8 Inspirasi Desain Lemari Baju Keren Dalam Kamar Tidur Anda

8 Inspirasi Desain Lemari Baju Keren Dalam Kamar Tidur Anda | Foto artikel Arsitag
Cover Na Residence di Solo karya AlvinT Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Lemari baju adalah furnitur wajib yang harus ada di rumah. Bahkan hampir setiap rumah memiliki  lemari baju pada masing-masing kamar tidurnya. Tanpa adanya lemari baju, maka tidak ada space atau ruang yang bisa digunakan untuk meletakan koleksi baju-baju milik Anda.

Keberadaan lemari baju tentunya sangat membantu dalam menjaga kebersihan dan kerapihan pakaian. Anda bisa menyimpan pakaian yang sudah disetrika atau sudah dilipat ke dalam lemari baju agar terhindar dari debu dan lebih enak dipandang mata karena tersusun secara rapih.

Pada umumnya, lemari baju terdiri dari beberapa bagian yang dipisahkan oleh sekat. Ada bagian dengan ukuran yang lebih besar untuk menggantung pakaian Anda, tetapi ada juga bagian yang lebih kecil atau berupa laci untuk menyimpan pakaian yang sudah dilipat. Jika lemari baju dilengkapi dengan ruang untuk menggantung pakaian, ukurannya akan jauh lebih besar dibandingkan lemari baju yang hanya terdiri dari beberapa laci saja.

Di samping fungsi dan ukurannya, lemari baju dalam kamar tidur juga memilki beragam jenis. Yang pertama yaitu free standing atau lemari baju yang dapat dipindahkan, yang kedua yaitu wall mounted atau lemari yang tidak bisa dipindahkan, dan yang ketiga yaitu closet atau lemari baju berupa ruangan penuh. Namun, lemari baju jenis ketiga sepertinya tidak cocok untuk Anda yang memililiki kamar tidur berukuran sempit.

Jika sedang mencari lemari baju untuk kamar tidur impian Anda, berikut ini beberapa inspirasi desain lemari baju keren dalam kamar tidur Anda.
 

1. Lemari Baju Pintu Trasnparan

Lemari bajuLemari baju Green Bay Apartment di Jakarta karya Hive Design & Build (Sumber: arsitag.com)
 

Lemari baju dengan pintu transparan yang terbuat dari kaca bening memungkinkan siapapun bisa melihat koleksi baju milik Anda.
 

2. Lemari Baju Tanpa Pintu

Lemari bajuLemari baju Clove Garden Hotel di Bandung karya Arkitekt.Id (Sumber: arsitag.com)
 

Lemari baju tanpa pintu akan mempermudah Anda ketika hendak mengganti pakaian karena tidak perlu membuka tutup pintu lemari baju.
 

3. Lemari Baju Untuk Kamar Sempit

Lemari bajuLemari baju One (+One) di Bandung karya Arkitekt.Id (Sumber: arsitag.com)

 

Pemanfaatan space yang cerdas pada kamar tidur berukuran sempit akan memungkinkan Anda untuk dapat memiliki lemari baju dengan ruang gantung.
 

4. Lemari Baju Elegan Warna Hitam

Lemari bajuLemari baju Apartment Season City di Jakarta karya La.Casa (Sumber: arsitag.com)
 

Untuk menghadirkan kesan kamar tidur yang elegan, Anda bisa menggunakan lemari baju berukuran besar dengan warna hitam yang dominan.
 

5. Lemari Baju Dua Pintu

Lemari bajuLemari baju House Lippo Karawaci di Tangerang karya Jettaliving (Sumber: arsitag.com)
 

Akan tetapi, lemari baju juga tidak harus berukuran besar. Cukup dua pintu saja sudah bisa menampung seluruh seluruh baju Anda.
 

6. Lemari Baju Jenis Closet

Lemari bajuLemari baju Na Residence di Solo karya AlvinT Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Untuk kamar tidur berukuran besar dan koleksi baju yang tidak terhitung jumlahnya sebaiknya menggunakan lemari baju jenis closet.
 

7. Lemari Baju Double

Lemari bajuLemari baju Studio Apartment Semanggi di Jakarta karya Havila Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Jika satu lemari baju tidak cukup untuk menampung pakaian milik Anda dan pasangan Anda, gunakan dua buah lemari baju sekaligus.

Memilih lemari baju yang sesuai untuk kamar tidur memang tidak mudah. Jika Anda memiliki kamar tidur berukuran kecil maka sebaiknya menggunakan lemari baju jenis free standing. Jika kamar tidur Anda sudah didesain sedemikian rupa dari awal oleh desainer interior, sebaiknya Anda meminta lemari baju wall-mounted agar lebih menghemat ruang dan dapat menyesuaikan dengan desain interior kamar. Sedangkan, untuk kamar tidur yang berukuran sangat besar, lemari baju jenis closet mungkin cocok untuk Anda.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.



Mau bangun?