Manfaat Penting Pencahayaan Alami untuk Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Penting Pencahayaan Alami untuk Rumah yang Perlu Anda Ketahui | Foto artikel Arsitag
Pencahayaan alami dalam ruangan karya Toa Heftiba // unsplash.com
 

Cahaya alami yang berasal dari matahari memiliki banyak sekali manfaat untuk rumah atau hunian Anda. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan memiliki jendela yang cukup agar setiap ruangan di rumah Anda mendapatkan manfaat dari cahaya alami tersebut.

Dari segi kesehatan, cahaya matahari mampu menyumbang rasa hangat dan Vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh, mengurangi kelembapan ruangan sehingga ruangan terasa lebih segar, bahkan membantu mencegah timbulnya aroma tidak sedap dari kemungkinan munculnya jamur. Sementara dari segi visual desain interior, cahaya alami membantu menimbulkan efek ruang yang lebih luas, menonjolkan detail-detail ornamen, hingga membangkitkan nuansa modern dalam ruangan. Ingin tahu selengkapnya? Ketahui berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan memaksimalkan pencahayaan alami di rumah Anda.

Memberi Kesan Luas pada Ruangan
Pencahayaan untuk kesan ruangan lebih luas, karya Deborah Cortelazzi // unsplash.com

Pencahayaan untuk kesan ruangan lebih luas, karya Deborah Cortelazzi // unsplash.com
 

Hal pertama yang akan Anda rasakan jika rumah Anda mendapat pencahayaan alami yang cukup adalah kesan bertambah luas. Cahaya alami untuk desain interior akan menyinari sudut-sudut gelap dan berbayang, sehingga batas ruangan terasa lebih besar. Efek ini kurang maksimal dirasakan jika hanya mengandalkan pencahayaan buatan seperti lampu.

Membantu Memperlihatkan Warna Asli Dari Furnitur
Warna asli furnitur ditunjang pencahayaan natural, karya You X Ventures // unsplash.com

Warna asli furnitur ditunjang pencahayaan natural, karya You X Ventures // unsplash.com
 

Ruangan yang redup atau gelap sering kali membuat warna yang terdapat pada furnitur ataupun dinding tampak lebih kusam. Dengan adanya pencahayaan alami dari matahari, warna-warna tersebut akan terlihat jelas dan hidup. Konsep desain dan warna yang digunakan pun akan lebih tampak menonjol dan menunjukkan kesan yang kuat.

Hemat Biaya dan Energi
Ruangan terang tanpa lampu, karya Erick Lee Hodge // unsplash.com

Ruangan terang tanpa lampu, karya Erick Lee Hodge // unsplash.com
 

Salah satu hal yang menjadi risiko rumah yang tidak mendapat cahaya alami adalah penggunaan lampu secara terus menerus. Hal tersebut dapat diminimalisasi dengan jendela yang besar atau pembuatan skylight pada bagian tertentu di rumah. Penerapan cahaya alami dalam rumah mendukung gaya hidup hemat energi dan tentunya juga mengurangi biaya penggunaan listrik.

Baca juga: 6 Trik Penataan Rumah Dominan Warna Putih Biar Nggak Monoton dan Tetap Enak Dipandangvia Hipwee.com
 

Membangun Mood dan Meningkatkan Produktivitas
Cahaya matahari pada kamar tidur karya Sarah Wayte // unsplash.com

Cahaya matahari pada kamar tidur karya Sarah Wayte // unsplash.com
 

Setiap pagi, ruangan yang gelap dan minim terkena sinar matahari akan mempengaruhi kita sulit bangun dan beranjak dari tempat tidur. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kamar Anda memiliki jendela besar yang meskipun tertutup tirai, tetap akan bisa disisipi cahaya matahari. Sinar matahari sendiri mampu meningkatkan mood dan mendorong semangat Anda untuk menjalani aktivitas.

Manfaat Untuk Kesehatan
Yoga di bawah sinar matahari, karya Wee Lee // unsplash.com

Yoga di bawah sinar matahari, karya Wee Lee // unsplash.com
 

Sinar matahari pagi dan sore mengandung vitamin D yang baik untuk sistem imun dan memiliki berbagai manfaat lain yang menguntungkan bagi kesehatan. Jika kediaman Anda memiliki pencahayaan yang cukup dari matahari, Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut tanpa harus sering-sering keluar rumah. Aktivitas olahraga ruangan seperti yoga atau pilates pun dapat Anda lakukan di bawah sinar matahari pagi.

Meringankan Kinerja Mata
Pencahayaan alami baik untuk mata, karya Arnel Hasanovic // unsplash.com

Pencahayaan alami baik untuk mata, karya Arnel Hasanovic // unsplash.com
 

Ada penelitian yang membuktikan bahwa cahaya yang dihasilkan perangkat seperti komputer, laptop, dan ponsel akan membuat mata lelah. Paparan cahaya gadget dalam ruangan dengan cahaya redup atau cahaya buatan dikhawatirkan memperburuk penglihatan. Oleh karena itu, cahaya matahari dinilai lebih baik dalam meringankan kinerja indra penglihatan yaitu mata.

Mengurangi Kelembapan Berlebih
Kelembapan ruangan terjaga dengan cahaya alami, karya Justin Schüler // unsplash.com

Kelembapan ruangan terjaga dengan cahaya alami, karya Justin Schüler // unsplash.com
 

Masalah lainnya yang harus Anda hadapi jika memiliki rumah dengan minim pencahayaan adalah kelembapan. Ruangan yang terlalu lembap memudahkan bakteri dan jamur untuk berkembang biak, sehingga dapat memunculkan berbagai masalah seperti bau tidak sedap. Cahaya matahari bermanfaat mengurangi kelembapan dalam ruangan, sehingga bakteri dan jamur penyebab bau pun akan sulit berkembang.

Baca juga: Desain Rumah Tropis Minimalis Tiga Lantai Super Keren di Vietnam
 

Baik Untuk Tanaman Dalam Ruangan
Cahaya alami bermanfaat untuk tanaman dalam ruangan karya Greg Rosenke // unsplash.com

Cahaya alami bermanfaat untuk tanaman dalam ruangan karya Greg Rosenke // unsplash.com
 

Ruangan dengan pencahayaan alami juga memungkinkan Anda untuk memiliki tanaman hiasindoor. Hal ini tentunya akan menunjang keasrian di dalam rumah. Beberapa jenis tumbuhan bahkan memberikan manfaat langsung pada aktivitas pertukaran oksigen, sehingga ruangan menjadi lebih segar secara alami.

Apakah manfaat-manfaat pencahayaan alami bagi rumah Anda di atas sudah Anda rasakan langsung saat ini? Pastikan setiap ruangan dalam hunian Anda memiliki jendela ataupun akses cahaya yang cukup, agar memudahkan cahaya matahari masuk dengan leluasa. Anda pun bisa menerapkan skylight sebagai akses cahaya alami dalam ruangan tertentu seperti dapur dan kamar mandi.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Hilda Khairunnisa

Seorang penulis kreatif dan pembaca penuh waktu yang membaca dan menulis tentang apa saja. Menyukai film dan senang mencari inspirasi lewat video iklan Youtube.