Yang Dilakukan Arsitek Untuk Anda

Yang Dilakukan Arsitek Untuk Anda | Foto artikel Arsitag
Cover: AA Residence di Cimanggis karya Bittel Design Studio, kesejukan di tengah kepenatan kota Jakarta(sumber: arsitag.com)

Mungkin Anda pernah mendengar dan beranggapan bahwa menggunakan jasa arsitek sangat mahal dan hanya menghabiskan uang; atau mungkin Anda beranggapan tidak perlu menggunakan jasa arsitek karena Anda tahu persis apa yang diinginkan untuk desain bangunan yang Anda rencanakan, dan berpikir bahwa kontraktor akan tahu dan bisa mengimplementasikan keinginan Anda dengan baik.

Namun tahukah Anda? Arsitek akan sangat meringankan beban Anda dari kesulitan menuangkan semua ide dan keinginan dalam bentuk gambar yang bisa dengan mudah diwujudkan oleh para kontraktor. Arsitek juga memberikan saran terbaik agar bangunan bisa berfungsi dengan lebih optimal dan nyaman untuk Anda dan keluarga.  

mengawasi proses pembangunanTahukah juga bahwa Arsitek akan menjembatani Anda dan kontraktor, serta mengawasi proses pembangunan sampai bangunan siap Anda tempati tanpa kendala? Atau bahwa sebenarnya biaya yang dikeluarkan untuk jasa Arsitek ternyata tidak sebanding dengan penghematan waktu bahkan penghematan biaya yang bisa diberikan dari hasil kerja Arsitek ?

Artikel ini akan membuka pikiran Anda betapa pentingnya jasa Arsitek untuk mewujudkan impian untuk mendapatkan bangunan yang fungsional, nyaman, dan estetis.

W House di Tulodong, Jakarta karya Studio Air Putih (sumber: arsitag.com)

W House di Tulodong, Jakarta karya Studio Air Putih (sumber: arsitag.com)

Keahlian Arsitek

  1. Arsitek terlatih untuk jeli dan tanggap terhadap semua penjelasan Anda, serta menuangkannya dalam bentuk konsep desain dasar yang mempermudah Anda memvisualisasikan semua keinginan dan kebutuhan Anda.
  2. Arsitek mampu menghemat uang Anda dengan mendesain bangunan yang tepat guna dengan teknik terbaik yang cerdik. 
  3. Arsitek mampu mendesain bangunan yang tak lekam oleh waktu sehingga nilai investasinya bisa meningkat.
  4. Arsitek terlatih untuk mengkoordinasi semua proses pembangunan sehingga menghemat waktu, biaya, dan tenaga.
  5. Arsitek mampu membuat bangunan Anda menjadi landmark lingkungan untuk mendukung bisnis dan meningkatkan status  sosial.   
Cosmas Damianus Gozali, lulusan Technische Universitats Wien, Wina, Austria sudah 20 tahun berpengalaman dan menorehkan berbagai karya arsitektur modern, kontemporer, dan futuristik di Indonesia dan di berbagai negara (sumber: sugarandcream.co)
Cosmas Damianus Gozali, lulusan Technische Universitats Wien, Wina, Austria sudah 20 tahun berpengalaman dan menorehkan berbagai karya arsitektur modern, kontemporer, dan futuristik di Indonesia dan di berbagai negara (sumber: sugarandcream.co)
Gading Residence di Kelapa Gading karya Cosmas Gozali (sumber: arsitag.com)
Gading Residence di Kelapa Gading karya Cosmas Gozali (sumber: arsitag.com)

Intuisi Seorang Arsitek

Sejak ujian penyaringan masuk kuliah arsitektur, seorang calon mahasiswa arsitek sudah diuji kepekaannya terhadap lingkungan. Selama masa kuliah arsitek juga dididik untuk cepat tanggap terhadap setiap permasalahan yang menyangkut fungsi ruang dan kenyamanan manusia penggunanya.Inilah sebabnya, intuisi seorang arsitek bisa dengan cepat menanggapi kebutuhan klien dan bisa memberikan saran terbaik bagi setiap permasalahan yang ada.

Andra Matin, arsitek kontemporer yang ramah lingkungan (sumber: sugarandcream.co)

Andra Matin, arsitek kontemporer yang ramah lingkungan (sumber: sugarandcream.co)Andra Matin, arsitek kontemporer yang ramah lingkungan (sumber: sugarandcream.co)

MW house di Semarang salah satu karya Andra Matin. Ekspresi kemurnian dan kesempurnaan bentuk kubus (sumber:  indesignlive.sg)

MW house di Semarang salah satu karya Andra Matin. Ekspresi kemurnian dan kesempurnaan bentuk kubus (sumber:  indesignlive.sg)

Biaya Jasa Arsitek  

Sama seperti profesi lainnya, semakin berpengalaman, maka biaya jasa akan semakin mahal.  Dan sama juga seperti profesi lainnya, ada beberapa arsitek profesional yang justru terpanggil untuk memberikan keahlian dan pengalamannya demi idealisme dan kecintaannya pada dunia arsitektur.  Mereka tidak berpikir melulu tentang biaya jasa, tetapi hasrat untuk mencapai hasil terbaik bagi kemajuan dan pencitraan karya arsitektur.  Salah satunya adalah Yu Sing dari Studio Akanoma.  Pria kelahiran Bandung tahun 1976 ini lulus dari ITB tahun 1999 dan telah berhasil menorehkan berbagai karya spektakuler yang low budget  dan ramah lingkungan. 

Yu Sing, arsitek pendiri Studio Arsitektur Akanoma “Akar Anomali” dan penulis buku “Mimpi Rumah Murah” (2009). (sumber: koran.tempo.co)

Yang Dilakukan Arsitek Untuk AndaYu Sing, arsitek pendiri Studio Arsitektur Akanoma “Akar Anomali” dan penulis buku “Mimpi Rumah Murah” (2009). (sumber: koran.tempo.co)
Yang Dilakukan Arsitek Untuk AndaRumah kediaman Bima Aryo Wicaksono dan Dewi Permata Sari di Ozone Residence, Jakarta Selatan karya Akanoma Yu Sing. Rumah nyaman yang fungsional dengan low budget (sumber: nova.id)
Rumah kediaman Bima Aryo Wicaksono dan Dewi Permata Sari di Ozone Residence, Jakarta Selatan karya Akanoma Yu Sing. Rumah nyaman yang fungsional dengan low budget (sumber: nova.id) 
Rumah karya Akanoma Yu Sing yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan botol bekas untuk tempat jemur (sumber: arsitag.com)
Rumah karya Akanoma Yu Sing yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan botol bekas untuk tempat jemur (sumber: arsitag.com)

Rumah low budget yang nyaman didesain arsitek ternama, Akanoma Yu Sing (sumber: nova.id)

Rumah low budget yang nyaman didesain arsitek ternama, Akanoma Yu Sing (sumber:Rumah low budget yang nyaman didesain arsitek ternama, Akanoma Yu Sing (sumber: nova.id)

Jadi,  sekarang Anda tahu bahwa jasa arsitek sangatlah diperlukan untuk mendapatkan desain idaman yang fungsional, nyaman, dan estetis, bahkan bisa membuat bangunan Anda menjadi sebuah ikon baru di lingkungan Anda. Arsitek juga dapat meringankan beban pikiran dan stres akibat bingung mengaplikasikan konsep.  Arsitek akan membantu Anda mewujudkan impian dalam keterbatasan biaya, menjadi jembatan dengan kontraktor, dan pada akhirnya membantu menghemat biaya dan waktu dengan hasil yang optimal. Jadi, carilah informasi sebanyak-banyaknya dan pilihlah arsitek yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga:

Bagaimana Cara Mencari Arsitek

Jenis-jenis Arsitek

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.