8 Ide Desain agar Selasar Tidak Membosankan

selasar bangunan

Selasar sebagai jalan penghubung antar ruang tidak harus menjemukan. Sulaplah menjadi ruang spesial dengan memanfaatkan karya seni, koleksi buku, pencahayaan, dan berbagai ide lainnya.


Sumber : Semelsnow interior

1. Karpet. Pemanfaatan karpet berpola horizontal pada selasar yang panjang akan membuat kesan lebih lebar.  Jika tidak mendapatkan karpet yang cukup panjang, jahitlah beberapa karpet untuk menyatukannya.


Sumber : decoist

2. Galeri foto dan lukisan. Memiliki selasar yang panjang berarti memiliki banyak ruang untuk mendisplay koleksi foto dan lukisan menjadi galeri pribadi.  Padukanlah warna cat dinding dan frame untuk menciptakan kesan minimalis.


Sumber : house to home

3. Kabinet. Selasar yang cukup lebar bisa digunakan untuk meletakkan kabinet yang cukup panjang.  Perpaduan kabinet, pencahayaan, karpet, dan berbagai lukisan menghilangkan kesan selasar yang biasanya membosankan, sekaligus selasar menjadi fungsional.


Sumber : pinterest.design rulz

4. Pencahayaan.  Tidak bisa dipungkiri lagi, pencahayaan  merupakan elemen arsitektur yang penting. Apalagi dalam selasar yang tidak berjendela, desain pencahayaan menjadi keharusan.  Downlighting yang tepat akan semakin menonjolkan dan memperindah material dinding, lantai, dan plafond yang digunakan.


Sumber : pinterest

5. Panel dinding. Panel dinding pada selasar menjadi elemen desain dekoratif yang penting, sekaligus melindungi dinding dari kerusakan akibat benturan , apalagi area ini sering dilewati. Padu padankanlah warna panel dengan dinding untuk memberi kesan kontras ataupun komplementer.


Sumber : Soma Architekci

6. Rak buku.Para pecinta buku, tidak pernah punya ruang yang cukup untuk menyimpan koleksi buku-bukunya.  Selasar dapat difungsikan untuk memenuhi keinginan membaca tanpa harus ‘jauh-jauh’ pergi ke ruang baca untuk mengambil buku.  Manfaatkanlah selasar untuk perluasan perpustakaan pribadi .  Setidaknya, koleksi buku akan berada di tiga ruang sekaligus, dua ruang atau bisa lebih yang dihubungkan dengan selasar, dan selasar itu sendiri.


Sumber : eazywallz

7. Murals (lukisan dinding). Pilihlah tema mural untuk melukis dinding selasar menjadi lebih ‘hidup’ dan tidak monoton.  Tema lukisan bisa memanfaatkan elemen garis agar selasar lebih luas. Pilihlah warna yang terang untuk mencerahkan.  Tema lain seperti tema edukasi dan tema alam juga bisa dimanfaatkan untuk memperindah selasar. 


Sumber : Faye Toogod

8. Cermin dengan frameJika Anda menginginkan selasar berkesan seperti galeri, tetapi belum tahu tema gambar yang ingin ditampilkan, pergunakanlah cermin dengan frame.  Nantinya keberadaan cermin bisa dimanfaatkan sebagai perletakan foto/lukisan, atau pun menambah pencahayaan dan kesan lebih luas di selasar yang kecil dan panjang.

Sumber :

www.houzz.com

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram