Desain Rumah Tropis Minimalis Tiga Lantai Super Keren di Vietnam

Desain Rumah Tropis Minimalis Tiga Lantai Super Keren di Vietnam | Foto artikel Arsitag

Rumah tropis minimalis karya H.a Workshop, via archdaily.com
 

Desain rumah tropis minimalis menjadi desain yang tepat untuk diterapkan di area dengan iklim tropis seperti di Vietnam. Rumah dirancang dengan mempertimbangkan faktor udara yang cenderung panas sepanjang tahun, dan hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Jika dibedah lebih jauh, konsep rumah tropis tentunya memiliki sentuhan yang berbeda dibandingkan dengan rumah yang berada di daerah dengan empat musim.

Fasad rumah tropis yang tampak sangat minimalis karya H.a Workshop, via archdaily.com

Fasad rumah tropis yang tampak sangat minimalis karya H.a Workshop, via archdaily.com
 

Sebuah rumah karya H.a Workshop yang berada di Vietnam memiliki semua ciri dari rumah tropis dengan konsep minimalis. Pendekatan minimalis yang dipergunakan terasa hangat dan lapang, sehingga terasa nyaman untuk seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak.

Dapur Sebagai Pusat Rumah
Dapur rumah tropis yang juga berkonsep minimalis karya H.a Workshop, via archdaily.com

Dapur rumah tropis yang juga berkonsep minimalis karya H.a Workshop, via archdaily.com
 

Rumah minimalis yang dibangun di atas lahan seluas 170 m2 ini didesain dengan dapur sebagai pusat segala aktivitas. Dari dapur inilah, semua penghuni rumah dapat melihat seluruh area yang ada dalam rumah tingkat tiga ini. Sebagai pusat aktivitas, terlihat jelas bahwa bagian dapur memiliki ukuran paling luas dibandingkan dengan ruangan lainnya.

Baca juga: Sentuhan Warna Natural Kayu untuk Dapur Berkesan Hangat dan Mewahvia Cantik.tempo.co
 

Bangunan 3 Lantai dengan Struktur Sederhana
Interior rumah tropis minimalis yang menggunakan banyak struktur kayu, karya H.a Workshop, via archdaily.com

Interior rumah tropis minimalis yang menggunakan banyak struktur kayu, karya H.a Workshop, via archdaily.com
 

Rumah tropis minimalis ini merupakan bangunan tiga lantai dengan menerapkan struktur yang terbilang sangat sederhana. Uniknya, bentuk lantai kedua dan ketiga rumah sengaja didesain dengan model menyusut. Sehingga, lantai paling atas memiliki luas yang paling kecil dari seluruh bagian rumah. Hal ini merupakan perwujudan dari ide untuk menjadikan dapur sebagai pusat aktivitas. Dengan menerapkan desain menyusut ke atas, anggota keluarga dapat melihat seluruh bagian rumah dari dapur, termasuk juga area yang berada di lantai paling atas.

Struktur rumah yang sederhana ini juga memiliki banyak bukaan di dinding, tanpa adanya pembatas kecuali pintu geser kaca dan gorden. Konsep terbuka ini dilakukan untuk menciptakan kesan lapang dan ringan. Sekaligus, memudahkan sirkulasi cahaya dan udara ke seluruh bagian rumah. Sirkulasi udara yang lancar membuat udara terasa lebih sejuk dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga di saat cuaca panas melanda.

Sentuhan Kayu yang Hangat dalam setiap Ruangan
Ruang belajar dan kamar tidur rumah tropis minimalis karya H.a Workshop, via archdaily.com

Ruang belajar dan kamar tidur rumah tropis minimalis karya H.a Workshop, via archdaily.com
 

Begitu memasuki rumah, Anda akan langsung mendapati penggunaan kayu secara menonjol dalam setiap ruangan. Bisa dikatakan bahwa kayu menjadi material dominan dalam rumah ini. Material yang identik dengan nuansa alam ini dipergunakan sebagai furnitur, tangga, lantai bangunan, hingga langit-langit di setiap ruangan. Pengaplikasian warna kayu yang serupa pada seluruh area rumah membawa keseragaman yang memberikan kesan hangat.

Desain Minimalis yang Super Kece
Kamar tidur bergaya tropis minimalis yang tampak sangat sejuk, karya H.a Workshop, via archdaily.com

Kamar tidur bergaya tropis minimalis yang tampak sangat sejuk, karya H.a Workshop, via archdaily.com
 

Menyesuaikan karakter tema yang diusung yaitu tropis minimalis, interior hunian pun secara konsisten menerapkan konsep minimalis dalam setiap ruangan. Setiap ruangan hanya mempergunakan furnitur yang fungsional. Walaupun begitu, bentuk atau desain yang dipilih memiliki sentuhan estetika yang membuatnya terlihat keren. Hal ini terlihat jelas dalam setiap ruangan termasuk juga kamar tidur.

Baca juga: Red Box House: Rumah Minimalis Modern Super Keren di India
 

Taman Mungil sebagai Penyejuk Rumah
Taman rumah tropis minimalis karya H.a Workshop, via archdaily.com

Taman rumah tropis minimalis karya H.a Workshop, via archdaily.com
 

Rumah tropis tentunya tidak akan lengkap tanpa kehadiran tanaman. Tak terkecuali, rumah yang ingin mengoptimalkan ventilasi udara dan cahaya ini. Hal tersebut dihadirkan dalam wujud taman mungil yang berada di samping dapur. Taman mungil ini dipenuhi dengan ragam tanaman hijau sebagai penyejuk pandangan mata sekaligus sebagai penyejuk udara.

Taman mungil yang menyempurnakan nuansa tropis tersebut berada di halaman belakang rumah yang super mungil. Sebuah dinding kaca yang berdiri setinggi dua lantai menjadi pemisah antara taman dengan rumah utama. Selain sebagai pemisah, dinding kaca juga menjadi sumber masuknya sinar matahari ke seluruh bagian rumah. Hal ini membuat seluruh area mendapatkan penerangan maksimal sepanjang hari tanpa ada kesan sumpek, gelap, dan lembap.

Baca juga:  Inspirasi desain rumah minimalis modern

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis