Yuk, Mengenal Desain Open-Plan Alias Rumah Tanpa Sekat

Yuk, Mengenal Desain Open-Plan Alias Rumah Tanpa Sekat | Foto artikel Arsitag
Cover : Desain Open Plan untuk Interior yang Lebih Lega (Sumber: home-designing.com)
 

Bayangkan Anda masuk ke dalam rumah sepulang bekerja dan menemukan ruangan yang semakin sempit karena berantakan. Jika Anda mulai merasakan hal itu, mungkin sudah saatnya menggunakan model rumah minimalis tanpa sekat.

Desain open-plan ini merupakan desain yang dirancang untuk orang-orang yang menyukai desain rumah kecil tanpa sekat. Menghilangkan dinding bahkan pintu memang diyakini akan membuat kesan sumpek di dalam rumah jadi berkurang. Jika Anda masih khawatir bagaimana mewujudkan desain open-plan ini, simak beberapa contohnya sebagai referensi berikut ini!

Desain Open-Plan Ruang Tamu dengan Ruang Makan

Open-Plan Ruang Tamu dengan Ruang MakanOpen-Plan Ruang Tamu dengan Ruang Makan (Sumber: pinterest.com)
 

Meski bagi sebagian orang ruang makan bukanlah ruang yang bisa ditunjukkan kepada semua orang, menyatukan kedua ruangan ini ternyata termasuk opsi yang paling banyak diambil untuk desain open-plan. Dengan mengusung tema yang sama, desain open-plan di atas tidak membuat suasana jadi kacau, malah semakin elegan.

Desain Open-Plan Dapur dengan Ruang Makan

Menghilangkan Dinding Pembatas Ruang Makan dengan DapurMenghilangkan Dinding Pembatas Ruang Makan dengan Dapur (Sumber: realhomes.com)
 

Pilihan lain yang juga tak kalah banyak diambil adalah dengan menyingkirkan dinding yang memisahkan ruang makan dengan dapur. Sebagai dua ruangan yang paling berhubungan satu sama lain, membuat desain open-plan untuk ruang makan dan dapur adalah pilihan yang cerdas sekaligus hemat tempat. Anda bisa menggunakan meja makan terpisah atau menambahkan sebuah dapur island di tengah ruangan.

Desain Open-Plan Kamar Tidur dengan Kamar Mandi

Desain Open-Plan Kamar Tidur dengan Kamar MandiDesain Open-Plan Kamar Tidur dengan Kamar Mandi (Sumber: odeliabydesign.com)
 

Meski tidak banyak yang menyukai ide ini, namun menghilangkan pembatas antara kamar tidur dengan kamar mandi telah lama dilakukan oleh para desainer. Desain open-plan semacam ini memang lebih mudah kita temukan di hotel, resort dan kamar-kamar komersial lainnya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mewujudkannya sendiri di ruma Anda.

Perlu diketahui bahwa desain open-plan tidak harus benar-benar menghilangkan dinding. Anda bisa menggantinya dengan sekat ruang portable atau dinding kaca seperti contoh desain di atas.

Desain Open-Plan Kamar Tidur dengan Balkon

Kamar Tidur Open Plan dengan Nuansa TropisKamar Tidur Open Plan dengan Nuansa Tropis (Sumber: decoist.com)
 

Selain dengan kamar mandi, kamar tidur cocok dibuat dengan model open-plan jika Anda memiliki balkon luas dengan pemandangan yang aduhai. Desain small tropical beach di atas misalnya, menonjolkan nuansa alam pada dinding batu di sisi kepala ranjang. Di hadapannya, Anda bisa menikmati dengan bebas panorama di luar tanpa adanya sekat pembatas.

Desain Open-Plan Kamar Tidur dengan Dinding Kaca

Kamar Tidur Open-Plan dengan Dinding KacaKamar Tidur Open-Plan dengan Dinding Kaca (Sumber: delightfull.eu)
 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, desain open-plan tidak harus sungguh-sungguh meniadakan dinding. Dalam contoh di atas misalnya, sang desainer memutuskan untuk membatasi kamar tidur dengan dinding kaca. Di kedua sisinya ada ruang keluarga dengan ruang tamu dan dapur.

Rancangan ini cocok diterapkan untuk Anda yang tinggal sendiri atau hanya berdua dengan pasangan. Jangan lupa pasang gorden karena sewaktu-waktu Anda pasti butuh privasi saat tamu berkunjung.

Desain open-plan pada dasarnya bukan hanya tentang meniadakan dinding sebagai pembatas tapi tentang bagaimana Anda bisa merasakan lebih banyak ruang, cahaya, dan fleksibilitas di dalam rumah.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."



Mau bangun?