejuk dan dingin adalah warna hitam. Anda bisa menata ruangan di rumah Anda dengan sentuhan monokromatik. Pada desain di atas, warna monokromatik dipadukan dengan desain bergaya modern yang clean dan maskulin. Cocok untuk Anda yang menginginkan hunian dengan suasana urban nan kental.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Keluarga dengan Background Hitam yang Keren dan Elegan
 

Interior Hijau yang Menyejukkan
Pilih gradasi hijau yang Anda suka untuk tampilkan kesan dingin, foto oleh Devon Janse van Rensburg, via Unsplash

Pilih gradasi hijau yang Anda suka untuk tampilkan kesan dingin, foto oleh Devon Janse van Rensburg, via Unsplash
 

Hijau memiliki banyak sekali pilihan gradasi warna. Salah satu contoh warna hijau dengan nuansa dingin yang bisa Anda coba aplikasikan di rumah seperti pada desain di atas. Selain dinding, warna hijau senada juga hadir lewat percikan-percikan pada fabric dan beberapa pajangan. Ini membuat seluruh ruang tetap terlihat sebagai satu kesatuan.

Itulah beberapa inspirasi warna cat rumah yang sejuk untuk memberikan kesan dingin pada ruangan-ruangan Anda. Jika Anda tertarik, memadupadankan warna sejuk yang satu dengan lainnya juga bisa jadi ide menarik. Namun jika Anda ragu dengan pilihan Anda, berkonsultasi dengan tenaga desainer interior profesional bisa jadi jawaban yang Anda cari.

Selamat bereksperimen!

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."