6 Desain Interior Rumah Vintage yang Unik dan Menawan

6 Desain Interior Rumah Vintage yang Unik dan Menawan | Foto artikel Arsitag
Cover: Desain Interior Vintage (Sumber: brownstoner.com )

Semua pasti bermimpi untuk punya rumah idaman masing-masing. Anda yang modern, akan memilih rumah yang sesuai dengan selera. Meski begitu, bukan berarti desain rumah retro jadi ditinggalkan oleh para penggemarnya. Dekorasi serba antik ini bagi sebagian orang mungkin dianggap terlalu ketinggalan zaman dan kusam. Namun, jika Anda cukup pintar memadu padankan desain interior dengan aneka perabotan, desain rumah vintage sederhana milik Anda akan tetap mampu tampil menonjol.

Sebelum mencoba memilih material dan perabotan, bagaimana kalau Anda lihat dulu 6 contoh  dekorasi rumah bergaya vintage berikut ini?

AA Residence

AA Residence Karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)

AA Residence Karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)

Rumah tinggal yang berada di Kawasan Cimanggis ini dari luar sudah memberikan image vintage lewat temboknya yang berwarna natural dan pintunya yang dibiarkan tanpa cat. Di bagian dalam ruangan, taste tua semakin terasa lewat aneka pajangan dan sebuah kulkas merah di sudut ruangan. Kesan rustic muncul dari kursi, lemari kecil, serta dindingnya yang tak berplester.

Na Residence

Na Residence Karya Alvin Tjitrowiro (Sumber: arsitag.com)

Na Residence Karya Alvin Tjitrowiro (Sumber: arsitag.com)

Arsitek dari rumah yang berada di Solo ini dengan lihai memadukan dekorasi vintage dengan berbagai ornamennya tanpa harus membuat rumah kehilangan kemewahannya. Ruang keluarga ini misalnya bermain dengan dinding dan langit-langit kayu khas mid-century dengan sofa kulit yang meski memiliki model jadul, tetapi tidak kehilangan keeleganannya.

Kembang Murni House

Kembang Murni House Karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Kembang Murni House Karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Mulai dari pagar sampai eksterior bagian depan, Anda sudah bisa menebak-nebak tampilan vintage macam apa yang dipersembahkan oleh sang arsitek lewat karyanya ini. Sitting area ini dikelilingi  jendela besar  ala mid-century dan lantai bercorak kayu yang khas. Foto-foto tua yang memenuhi dinding membuat kesan vintage semakin terasa. Ditambah penerangan yang sendu, Kembang Murni House akan menjadi rumah vintage impian Anda.

Revahouse

Revahouse Karya Revano Satria (Sumber: arsitag.com)

Revahouse Karya Revano Satria (Sumber: arsitag.com)

Rumah satu ini tampil dengan desain berani: dinding yang hampir seluruhnya transparan. Untuk menyeimbangkannya, bagian yang lain dari rumah dibuat dengan material kayu yang membuat rumah tetap terasa adem. Kamar utamanya juga diberi sentuhan vintage lewat lantai corak kayu, tegel motif lawas, langit-langit kayu, serta perabotan simpel yang juga serba kayu. Penempatan telepon jadul di atas meja menjadikan kamar ini cocok untuk Anda pecinta vintage!

Sterling Barbers

Sterling Barbers KaryaVin•da•te (Sumber: arsitag.com)

Sterling Barbers KaryaVin•da•te (Sumber: arsitag.com)

Sterling Barbers ini sebenarnya bukan rumah tinggal melainkan sebuah salon yang berada di Citywalk, Jakarta. Seluruh salon dibuat dengan desain vintage yang menawan. Anda bisa menerapkan model waiting room mereka di rumah Anda. Detail expanded metal di bagian langit-langit adalah poin yang menonjol dari desain mereka. Dinding kayu berpadu harmonis dengan sofa kulit jadul. Daripada membiarkan dindingnya kosong, Anda bisa membuat hiasan seperti yang dilakukan Sterling Barbers ini atau menempel hiasan vintage lain yang Anda punya.

Richfield Co

Richfield Co Karya Rdma (Sumber: arsitag.com)

Richfield Co Karya Rdma (Sumber: arsitag.com)

Richfield Co adalah sebuah kafe yang berada di Kawasan Dago, Bandung. Desain vintage-nya sudah terlihat sejak pertama kali Anda memasuki kawasan parkirnya. Bagian eksteriornya memanfaatkan warna kayu dengan dinding transparan. Nuansa vintage di seating room mereka tercipta berkat perpaduan lantai rustic-nya, kursi dan meja berbahan kayu, besi tua serta lukisan-lukisan yang dipajang di dinding. Anda bisa menerapkan ide serupa untuk teras atau ruang tamu Anda.

Baca juga:

Desain Interior Trendy Untuk Rumah Sederhana

Mengenal Gaya Desain Bohemian

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."