Inspirasi Kreasi Ruang Kerja Terbuka untuk Work from Outdoor

Inspirasi Kreasi Ruang Kerja Terbuka untuk Work from Outdoor | Foto artikel Arsitag

Ruang kerja outdoor, foto olehMarc Wieland,via unsplash.com

Bekerja di dalam ruangan terus-menerus memperbesar kemungkinan untuk bosan hingga stres. Keterbatasan suasana baru, bahkan udara yang pengap bakal berpengaruh menurunkan produktivitas dalam bekerja. Lantas, pernahkan Anda terpikir untuk bekerja di luar ruang?

Ya, bekerja di luar ruang (work from outdoor) saat ini mulai banyak digemari. Beberapa kantor bahkan sudah menyediakan ruang luar untuk bisa dimanfaatkan sebagai tempat karyawannya bekerja. Tidak hanya di kantor, ruang kerja terbuka juga bisa dihadirkan pada rumah tinggal dengan memanfaatkan area taman rumah, balkon, atau teras. Penataannya pun tidak perlu terlalu heboh. Semua properti bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan yang ingin Anda capai.

Sebagai inspirasi, berikut adalah beberapa ide kreasi ruang kerja terbuka di rumah untuk menunjang aktivitas work from outdoor Anda.

1. Aplikasi dekorasi sederhana
Ruang kerja terbuka di pekarangan rumah, foto oleh Tyler Lastovich, via unsplash.com

Ruang kerja terbuka di pekarangan rumah, foto olehTyler Lastovich,via unsplash.com
 

Taman atau area terbuka di rumah Anda mungkin tidak terlalu besar, bahkan cenderung sempit. Namun, hal itu bukan masalah karena Anda hanya memerlukan space seperlunya untuk meletakkan meja dan kursi kerja. Tidak perlu takut pengap karena suasana outdoor akan membuatnya terasa lega. Agar tidak membosankan sekaligus memberi sentuhan estetik, Anda bisa menambahkan dekorasi tanaman hias baik di atas meja atau spot lain.

2. Desain tematik
Ruang outdoor bertema Maroko, foto oleh Emma Van Sant, via unsplash.com

Ruang outdoor bertema Maroko, foto olehEmma Van Sant,via unsplash.com
 

Sebagai area untuk bekerja, kenyamanan tentu harus menjadi faktor yang dipertimbangkan. Guna mewujudkan kenyamanan tersebut, maka sepatutnya area bekerja didesain dengan tema yang Anda sukai. Merancang ruang kerja outdoor dengan sesuatu yang tematik tidak hanya membuat Anda betah, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas karena suasana hati yang senang.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Meja Komputer di Rumah untuk Work From Home Super Produktif
 

3. Ruang kerja di teras
Ruang kerja outdoor di teras, desain rumah karya Raaj Gill Arsitek, via arsitag.com

Ruang kerja outdoor di teras, desain rumah karyaRaaj Gill Arsitek,via arsitag.com
 

Jika area taman dirasa kurang nyaman karena cahaya yang terlalu terik atau terkendala cuaca, maka Anda bisa memindahkan ruang kerja di area teras. Memilih area teras untuk ruang kerja juga lebih menguntungkan. Anda yang menggunakan perabotan listrik seperti laptop, maka akan lebih mudah dan aman untuk menyediakan instalasi listriknya.

4. Memanfaatkan rooftop
Ruang kerja semi outdoor di rooftop, rumah karya Hiji Dua Studio, via arsitag.com

Ruang kerja semi outdoor di rooftop, rumah karyaHiji Dua Studio,via arsitag.com
 

Rooftop mungkin akan menjadi alternatif ruang kerja outdoor yang sangat ideal. Hal ini lantaran di lantai teratas ini biasanya minim akan gangguan, seperti suara bising lalu lintas atau aktivitas penghuni rumah. Udara hingga pemandangan yang disediakan juga lebih menjanjikan untuk membuat pengalaman bekerja di luar ruang lebih menyenangkan. 

5. Suasana santai di balkon
Balkon menjadi sudut nyaman serbaguna, desain rumah tinggal karya AXIALSTUDIO, via arsitag.com

Balkon menjadi sudut nyaman serbaguna, desain rumah tinggal karyaAXIALSTUDIO,via arsitag.com
 

Balkon juga menjadi area yang sangat potensial untuk ruang bekerja. Tak melulu harus menggunakan meja dan kursi kerja, jika memungkinkan maka Anda bisa memanfaatkan kursi dan meja kerja santai. Hal ini akan membuat pengalaman bekerja tidak terlalu monoton.
 

Baca juga: Rumah Sekaligus Kantor Urban Modern
 

6. Bekerja di taman bak liburan
Bekerja di taman bergaya ala vila Bali, foto oleh Jiemei Lin, via unsplash.com

Bekerja di taman bergaya ala vila Bali, foto olehJiemei Lin,via unsplash.com
 

Apakah Anda lebih menyukai suasana ruang kerja yang atraktif bahkan layaknya tempat berlibur? Hal tersebut bisa diwujudkan dengan menyulap taman rumah menjadi taman santai bak di resor. Buatlah ruang kerja di taman layaknya suasana liburan. Anda bahkan bisa memasang hammock dan bekerja menggunakan laptop di atasnya. Menyediakan gazebo juga menjadi ide menarik, sehingga Anda memiliki banyak pilihan spot untuk bekerja sehingga tidak membosankan.

Bagaimana, menarik bukan untuk menciptakan ruang kerja di outdoor? Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, akan lebih bijak jika Anda bekerja di area rumah saja dari pada harus berpindah-pindah kafe demi mencari suasana kerja yang menyenangkan.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.