Berbagai Cara Menggunakan Karya Seni Untuk Mempercantik Interior Rumah

Berbagai Cara Menggunakan Karya Seni Untuk Mempercantik Interior Rumah | Foto artikel Arsitag

Cover Bale Nirwana Resort di Jombang karya Maxivera Studio, via arsitag.com
 

Suatu benda disebut sebagai karya seni jika memiliki nilai keindahan yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan. Dalam dunia arsitektur, karya seni dapat mencakup sebuah desain interior, eksterior, perabot, pajangan, hiasan, dan lainnya. Pada intinya, segala sesuatu yang membuat rumah terlihat lebih indah dapat dikategorikan sebagai karya seni.

Anda bisa membuat membuat karya seni sendiri atau membeli karya seni orang lain untuk mempercantik interior rumah. Jika rumah Anda dipenuhi dengan beragam karya seni, rumah akan terlihat lebih menarik, berwarna, dan artistik.

Karena jumlah karya seni yang tidak terhingga, karya seni yang Anda gunakan dapat disesuaikan dengan berbagai desain interior ruumah, misalnya karya seni dengan bentuk minimalis, abstrak, modern, skandinavia, industrial, klasik dan lainnya. Agar rumah terlihat lebih menarik, berikut ini berbagai cara menggunakan karya seni untuk mempercantik interior rumah:

1. Piring Motif Batik Untuk Pajangan Dinding

Karya seni interiorKarya seni interior Pangkalan Jati House di Jakarta karya RAW Architecture, via arsitag.com

Jika memiliki beberapa piring keramik dengan motif yang indah, Anda bisa menempelkannya sebagai dekorasi dinding ruang makan untuk mempercantik interiornya.

2. Koleksi Foto Lawas Di Dalam Ruangan Skandinavia

Karya seni interiorKarya seni interior Pasar Baru Mansion di Jakarta karya Pureline Living, via arsitag.com

Kesan lawas pada desain interior vintage dan skandinavia dapat ditingkatkan dengan dekorasi foto-foto dengan jumlah yang cukup banyak layaknya sebuah galeri di museum.

3. Beragam Patung Pahat Untuk Dekorasi

Karya seni interiorKarya seni interior Omah Patung di Malang karya Josaf Sayoko, via arsitag.com

Patung merupakan salah satu karya seni rupa yang dapat dibuat dengat cara pahat maupun cetak. Karya seni berupa patung bisa menjadi dekorasi di rumah dan akan membuat rumah menjadi lebih artistik.

4. Lukisan Mural Memenuhi Dinding Kamar

Karya seni interiorKarya seni interior Artotel di Jakarta karya Aboday Architect, via arsitag.com

Jika memiliki hobi mural, tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan mural pada dinding kamar tidur, seperti pada kamar tidur artotel yang bergaya industrial.

5. Kombinasi Motif Dalam Bingkai dan Patung Tradisional

Karya seni interiorKarya seni interior IS House di Jakarta karya MINT-DS, via arsitag.com

Mengumpulkan berbagai karya seni dalam satu sudut ruangan juga menjadi ide yang menarik. Anda bisa mengkombinasikan patung tradisional, lemari ukir Jawa, dan beberapa motif tradisional yang Anda balut dalam bingkai cantik.

6. Lukisan Panel Modern Dengan Kombinasi Warna Yang Sama

Karya seni interiorKarya seni interior Kota Ayodhya di Tangerang karya Teddykoo, via arsitag.com

Lukisan panel merupakan suatu karya seni lukis yang digambar dalam beberapa kanvas sekaligus. Biasanya lukisan tersebut terdiri dari satu gambar yang terpotong menjadi beberapa bagian atau bisa juga terdiri dari beberapa gambar dengan kombinasi warna dan motif yang sama.

7. Topeng Lombok Untuk Menambah Kesan Tradisional

Karya seni interiorKarya seni interior Sunset Villa di Bandung karya Erwin Kusuma, via arsitag.com

Patung Lombok menjadi cinderamata yang wajib dibeli saat melancong ke Lombok. Bentuk patungnya panjang dan sangat cocok menjadi pajangan dinding di rumah bergaya tradisional Jawa atau Bali.

8. Lukisan Fauna Dan Dinding Bermotif Batik

Karya seni interiorKarya seni interior Vertical Courtyard House di Bali karya DDAP Architect, via arsitag.com

Desain interior industrial bisa disulap menjadi tradisional dengan bantuan motif-motif tertentu seperti batik dan mozaik. Selain itu, untuk menambah keindahannya, Anda bisa melukis bagian dindingnya dengan tema-tema alam seperti flora dan fauna.

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda adalah seorang programmer di siang hari dan seorang penulis di malam hari. Ia pernah menjadi content marketer di Tokopedia, namun saat ini bekerja sebagai programmer di Kalbe Nutritionals. Menulis adalah bagian dari hidupnya selama bertahun-tahun. Dia juga telah menulis ratusan artikel untuk banyak blog dan majalah.