Desain Rumah Minimalis dengan Beton Ekspos yang Elegan

Desain Rumah Minimalis dengan Beton Ekspos yang Elegan | Foto artikel Arsitag

Rumah minimalis dengan beton ekspos, karya Studio Piu, via arsitag.com

Kira-kira, desain rumah minimalis seperti apa sih, yang bagus untuk diaplikasikan? Desain rumah minimalis masih menjadi favorit masyarakat untuk dijadikan desain rumah hunian. Desain minimalis pun kerap dianggap sebagai gaya desain terkini, modern, dan berselera kekinian.

Namun, masih banyak orang yang bingung seperti apa gaya yang cocok untuk hunian mereka. Sebenarnya, gaya minimalis cocok untuk Anda yang ingin membuat hunian simpel, namun tetap menarik. Apalagi, bagi Anda yang memiliki rumah di perkotaan dengan lahan yang terbatas, rumah minimalis sangat pas untuk digunakan.

Nah, apabila Anda masih bingung dan belum memiliki banyak inspirasi untuk mendesain rumah minimalis, rumah minimalis dengan beton ekspos karya Studio Piu berikut ini bisa menjadi contoh yang sempurna.

Beton Ekspos Berkarakter
Beton ekspos di seluruh ruangan, karya Studio Piu, via arsitag.com

Beton ekspos di seluruh ruangan, karya Studio Piu, via arsitag.com
 

Saat masuk ke dalam rumah, Anda akan melihat beton ekspos yang mendominasi keseluruhan ruang rumah. Penggunaan beton ekspos pada rumah minimalis memang cukup banyak digunakan. Tak hanya memberikan kesan kokoh, penggunaan material beton ekspos juga mampu menghidupkan nuansa industrial dan modern.

Beton dibiarkan terlihat polos dan terkesan seolah belum selesai. Beton ekspos berfungsi menambahkan karakter pada rumah minimalis. Konsep minimalis biasanya memang kerap menggunakan material esensial untuk mencapai nilai kesederhanaan, namun tetap memiliki kualitas dan estetika yang sangat tinggi. Dinding beton yang menonjolkan struktur aslinya dengan warna abu-abu ini pun otomatis menjadi daya tarik tersendiri bagi rumah beton elegan ini.

Hangat dengan Kombinasi Kayu
Tetap hangat dengan kombinasi kayu, karya Studio Piu, via arsitag.com

Tetap hangat dengan kombinasi kayu, karya Studio Piu, via arsitag.com
 

Banyak yang menganggap jika tampilan rumah dengan beton ekspos akan terlihat kaku dan juga dingin. Namun, tidak demikian dengan rumah mewah beton ekspos ini. Untuk menyiasati hal tersebut, dinding beton pun dikombinasikan dengan material kayu. Material kayu ini tak hanya menghidupkan suasana yang lebih hangat dan natural, tetapi juga memperkaya karakter dari interior rumah. Kayu bisa Anda aplikasikan pada lantai, kitchen set, tangga, hingga furnitur.
 

Baca juga: Desain Rumah Industrial Tropis yang Berlimpah Cahaya Alami
 

Kamar yang Nyaman
Kamar nyaman, karya Studio Piu, via arsitag.com

Kamar nyaman, karya Studio Piu, via arsitag.com
 

Walaupun beton ekspos cenderung memberikan kesan dingin, faktanya kamar tidur ini tetap dapat terasa nyaman dan hangat dengan padu padan warna pada furnitur. Penggunaan unsur kayu pada furnitur dan pencahayaan menjadi poin penting. Tanpa pencahayaan yang cukup, kamar tidur dengan beton ekspos dapat terasa suram. Untuk itu, sumber pencahayaan yang cukup dan konsep ruangan yang terbuka membuka akses yang luas agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam kamar dengan maksimal. Cahaya matahari juga bermanfaat untuk mengurangi kelembapan dinding beton.

Meja Dapur Beton yang Estetik
Meja dapur dari beton, karya Studio Piu, via arsitag.com

Meja dapur dari beton, karya Studio Piu, via arsitag.com
 

Beton ekspos tanpa polesan tak hanya dapat digunakan pada area dinding saja. Anda juga bisa menggunakannya sebagai furnitur utama pada ruangan. Seperti dapur ini yang menggunakan beton ekspos sebagai material meja dapur dan island. Desainnya memberikan kesan unik dan estetik yang sederhana sekaligus menarik. Desain interior beton kayu semakin lengkap dengan kursi berbahan kayu sebagai sentuhan akhir yang manis untuk mengembalikan kehangatan pada ruangan.
 

Baca juga: Desain Interior Apartemen Industrial dengan Beton Ekspos yang Berkarakter
 

Kamar Mandi Elegan
Kamar mandi beton elegan, karya Studio Piu, via arsitag.com

Kamar mandi beton elegan, karya Studio Piu, via arsitag.com
 

Tak hanya pada ruang-ruang utama, rumah beton elegan ini pun mengaplikasikan beton ekspos pada kamar mandi. Walaupun terkesan unfinished, kesan elegan dari beton ekspos juga dapat Anda rasakan di kamar mandi. Tak hanya itu, kamar mandi pun terkesan semakin mewah dan tentunya nyaman untuk digunakan.

Rumah yang didominasi abu-abu ini berhasil membuktikan bahwa material kayu dan beton ekspos mampu menghasilkan tampilan mewah dan elegan secara minimalis. Permainan pencahayaan turut berperan penting menyoroti bagian-bagian yang ingin ditonjolkan. Sudah siap mewujudkan konsep yang sama?

Baca juga:  Desain minimalis untuk rumah idaman

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.