Inspirasi Tanaman Rambat untuk Dekorasi Interior Rumah yang Menyegarkan

Inspirasi Tanaman Rambat untuk Dekorasi Interior Rumah yang Menyegarkan | Foto artikel Arsitag

Tanaman rambat interior, foto oleh Prudence Earl, via unsplash.com

Ada banyak cara untuk membuat interior rumah terlihat lebih segar dan indah. Cara yang cukup populer belakangan ini ialah dengan meletakkan tanaman hiasindoor. Tak melulu dengan tanaman biasa, Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan tanaman rambat.

Tanaman rambat merupakan jenis tanaman yang memerlukan media lain untuk melakukan perambatan. Hal ini dilakukan karena tanaman jenis ini memiliki batang lemah, sehingga tak bisa tumbuh optimal tanpa media rambat. Menariknya, tanaman rambat juga ada yang adaptif dengan lingkungan ruang atau indoor. Beberapa di antaranya bahkan memiliki nilai estetika tersendiri untuk menunjang tampilan interior.

Lantas, tanaman rambat apa saja yang bisa dijadikan dekorasi interior rumah tersebut? Berikut adalah beberapa referensinya.

1. Sirih Gading
Tanaman sirih gading di dinding, foto oleh Fabio Hanashiro, via unsplash.com

Tanaman sirih gading di dinding, foto olehFabio Hanashiro,via unsplash.com
 

Jika membahas tentang tanaman rambat indoor, tak akan lepas dari sirih gading. Tanaman ini sangat lumrah dipakai di Indonesia karena mudah didapat dan mudah dalam perawatan. Tanaman sirih gading mampu tumbuh dengan media tanam tanah ataupun air. Sebagai media rambatnya, Anda bisa memberikan tali atau membiarkannya merambat di perabotan yang ada di sekitarnya.

2. Devils Ivy
Tanaman devils ivy di jendela, foto oleh Kelly Sikkema, via unsplash.com

Tanaman devils ivy di jendela, foto olehKelly Sikkema,via unsplash.com
 

Devils ivy sebenarnya satu jenis dengan sirih gading. Namun, tanaman ini lebih populer dikenal sebagai golden pothos, lantaran warna daunnya yang lebih cenderung kuning cerah. Warnanya yang cerah inilah yang menjadikan tanaman hias rambat ini bisa menjadi pusat perhatian dan memberi aksen di dalam ruang. Terkait dengan karakter tumbuh, devils ivy juga bisa merambat alami di barang-barang yang ada di sekitarnya, lho. Bahkan, Anda bisa mengarahkan secara sengaja sesuai dengan keinginan Anda.
 

Baca juga: Tips Memilih Dekorasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Tidur
 

3. Monstera
Tanaman monstera adansonii, foto oleh Veronique Trudel, via unsplash.com

Tanaman monstera adansonii, foto olehVeronique Trudel,via unsplash.com
 

Beberapa waktu ini, tanaman monstera tengah naik daun. Jenis monstera sendiri ada banyak. Di antaranya adalah monstera adansonii, monstera minima, dan monstera obliqua. Ketiga monstera ini merupakan jenis yang tergolong merambat, sehingga dibutuhkan penyangga untuk menunjang arah pertumbuhan batangnya.
Sebagai tanaman interior rambat, jenis monstera ini memang sangat menarik karena keunikan bentuk daunnya. Karakter daunnya yang lebar juga menjadikan tanaman ini bisa langsung mengubah suasana ruang.

4. Hedera Helix
Tanaman hedera helix, foto oleh Veronique Trudel, via unsplash.com

Tanaman hedera helix, foto olehVeronique Trudel,via unsplash.com
 

Hedera helix atau english ivy merupakan jenis tanaman rambat yang juga sangat menarik untuk dijadikan tanaman interior. Nilai estetika dari hedera helix ialah dari karakter daunnya yang berbentuk seperti bintang. Fakta unik lainnya ialah bahwa tanaman ini ternyata juga dianggap sebagai tanaman herbal yang bisa mengobati beberapa masalah kesehatan. Namun demikian, bukan berarti tanaman ini juga aman karena justru jika tertelan secara langsung bisa menyebabkan keracunan. Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, sebaiknya Anda tidak menanam hedera helix jika di rumah Anda memiliki anak-anak.
 

Baca juga: Ragam Ide Kreatif Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hijau
 

5. Heartleaf Philodendron
Tanaman heartleaf philodendron, foto oleh Joao Medina, via unsplash.com

Tanaman heartleaf philodendron, foto olehJoao Medina,via unsplash.com
 

Jenis philodendron juga ada yang merupakan tanaman rambat. Daunnya tidak selebar philodendron biasa serta memiliki daun berbentuk hati, sehingga akrab disebut heartleaf philodendron. Bentuk daunnya yang khas inilah yang menjadi keunggulan dari tanaman interior rambat ini. Selain itu, warnanya yang cerah juga menjadikannya menarik perhatian.

Karakter yang menjadikan heartleaf philodendron semakin digemari ialah pertumbuhan daunnya yang lebat. Hal ini menjadikan area rambatannya terisi penuh, sehingga sangat cocok untuk Anda yang menyukai suasana rimbun. Sebagai tanaman interior, heartleaf philodendron juga mampu bertahan hidup di kondisi minim cahaya.

Setelah melihat berbagai referensi di atas, tanaman rambat interior mana yang menarik perhatian Anda?

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.