Desain Ceria Ruang Keluarga dengan Sentuhan Warna Kuning

Desain Ceria Ruang Keluarga dengan Sentuhan Warna Kuning | Foto artikel Arsitag
Ruang keluarga warna kuning karya Jonathan Leijonhufvud // curbed.com
 

Tren desain selalu berganti setiap tahunnya. Jika merujuk dari dunia fashion, koleksi dengan tema colorful masuk dalam Tren Fashion 2020. Menurut brand fesyen Rentique yang berkolaborasi dengan Jii, menampilkan dress dan pakaian two piece yang didominasi dengan warna kuning, orange, pink, beserta warna colorful lainnya.

Tren desain kini banyak mengaplikasikan warna sebagai point of view. Warna merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah desain, termasuk desain interior. Sebuah objek yang serupa namun diberi sentuhan warna yang berbeda akan menimbulkan kesan yang berbeda pula. Tiap-tiap warna dan karakternya mampu memberi efek secara psikologis tersendiri bagi orang yang melihat. Contohnya saja, karakter yang dimiliki warna kuning. Sifat warna kuning mampu memancarkan kehangatan, menambah cahaya, memberi inspirasi, mendorong ekspresi diri, hingga menstimulus kemampuan intelektual.

Buat Anda yang sedang menginginkan suasana baru di rumah, cobalah mengaplikasikan warna kuning di ruang favorit kumpul keluarga, yakni ruang keluarga. Rasakan efeknya yang mampu memberikan kehangatan dan keceriaan. Selain itu, warna kuning ampuh memberikan kesan lega pada ruangan. Dijamin, bikin betah kumpul keluarga. Lantas, bagaimana cara memadupadankan warna kuning untuk ruang keluarga dengan cara yang tak biasa? Simak beberapa tips simpel berikut ini!

Dinding Kuning
Ruang keluarga dengan blok warna kuning karya Leroy Merlin // leroymerlin.fr

Ruang keluarga dengan blok warna kuning karya Leroy Merlin // leroymerlin.fr
 

Menata ruang keluarga dengan sentuhan kuning dapat Anda mulai dengan memberikan cat berwarna kuning terang pada salah satu sisi dinding sebagai backdrop dengan konsep blok warna. Sebagai pemercantik, hadirkan perabot yang mendukung komposisi ruangan, seperti sofa dengan warna serupa dan hiasan dinding berwana putih.

Ruang keluarga warna kuning berpadu abu-abu // bocadolobo.com

Ruang keluarga warna kuning berpadu abu-abu // bocadolobo.com
 

Cara uniknya adalah tidak semua ruangan harus didominasi dengan warna kuning. Tambahkan pula warna kontras sebagai pendamping warna kuning. Anda bisa membuat tambahan partisi berwarna abu-abu seolah melapisi dinding Anda.

Baca juga: 6 Inspirasi Blok Warna untuk Menyulap Interior Rumahmu Secara Instanvia IDN Times

Karpet Berpola
Ruang keluarga warna kuning dengan karpet berpola geometris // zomantidecopics.site

Ruang keluarga warna kuning dengan karpet berpola geometris // zomantidecopics.site
 

Sofa berwarna kuning pada ruang keluarga Anda bisa ditemani oleh karpet berpola. Sentuhan warna kuning yang memberikan kehangatan dipadukan dengan warna biru pastel dengan pola heksagonal, efektif menghidupkan keceriaan ruang keluarga.

Ruang keluarga warna kuning dengan karpet berpola persegi // therugseller.co.uk

Ruang keluarga warna kuning dengan karpet berpola persegi // therugseller.co.uk
 

Ada kalanya seluruh rumah Anda sudah telanjur dicat dengan menggunakan warna putih. Siasati   menciptakan desain ceria pada ruang keluarga melalui pemilihan furniturnya. Anda bisa mengakalinya dengan memasang karpet berpola batik dengan corak warna kuning, serta tambahan lampu gantung berwarna kuning. Anda akan merasakan memadupadankan warna adalah hal yang menyenangkan.

Dekorasi Dinding
Ruang keluarga dengan dekorasi dinding nuansa kuning // etsy.com

Ruang keluarga dengan dekorasi dinding nuansa kuning // etsy.com
 

Percantik dinding polos di rumah Anda dengan lukisan abstrak dengan sentuhan warna kuning. Lukisan dinding akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk menghiasi dinding ruang keluarga. Sebagai sebuah karya seni, lukisan memiliki spirit yang luar biasa yang dapat menyihir pandangan mata penghuni.

Ruang keluarga dengan dekorasi dinding bingkai kuning // digsdigs.com

Ruang keluarga dengan dekorasi dinding bingkai kuning // digsdigs.com
 

Cara lain untuk membawa nuansa serba kuning secara simpel yakni dengan memasang dekorasi dinding berwarna kuning cerah. Anda cukup memasang bingkai dengan komposisi bentuk kotak yang ampuh memberikan keseimbangan pada sebuah tampilan desain. Dekorasi ini akan menyempurnakan aksen kuning yang sudah dihadirkan pada furnitur seperti karpet, kursi stool kayu, dan bantal sofa. Perpaduan dekorasi dinding berwarna kuning  akan terlihat kontras dengan cat dinding berwarna abu-abu gelap sehingga menjadi point of interest.

Baca juga: Berbagai Cara Menggunakan Karya Seni Untuk Mempercantik Interior Rumah

Gorden Berwarna Kuning
Ruang keluarga dengan gorden warna kuning // lonny.com

Ruang keluarga dengan gorden warna kuning // lonny.com
 

Bentuk ruang yang sederhana disulap menjadi lebih hidup menggunakan gorden berwarna kuning menerawang. Serasikan warna gorden dengan aksesoris perabot lainnya seperti sofa berwarna kuning terang beserta bantalnya pada ruang keluarga Anda.

Menentukan Focal Point
Ruang keluarga warna kuning dengan sandaran sofa sebagai focal point // elonahome.com

Ruang keluarga warna kuning dengan sandaran sofa sebagai focal point // elonahome.com
 

Padu padankan kreasi warna yang lebih berani. Coba kombinasikan cat dinding berwarna biru pastel dengan warna sofa berwarna kuning tebal. Sentuhan kuning didistribusikan pada aksesoris ruangan dengan cara yang cermat, nyatanya ampuh menghidupkan suasana. Sebagai penyempurna, tambahkan lampu gantung warna putih di atasnya. Menciptakan titik pandang yang menarik.

Ruang keluarga warna kuning karya Jonathan Leijonhufvud // etsy.com

Ruang keluarga warna kuning karya Jonathan Leijonhufvud // etsy.com
 

Lukisan besar motif bunga pada dinding yang gelap adalah teknik penataan warna yang kontras dan memberikan sentuhan desain yang hangat. Dominasi warna kuning menyala pada lukisan menambah kecerian di ruang keluarga.

Terbukti, memberikan warna kuning dalam ruangan dapat secara instan menghidupkan suasana. Percantik tampilan ruangan dengan cara yang simpel melalui pendistribusian warna kuning secara cermat. Sudah tidak khawatir lagi warna kuning akan mengganggu pandangan di ruang keluarga, bukan?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Ajeng Herdiana

Lulusan Teknik Arsitektur 2019 ini menyukai dunia penulisan sejak di bangku SMP dan senang belajar Arsitektur dalam bentuk narasi. Selama kuliah, Ajeng aktif menjadi Ketua Jurnalis di Artur Magazine Universitas Mercu Buana. Dengan menulis, ia percaya bahwa sebuah kata bisa bermakna untuk kehidupan yang panjang, seperti kalimat yang menjadi pegangan hidupnya yaitu “ Tiada daya dan upaya melainkan pertolongan Allah”.