Rumah Milenial Kompak di Lahan Terbatas

Rumah Milenial Kompak di Lahan Terbatas | Foto artikel Arsitag
Fasad rumah Fitted House karya Bahtera Associates // arsitag.com

Artikel ini telah terbit di Majalah Housing Estate Cetak, Edisi Mei 2020 dengan judul yang sama.
 

Proyek rumah berjudul Fitted House yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, ini dirancang oleh arsitek Bahtera Associates. Luas lahannya 122 m2 (9 x 13,5 m) dan bangunan hanya memanfaatkannya 81 m2 (6 x 13,5 m) dan 41 m2 lagi untuk bangunan semi publik, sehingga luas total bangunan menjadi 120 m2. Konsep awal rumah ini untuk menciptakan sebuah hunian berlahan kecil di tengah kota yang berada pada daerah yang memiliki tingkat polusi udara dan suara yang cukup tinggi. Desain bangunan mengikuti fungsi bangunan dan keadaan lingkungan sekitarnya. Salah satu aplikasinya dapat dilihat pada tampak bangunan, dengan bentuk kotak geometris yang hanya memiliki satu jendela menghadap keluar.

Ruang keluarga Fitted House dengan bukaan jendela ke halaman mungil di samping rumah // arsitag.com

Ruang keluarga Fitted House dengan bukaan jendela ke halaman mungil di samping rumah // arsitag.com
 

Hal ini seusai dengan konsep hunian yang simple dengan tidak terlalu banyak bukaan ke arah luar untuk meminimalkan polusi udara dan polusi suara yang dapat masuk ke dalam rumah. Bukaan-bukaan lain didesain ke area samping dan area dalam bangunan yang tidak berbatasan langsung dengan luar bangunan.

Dari segi interior, penataan furnitur didesain fit in, simple, efektif, dan efisien disesuaikan dengan kebutuhan dan luas setiap ruang. Dalam pemilihan konsep warna, rumah menggunakan warna-warna natural untuk memberikan kesan yang nyaman, hangat, dan luas.

Baca juga: NOR House: Arsitektur Rumah Unik Bermandikan Cahaya
 

Desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan // arsitag.com

Desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan // arsitag.com
 

Fitted House terdiri dari dua lantai dan satu lantai mezanin di paling atas. Ketinggian plafon setiap lantai didesain hanya 2,4 m, kecuali lantai satu 2,1 m. Hal ini untuk memberikan kesan ruangan yang tetap nyaman dan proporsional mengingat lebar ruang yang tidak terlalu besar. Lebar efektif hampir setiap ruang hanya 3,6 m, lebar sirkulasi tangga 80 cm, dan lebar area terbuka hijau 1,2 m.

Lantai 1

Denah lantai 1 Fitted House karya Bahtera Associates // arsitag.com

Denah lantai 1 Fitted House karya Bahtera Associates // arsitag.com
 

Di lantai satu sebagai area servis terdapat garasi satu mobil, dapur kotor, kamar tidur pembantu, area jemur, dan kamar mandi.

Lantai 2

Denah lantai 2 Fitted House karya Bahtera Associates // arsitag.com

Denah lantai 2 Fitted House karya Bahtera Associates // arsitag.com
 

Inti dari konsep desain Fitted House ini diaplikasikan di lantai dua. Pencahayaan alami dan sirkulasi udara pada rumah juga berpusat di lantai ini. Terdapat satu kamar tidur, ruang keluarga,  dan ruang makan yang berkonsep open plan, kamar mandi, janitor, dan ruang terbuka hijau pada area samping bangunan. Area makan memiliki lebar 3,6 m dengan tinggi plafon 2,4 m. Untuk menyiasatinya agar terkesan luas, salah satu dinding area makan didesain menggunakan material full cermin. Selain itu meja makan dengan lebar 1,8 m didesain melayang untuk mendukung kesan luas pada area makan. Ruang keluarga dan ruang makan didesain menyatu (open plan) dengan void yang dibuat memiliki pintu tinggi yang dapat dibuka full dari atas sampai bawah, sehingga sirkulasi udara dan pencahayaan alami dapat masuk secara maksimal.

Lantai Mezanin

Denah mezanin Fitted House karya Bahtera Associates // arsitag.com

Denah mezanin Fitted House karya Bahtera Associates // arsitag.com
 

Kamar tidur utama pada lantai mezanin paling atas didesain sebagai ruang yang spesial dari rumah ini. Area walk in wardrobe dibuat tidak ada sekat untuk memberikan kesan luas dan menyatu dengan area tidur pada kamar utama. Selain itu, salah satu sisi area tidur dirancang full kaca ke arah void lantai dua untuk memasukkan cahaya alami dan sirkulasi udara secara maksimal ke dalam kamar tidur utama. Bukaan yang besar ini juga memiliki fungsi bagi penghuni untuk mengontrol dan melihat setiap aktivitas di dalam rumah, karena posisi kamar utama yang berada di mezanin paling atas dan di tengah hunian.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Compact dan Hemat Ruang di Kamar Tidur Mungilvia IDN Times
 

Kamar tidur utama yang menyatu dengan walk in wardrobe // arsitag.com

Kamar tidur utama yang menyatu dengan walk in wardrobe // arsitag.com
 

Profil Arsitek Bahtera Associates

https://www.arsitag.com/profile/bahtera-associates

Sejak lulus tahun 2011 dari Universitas Parahyangan, Bandung, Constantine Ryan Setiadi dan Donny Kristianto telah berperan dan aktif dalam beberapa proyek, baik itu rumah tinggal maupun area publik. Pada tahun 2017, mereka berdua memutuskan untuk mendirikan biro arsitek Bahtera Associates yang berkantor di Bandung, Jawa Barat. Mereka berusaha untuk selalu menerapkan karakter desain yang timeless, unik, dan tentunya personal untuk semua klien mereka. Khusus untuk karya arsitektur rumah tinggal, Bahtera Associates berpedoman, rumah harus dapat mewadahi setiap kebutuhan aktivitas penghuninya dan menciptakan sebuah ruang yang dapat dilihat, dirasakan, dan dinikmati ketika berada di dalamnya. Mereka juga ingin memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa rumah tidak harus besar untuk nyaman ditinggali, tidak harus mewah untuk enak dilihat, tetapi fungsional. Oleh sebab itu, setiap ruangan memiliki dimensi yang sudah diperhitungkan dengan ukuran furniturnya sehingga menghasilkan sebuah desain yang kompak dengan tetap memperhatikan kenyamanan ruang di dalamnya.

Baca berita seputar properti Indonesia lainnya di Majalah Housing Estate Edisi Mei di sini.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Housing Estate

Housing Estate merupakan portal online properti Indonesia yang berfokus pada pembaca Indonesia di seluruh dunia. Isi portal online properti ini mencakup berita properti yang di-update setiap hari, menyajikan mesin pencarian rumah dan apartemen yang sedang dipasarkan developer di kota-kota besar di seluruh Indonesia, memotret gaya hidup yang sedang berkembang di seputar properti (interior, arsitektur, home appliance, dan building material), serta menampilkan tokoh-tokoh di balik kesuksesan proyek-proyek properti di Indonesia.